Menelusuri Jejak Kerajaan Majapahit di Gapura Wringin Lawang Trowulan

Penelusuran Jejak Kerajaan Majapahit tidak bisa dilakukan jika hanya mengunjungi satu atau dua bukti peninggalan sejarah yang masih ada. Kebesaran Kerajaan Majapahit yang konon menurut sejarah berhasil menyatukan nusantara bahkan sampai ke negara tetangga merupakan Kerajaan kedua yang menyatukan nusantara setelah Kerajaan Sriwijaya. Untuk mengetahui beberapa peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit maka kita akan tertuju pada Daerah Trowulan yang terletak di Kabupaten Mojokerto.

Daerah Trowulan yang menurut sejarah merupakan komplek dari Kerajaan Majapahit memiliki banyak situs-situs ataupun peninggalan sejarah lainnya sehingga daerah ini masuk kedalam daerah arkeolog yang dilindungi oleh Pemerintah. 

Menelusuri Jejak Kerajaan Majapahit di Trowulan
Peta Situs Akreolog di Trowulan

Dari beberapa Destinasi Wisata Sejarah peninggalan Kerajaan Majapahit di Trowulan, kami mengunjungi tempat yang bernama Gapura Wringin Lawang.

Menelusuri Jejak Kerajaan Majapahit di Trowulan

Ketika memasuki daerah Trowulan untuk mencari situs dan sejarah dari penginggalan Kerajaan Majapahit, pertama kali kami menyusuri peta sejarahnya dari arah jalan by pass yang menghubungkan Mojokerto dan Jombang. Disini ada salah satu bukti peninggalannya yakni Gapura Wringin Lawang.

menelusuri jejak kerajaan majapahit trowulan
Gapura Wringin Lawang

Gapura Wringin Lawang merupakan bangunan berupa gerbang bata merah. Tinggi Gapura Wringin Lawang adalah sekitar 50 kaki. Sedangkan untuk luas dasarnya sekitar 13 x 11 Meter persegi. Tempat ini menjadi bukti dari bekas reruntuhan kota Majapahit dari abad ke-14 hingga 15.

Dengan bentuk bangunan terbelah seperti gaya bangunan dari Candi Bentar. Menurut para sejarawan sepakat kalau Gapura Wringin Lawang adalah sebuah pintu masuk untuk menuju kompleks bangunan penting di ibu kota Majapahit.

Alamat Gapura Wringin Lawang
Lokasi Gapura Wringin Lawang berada di daerah Jatipasar tepatnya di Jl. Candi Wringin Lawang No.26, Jatipasar, Kec. Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61362. Akses untuk menemukan lokasi dimana situs peninggalan Gapura Wringin Lawang dapat juga menggunakan Google Maps dibawah ini: 



Baiklah itulah setidaknya penjelasan singkat mengenai bukti sejarah peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Gapura Wringin Lawang bisa kalian jadikan destinasi wisata sejarah jika berkunjung ke Kabupaten Mojokerto. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel