Bangunan Tua dan Bukit Bebatuan Bekas Tambang di Bungah Gresik

Siapa yang tidak tau kecamatan Bungah yang lokasinya berada di daerah Gresik Selatan ini. Suatu kecamatan yang mana dialiri sungai bengawan solo yang legendaris selain itu juga dilewati jalan Daendels. Jalan yang dulunya menjadi saksi sejarah bangsa indonesia. Kecamatan Bungah disebelah timur berbatasan langsung dengan laut lepas, sebelah selatan Kec Manyar, sebelah Barat Kec. Dukun dan disebelah utara berbatasan dengn Kec. Sedayu. Itulah sedikit informasi tentang Kec. Bungah.

Beralih dari situ ternyata disini juga terdapat tempat-tempat yang hits di media sosial. Seperti Bukit Jamur yang sudah terdengar dimana-mana. Namun selain tempat itu masih di daerah Bukit Jamur ternyata juga ada tempat-tempat yang kalah hitsnya. Sebut saja bukit-bukit ataupun lubang-lubang besar yang bebatuan yang dulunya adalah daerah galian tambang. Dan tidak jauh dari bebatuan bekas galian tambang itu juga terdapat sebuah bangunan tua yang masih berdiri kokoh. Untuk bangunan tua yang satu ini mungkin belum banyak yang mengetahui. Mari sekarang kita bahas satu-satu tempat tersebut.

Bangunan Tua Bekas Pembakaran Batu Kapur
     Sebelumnya bahas bangunan tua yang satu ini. Bangunan tua ini mirip sebuah castil namun jika dilihat secara seksama sangat berbeda. Kesan pertama saat melihat bangunan tua ini saya tidak mengetahui bangunan apa itu dan diperuntukkan untuk apa. Tetapi dari informasi yang saya dapat bahwa ini dulunya merupakan sebuah bangunan yang dipergunakan untuk membakar batu kapur. Begitulah penuturan teman saya yang tinggal di Bungah. Menurut dia bangunan tua yang sudah tidak terpakai dikarena aktivitas tambang di tempat tersebut sudah tidak beroperasi lagi.

Jika kalian ingin mencari foto-foto lokasi bergaya gothic tempat bangunan tua ini bisa kalian jadikan referensi.

Bangunan tua dan bukit bekas tambang di bungah
Bangunan Tua Bekas Pembakaran Batu Kapur

Bangunan Tua Bekas Tempat Pembakat

Lokasi dari bangunan tua ini juga tidak jauh dari Bukit Jamur karena memang letaknya yang masih satu daerah tambang. Jadi sekalian saja mampir kesini jika kalian berkunjung ke Bukit Jamur.

Bukit Bebatuan Bekas Tambang
     Satu lagi nih tempat hits yang bisa kalian eksplor jika ke Bungah. Bukit sekaligus lubang-lubang besar dan dalam bekas galian kapur bisa dijadika tembahan rederensi travelling kalian. Tempat bebatuan bekas galian ini begitu indah tetapi tetap harus berhati-hati karena tempat ini tanpa pengaman sama sekali. Jadi jika datang ke tempat bukit bebatuan bekas tambang yang ada di Kec. Bungah jangan terlalu mendekati lubang jarena untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Bangunan tua dan bukit bekas tambang di bungah
Bukit Bebatuan Bekas Galian Tambang

Bangunan tua dan bukit bekas tambang di bungah
Bukit Bebatuan Bekas Galian Tambang

Ditempat ini kalian bisa menikmati keindahan sunrise dari atas bukit. Dari sini nantinya satu-persatu bebatuan bekas galian akan menampakkan wujudnya. Pokoknya tidak akan menyesal jika kalian datang ke bangunan tua dan bebatuan bekas galian ini. Tempat tadi masih dalam satu lokasi jadi sekalian eksplor semua tempat-tempat indah ini.

Dan terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk melihat artikel ini dan semoga tempat bangunan tua dan bukit bekas galian ini bisa menambah referensi liburan di bungah gresik.


EmoticonEmoticon