Wisata Pantai Terbaik di Sukabumi "Pantai Ujung Genteng"

Jika membicarakan tentang tempat-tempat wisata terbaik yang ada di Jawa Barat khususnya untuk destinasi wisata alam daerah pesisir tentu sebagian besar akan mengarah ke wisata Pangandaran ataupun wisata Pelabuhan Ratu. Kepopuleran dari kedua destinasi wisata Jawa Barat ini ternyata kini mulai bergeser ke tempat-tempat wisata baru lainnya yang tak kalah indahnya.
Tiket masuk ke wisata pantai ujung genteng sukabumi
Wisata Pantai Ujung Genteng, Sukabumi 》Sumber: piknikdong.com

Salah satu tempat yang memiliki pesona keindahan alam tersebut berada di daerah Sukabumi. Tempat wisata ini adalah Pantai Ujung Genteng Sukabumi. Tempat wisata Pantai Ujung Genteng Sukabumi merupakan salah satu dari sekian banyak wisata-wisata baru yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Wisata pantai ujung genteng sukabumi
Destinasi Wisata di Sukabumi "Pantai Ujung Genteng" 》Sumber: piknikasik.com

Selain itu tempat wisata ini juga biasa disebut sebagai surga tersembunyi yang ada di Jawa Barat. Dan jika kalian masih penasaran tentang salah satu wisata terbaik di Kab. Sukabumi ini, maka simak beberapa ulasan tentang tempat wisata Pantai Ujung Genteng berikut.

Sejarah Pantai Ujung Genteng

Jika ditarik kebelakang, asal mula pemberian nama Ujung Genteng ini merupakan perubahan ejaan kata dari ujung gunting. Pengambilan nama ujung gunting ini dikarenakan letak atau posisi daerah Sukabumi yang berada di ujung pulau jawa bagian barat. Keberadaan lokasi yang berada di ujung pulau jawa ini jika dilihat menyerupai gunting.

Dari kesamaan bentuk inilah maka daerah ini diberi nama Ujung Genteng untuk ujung bagian bawah dan ujung kulon untuk posisi yang berada di atas ujung genteng. Tempat wisata Pantai Ujung Genteng berada di daerah pesisir Pantai Selatan dan berhadapan langsung dengan Samudra lepas.

Lokasi, rute dan tiket masuk ke wisata pantai ujung genteng sukabumi
Keindahan Alam Pantai Ujung Genteng, Sukabumi 》Sumber: ksmtour.com

Sebagai tempat tujuan wisata alam yang ada di Sukabumi, setiap pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini harus tetap berhati-hati karena kondisi ombak yang cukup besar. Dengan karakter pantai seperti ini maka tidak heran kalau reputasi Pantai Ujung Genteng angker.

Reputasi ini dikarenakan adanya beberapa wisatawan yang menjadi korban akibat kelalaian dan kurang berhati-hati ketika beekunjung ke tempat wisata Pantai Ujung Genteng. Misteri lainnya tentang Pantai Ujung Genteng tidak sampai disitu saja, kebanyakan dari para wisatawan yang menjadi korban tersebut tidak ditemukan jasadnya.

Jadi jika kalian mengunjungi tempat wisata Pantai Ujung Genteng sebaiknya terus menjaga keselamatan dengan berhati-hati tidak terlalu mendekati bibir pantai bahkan berenang di sana.


Lokasi Wisata Ujung Genteng

Sebagai tempat wisata terbaik di Sukabumi khususnya untuk destinasi wisata alam, lokasi wisata ujung genteng ini sangat mudah ditemukan karena sudah bisa diakses lewat Google Maps.

Maps Lokasi Wisata Pantai Ujung Genteng : Klik disini

Alamat lengkap wisata Pantai Ujung Genteng berada di Desa Gunung Batu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

Lokasi wisata pantai Ujung Genteng Sukabumi berjarak sekitar 220 Km dari Ibu Kota Jakarta dan jika dari arah Bandung Jawa Barat berjarak sekitar 230 Km. Sebagian besar penduduk sekitar yang berada di kawasan Pantai Ujung Genteng merupakan masyarakat yang berprofesi sebagai Nelayan dan Petani. Sedangkan untuk potensi penghasilan utamanya adalah penghasilan dari produksi gula kelapa.

Rute dan Jalan Menuju Wisata Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Karena lokasi Pantai Ujung Genteng Sukabumi berada di daerah pesisir Jawa Barat, maka diperlukan usaha yang ekstra untuk bisa sampai ke tempat ini. Rute jalan menuju ke Pantai Ujung Genteng dikatakan membutuhkan usaha ekstra karena jalan yang dilalui berupa jalan menanjak, berkelok-kelok dan terjal.

