Akses Menuju Pulau Menjangan Via Watudodol Banyuwangi

Akses menuju Pulau Menjangan sebenarnya tersedia banyak, salah satu akses jalan yang bisa dilalui untuk bisa sampai ke Pulau Menjangan adalah akses dari Watudodol, Banyuwangi. Akses menuju Pulau Menjangan dari Watudodol ini merupakan rute terbaru yang bisa dilalui untuk bisa sampai di tempat wisata Pulau Menjangan.

Akses menuju pulau menjangan melalui watudodol banyuwangi
Keindahan Laut Pulau Menjangan 》Sumber: menjanganandtabuhan.blogspot.co.id

Sebelum membahas lebih mendalam tentang bagaimana akses menuju Pulau Menjangan melalui Watudodol, disini akan dijelaskan terlebih dahulu tentang tempat wisata di Pulau Menjangan.

Pulau Menjangan Surga Diving Terbaik di Bali


Siapa yang tidak mengenal Pulau Menjangan? Berbagai wisatawan baik itu dari wisatawan lokal maupun mancanegara pasti mengetahui spot diving terbaik Bali yang ada di Pulau Menjangan ini. Pulau Menjangan berada di kawasan Bali bagian Barat dan berbatasan langsung dengan Kab. Buleleng dan Kab. Jembrana.

Pulau Menjangan termasuk bagian dari Taman Nasional Bali Barat yang mempunyai luas sekitar 190 Km2. Pulau Menjangan ini juga menjadi titik paling utara dari bagian barat Pulau Bali.

Dikarenakan Pulau Menjangan termasuk dalam Taman Nasional Bali Barat maka untuk menjaga kelestarian alam serta keanekaragaman hayati di Pulau Menjangan dan sekitarnya, maka para pengunjung hanya diperbolehkan untuk melakukan snorkling dan diving dengan cara yang tidak merusak ekosistem yang ada disana.

Akses menuju pulau menjangan melalui watudodol banyuwangi
Keindahan Bawah Laut Pulau Menjangan 》Sumber: wisatabaliku.com

Keindahan bahwa laut Pulau Menjangan memang sudah tidak diragukan lagi karena di sekitar Pulau Menjangan terdapat banyak spot-spot snorkling dan diving terbaik. Spot diving dan snorkling terbaik tersebut merupakan gugusan taman bawah laut yang memiliki beraneka ragam trumbu karang berwarna-warni dengan habitat ikan-ikan kecil yang sangat lengkap.

Akses menuju pulau menjangan melalui watudodol banyuwangi
Keindahan Bawah Laut Pulau Menjangan 》Sumber: passion-snorkling.com

Kekayaan alam bawah laut di Pulau Menjangan sudah ada sejak dulu dan tumbuh secara alami melalui proses alamiah. Untuk spot diving berupa dinding bawah laut yang terdapat di Pulau Menjangan terbentang sepanjang 10 Km dan spot ini diakui sebagai tebing bawah laut (wall diving) terbaik yang ada di Bali.

Spot diving dan snorkling di Pulau Menjangan lainnya juga sangat beragam. Dan berikut beberapa spot diving dan snorkling di Pulau Menjangan.

Baca Juga : Tempat Wisata Terindah di Bali yang Tersembunyi

Spot Terbaik di Pulau Menjangan


- Spot Eel Gardens
Spot ini merupakan spot ternaik karena disini terdapat beragam biota laut yang ada pada kedalaman 40 meter.

- Spot Secret Bay
Spot yang satunya ini merupakan spot terbaik yang sangat cocok untuk para penyelam yang menyukai macro diving.

-Spot Anchor Wreck
Spot yang terakhir ini merupakan spot di Pulau Menjangan yang lokasinya terdapat bangkai kapal yang tenggelam sejak abad ke 19 saat terjadi perang dunia ke II.

Bahkan menurut suatu surat kabar dari News Discovery, Pulau Menjangan termasuk dalam 10 Tempat Penyelaman Terbaik di Dunia. Bayangkan ini adalah spot diving terbaik di Dunia, jadi sudah pasti jika kalian datang ke Pulau Menjangan dengan melalui rute via Watudodol akan terkagum-kagum akan keindahan taman bawah lautnya.

