Liburan ke Tempat Wisata Alam di Bandung, Kawah Putih Ciwidey

"Selamat datang di Kota Bandung". Ini adalah ungkapan perasaan saya dan teman saya saat tiba di Kota Bandung. Kota yang memiliki sebutan Kota Kembang ini ternyata mempunyai tempat-tempat wisata alam yang sudah mendunia. Salah satunya adalah tempat wisata alam Kawah Putih Ciwidey. Iya benar banget, wisata alam Kawah Putih Ciwidey namanya.

Tempat wisata alam Kawah Putih Ciwidey ini juga merupakan icon wisata dan tempat wisata yang paling terkenal di Kota Bandung. Liburan kali ini memang agak jauh dari tempat saya tinggal, namun itulah yang kami ingginkan. Dan itulah tujuan kami untuk mengeksplor lebih jauh tempat-tempat indah lainnya yang ada di Indonesia.

Seputar Kawah Putih Ciwidey Bandung

     Sebelum lebih jauh tentang liburan saya di Kota Bandung, disini saya akan menginformasikan sedikit tentang wisata alam Kawah putih Ciwidey. Kawah Putih Ciwidey merupakan sebuah danau yang terbentuk dari meletusnya Gunung Patuha. Sesuai dengan namanya kalau Kawah Putih Ciwidey itu disebut sebagai Kawah Putih. Sebutan Kawah Putih itu adalah dari warna tanahnya yang berwarna putih.

Perbedaan warna putih tersebut dikarenakan reaksi dari unsur belerang yang ada di kawasan wisata alam Kawah Putih Ciwidey. Selain warna tanahnya yang tidak seperti biasanya, warna air yang ada di Kawah Putih Ciwidey juga sangat unik yaitu putih kehijauan dan warnanya bisa berubah-ubah sesuai dengan cuaca, suhu dan kadar belerang yang ada di sana saat itu.

Liburan ke tempat wisata alam kawah putih ciwidey bandung
Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

Wisata alam Kawah Putih Ciwidey merupakan tempat wisata yang berada di daerah pegunungan dengan ketinggian 2400 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian seperti itu maka tidak heran kalau tempat wisata alam Kawah Putih Ciwidey Bandung memiliki suhu berkisar antara 8 sampai 22 derajat celcius, sehingga sangat disarankan untuk memakai jaket jika berkeinginan untuk berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey.


Lokasi tempat wisata alam Kawah Putih Ciwidey Bandung melalui Google Maps

     Untuk lokasi dari tempat wisata alam Kawah Putih Ciwidey ini berada di Jalan Raya Ciwidey - Patengan KM 11 Lebakmuncang, Ciwidey Kab. Bandung. Keberadaan lokasi Kawah Putih Ciwidey juga tidak jauh dari lokasi wisata lainnya seperti Situ Patenggang. Namun untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat lokasinya di Google Maps ini.



Rute menuju wisata alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

     Sebagai icon wisata di Bandung maka sangat mudah untuk menuju ke Kawah Putih Ciwidey. Rute untuk menuju ke tempat wisata alam Kawah Putih Ciwidey juga sudah sangat memadai dan bisa di akses menggunakan beberapa alternatif, diantaranya:

Menggunakan kendaraan pribadi
Dari Kota Bandung masuk ke Tol Purbaleunyi kemudian keluar di Pintu Tol Kopo - ambil arah ke Soreang - Ciwidey - lokasi wisata alam Kawah Putih Ciwidey.

Menggunakan kendaraan umum
Mulai dari Terminal Luewi Panjang naik bus atau bus mini rute Bandung - Ciwidey dan berhentilah di Terminal Ciwidey. Dari Terminal Ciwidey lanjutkan perjalanan dengan naik angkutan umum jurusan Ciwidey -Situ Patenggang dan turun di pintu masuk wisata alam Kawah Putih Ciwidey.

Itulah kedua alternatif untuk bisa ke tempat wisata alam Kawah Putih Ciwidey Bandung. Namun waktu saya ke sana menggunakan kendaraan roda dua. Dan untuk bisa sampai disana menggunakan batuan GPS agar semakin mempermudah sampai di wisata alam Kawah Putih Ciwidey.

Biaya di tempat wisata alam Kawah Putih Ciwidey Bandung
     Sebagai tempat wisata yang paling terkenal di bandung, wisata alam Kawah Putih Ciwidey mengenakan berbagai retribusi di kawasan wisata tersebut yang diantaranya sebagai berikut:

Harga tiket masuk         Rp 18.000 @orang
Parkir atas (mobil)        Rp 150.000
Parkir bawah (mobil)   Rp 6.000
Parkir bawah (motor)  Rp 5.000
Parkir bawah (bus)       Rp 25.000
Ontang-Anting               Rp 15.000
Persewaan Payung       Rp 10.000 - 20.000

Kendaraan Ontang-Anting ini merupakan kendaraan operasional yang di kawasan wisata alam Kawah Putih Ciwidey. Kendaraan ini di pergunakan untuk mengangkut para wisatawan dari parkir bawah menuju Kawah Putih.

Waktu saya liburan ke Kawah Putih kalau tidak salah dikenakan biaya sebesar Rp 70.000 dengan rincian HTM dua orang, parkir kendaran dan naik ontang-anting menuju Kawah Ciwidey. Untuk harga tiket masuk ke Kawasan Wisata Kawah Putih Ciwidey terbaru bisa dilihat disini.

View di tempat wisata alam Kawah Putih Ciwidey Bandung
     View yang ada di wisata alam Kawah Putih Ciwidey tentunya adalah di sekitar danau. Dan kalian bisa memilih disetiap sudut dari danau Kawah Putih, namun harus tetap memperhatikan keselamatan jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan.

View bagian sebelah kiri danau Kawah Putih Ciwidey

Liburan ke tempat wisata alam kawah putih ciwidey bandung
Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

Liburan ke tempat wisata alam kawah putih ciwidey bandung
Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

Liburan ke tempat wisata alam kawah putih ciwidey bandung
Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

Liburan ke tempat wisata alam kawah putih ciwidey bandung
Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung


View Goa Belanda

Liburan ke tempat wisata alam kawah putih ciwidey bandung
Goa Belanda di lokasi Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

View sebelah selatan danau Kawah Putih Ciwidey


Liburan ke tempat wisata alam kawah putih ciwidey bandung
Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

Wisata alam Kawah Putih Ciwidey Bandung memang tempat wisata alam yang memang harus dikunjungi ketika berada di Kota Bandung. Dan mungkin itulah sekitar tentang Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung yang dapat saya informasikan. Kalian tidak pernah menyesal jika melihat semua keindahan alam yang ada Kawah Note:
- Bawalah jas hujan dari plastik agar nantinya bisa di bawa ke lokasi Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey. Hal ini mengantisipasi apabila nantinya turun hujan

- Bawalah masker karena gas belerang di kawasan wisata alam Kawah Putih Ciwidey sangat pekat

- Pakailah jaket atau pakaian yang bebahan kain tebal karena suhu di kawasan Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey antara 8 - 22° C

- "Jangan Menerima Masker Apabila di kasih petugas parkir karena nanti akan dikenakan biaya Rp 5.000 untuk satu masker"

2 komentar

wisata alam bandung emang mantap, wajib akhir tahun nih kesini

Bener banget, wisata alam bandung emang mantap dan keren2


EmoticonEmoticon