Walaupun rute jalan menuju Pantai Ujung Genteng Sukabumi tidak begitu mulus, selama perjalanan menuju lokasi Pantai Ujung Genteng menawarkan pesona keindahan alam yang memanjakan mata. Selama perjalanan kalian akan menikmati keindahan pesisir Pelabuhan Ratu, Kebun Teh Surangga dan hamparan pepohonan kelapa di sepanjang jalan.

Rute jalan menuju wisata Pantai Ujung Genteng Sukabumi sendiri dapat melalui dua rute. Dan berikut rute-rute untuk menuju ke Pantai Ujung Genteng Sukabumi.

Rute Pertama melalui DKI Jakarta

Ciawi 》Cicurug 》Cibadak 》Pelabuhan Ratu 》Surade (melalui Cikembar dan Jampang) 》Ujung Gentang

Seperti pada informasi sebelumnya untuk jarak tempat wisata Pantai Ujung Genteng Sukabumi dari Jakarta adalah sekitar 220 Km. Jadi persiapkan fisik dan kendaraan dalam keadaan prima untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan menuju Pantai Ujung Genteng, Sukabumi.

Rute Kedua melalui Bandung, Jawa Barat

Cianjur 》Sukabumi 》Jampang Tengah 》Jampang Kulon 》Surade 》Ujung Genteng

Jika kalian berencana melewati rute ini maka jarak yang ditempuh lebih jauh yaitu sekitar 230 Km. Namun untuk lama perjalanan bisa lebih cepat daripada melalui rute yanh pertama dari arah Jakarta. Perbedaan waktu ini dikarenakan kondisi kepadatan kendaraan selama menuju ke lokasi tempat wisata Pantai Ujung Genteng yang berada di daerah Sukabumi.

Tiket Masuk Pantai Ujung Genteng

Jika kalian berencana untuk beriwisata ke pantai terbaik di Sukabumi ini, maka kalian tidak perlu mengeluarkan budget yang beitu besar karena untuk masuk ke wisata Pantai Ujung Genteng tidak begitu mahal. Harga masuk Pantai Ujung Genteng 2017 sebesar Rp 10.000 per orang untuk sekali masuk ke tempat wisata.

Dengan membayar tarif tiket masuk ke wisata Pantai Ujung Genteng Sukabumi tersebut maka kalian sudah bisa menikmati semua keindahan dari tempat wisata terbaik yang ada di Kab. Sukabumi. 

Sebagai tempat wisata yang masih tergolong baru di Kabupaten Sukabumi, ternyata untuk fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung sudah sangat lengkap. Fasilitas yang ada di wisata Pantai Ujung Kulon meliputi tolilet, musholla, tempat parkir, tempat kuliner dan lain-lain.

Lokasi, rute dan tiket masuk ke wisata pantai ujung genteng sukabumi
Wisatawan di Lokasi Pantai Ujung Genteng 》Sumber: initempatwisata.com


Harga Penginapan Pantai Ujung Genteng

Jika kalian menginginkan merasakan sensasi suasana menikmati keindahan alam Pantai Ujung Genteng bisa juga untuk mencoba fasilitas tempat penginapan yang banyak tersebar di area lokasi wisata.  Dengan menginap di tempat wisata ini maka kalian bisa menikmati keindahan dari tenggelamnya matahari dari ujung Pulau Jawa.

Lokasi, rute dan tiket masuk ke wisata pantai ujung genteng sukabumi
Keindahan Sunset di Pantai Ujung Genteng, Sukabumi 》Sumber: initempatwisata.com

Untuk harga sewa penginapan di tempat wisata Pantai Ujung Genteng sangat terjangkau dari harga Rp 60.000 sampai Rp 150.000. Tarif sewa penginapan ini merupakan untuk tempat penginapan menengah kebawah. Dan jika menginginkan tempat penginapan dengan fasilitas lebih maka bisa memilih penginapan villa ataupun hotel. Namun untuk tarif sewa penginapan ini tentunya lebih mahal.




2 komentar

Ini rekomendasi tempat wisata adventure terbaik di Sukabumi, dijamin spot-spotnya instagram-able banget https://goo.gl/FkknXj

cocoknih jadi pilihan selain ke wisata lembang nice post 🙂 thanks


EmoticonEmoticon