Lokasi Pulau Menjangan


Dari peta Pulau Menjangan ini terlihat bahwa tempat wisata  termasuk dalam Desa Kalampok Kec. Grokgak, Kab. Buleleng, Bali dan berada sekitar 60 Km dari Pantai Lovina.



Nama Pulau Menjangan berasal dari nama hewan menjangan. Hewan ini merupakan hewan pemakan rumput sejenis rusa dan banyak tersebar di pulau ini.

Akses menuju pulau menjangan melalui watudodol banyuwangi
Penghuni Asli Pulau Menjangan 》Sumber: balipassion.net

Akses Menuju Pulau Menjangan Via Watudodol


Setelah mengetahui tentang semua keindahan Pulau Menjangan mulai dari keindahan pantai sampai dengan keindahan taman bawah lautnya, sekarang membahas tentang Bagaimana akses untuk bisa menuju Pulau Menjangan?

Cara untuk bisa menuju ke Pulau Menjangan terdapat berbagai akses yang dapat dilalui, salah satunya adalah akses menuju Pulau Menjangan via Watudodol. Akses menuju Pulau Menjangan via Watudodol merupakan salah satu starting point terbaru yang bisa diakses untuk menuju Pulau Menjangan.

Lokasi Grand Watudodol ini berdekatan dengan Pantai Watudodol dan sedang dikembangkan untuk menjadi tempat rest area sebelum melanjutkan perjalanan menuju Pulau Menjangan.

Akses menuju pulau menjangan melalui watudodol banyuwangi
Peta Paket Trip Pulau Menjangan 》Sumber:bangsringboat.blogspot.co.id

Di Grand Watudodol penyebrangan ke Pulah Menjangan dan Pulau Tabuhan merupakan paket trip yang dikelola oleh para nelayan yang tergabung di Bangsring Boat. Paket trip ke Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan ini menggunakan kapal dengan mesin tempel Yamaha 40 Pk sehingga tidak menghasilkan suara yang bising serta memiliki tempat duduk yang nyaman.

Kelompok nelayan Bangsring Boat yang melayani rute perjalanan ke Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan via Watudodol menyediakan berbagai paket tour wisata baik itu tour reguler maupun khusus. Dan berikut paket trip yang disediakan oleh kelompok nelayan Bangsring Boat di Banyuwangi.

Open Trip setiap hari ke Pulau Menjangan


Paket wisata ini melayani perjalanan setiap hari ke Pulau Menjangan dan dilakukan setiap hari Senin sampai Jumat dengan dua kali jadwal tour. Jadwal tour ke Pulau Menjangan ini pada pukul 8.30 WIB dan 11.30 WIB.

Harga Paket Trip ke Pulau Menjangan

Untuk harga trip ke Pulau Menjangan terdapat dua pilihan yaitu paket trip perorangan dan rombangan. Dan berikut rincian harga untuk masing-masing trip ke Pulau Menjangan tersebut.

Harga Paket Trip Perorangan Rp 250.000
Harga paket trip menuju Pulau Menjangan ini akan berangkat jika sudah terdapat minimal 2 orang. Dan untuk kelengkapan yang didapat adalah paket masker snorkling, jaket pelampung, tiket lokal dan makan 2 kali serta air mineral.

Harga Paket Trip Rombongan Rp 1.8 Juta dan Rp 1.2 Juta.
Untuk paket trip dengan harga Rp 1.8 Juta menggunakan kapal sewa berukuran besar dengan muatan penumpang untuk 10 orang. Sedangkan untuk harga paket trip Rp 1.2 Juta merupakan paket trip yang menggunakan kapal kecil.

Note: Harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan paket wisata yang ditawarkan oleh setiap agen travel

Informasi untuk trip ke Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan dengan melalui akses via Watudodol merupakan gambaran untuk para wisatawan yang ingin travelling ke Pulau Menjangan. Dan dengan rincian biaya atau harga paket wisata ke Pulau Menjangan tersebut bisa digunakan acuan untuk memperkirakan budget yang akan digunakan untuk sekali travelling ke Pulau Menjangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel