Sejarah Pendopo Agung Trowulan

Pendopo Agung Trowulan yang dikenal sebagai tempat dimana Gajah Mada mengucapankan Sumpah Amukti Palapa. Tempat ini juga konon merupakan tempat berdirinya Pendopo Agung Majapahit.

pendopo agung trowulan
Pendopo Agung Trowulan
Pendopo Agung Trowulan didirikan oleh Kodam-V Brawijaya berbentuk sebuah bangunan pendopo Jawa Yang bergaya Joglo dan dibangun pada tahun 1964 sampai tahun 1973. Bagian depan area pendopo terdapat gerbang yang menyerupai jenis bangunan candi bentar.

pendopo agung trowulan
Gerbang Pendopo Agung Trowulan
Gerbang pintu masuk Pendopo Agung berdiri kokoh menyambut kita sebelum memasuki lokasi pendopo. 

pendopo agung trowulan
Pendopo Agung Trowulan
Bagian halaman pendopo terdapat patung Raja Brawijaya yang berdiri di depan pendopo dengan dilindungi payung kerajaan di belakangnya. Area pendopo yang asri menbuat tempat ini sering dijadikan sebagai tempat untuk istirahat setelah mengunjungi berbagai tampat sejarah yang ada di daerah Trowulan.
    

Pada bagian sisi belakang pendopo terdapat beberapa relief yang menceritakan sejarah dari Kerajaan Majapahit. Di sebelah reliaf juga terdapat nama dari Raja-Raja yang pernah memimpin Kerajaan Majapahit.

raja majapahit
Raja-Raja Majapahit
paku bumi pengikat gajah
Penancapan Paku Bumi Pengikat Gajah
sumpah amukti palapa
Pengucapan Sumpah Amukti Palapa
penobatan raden wijaya
Penobatan Raden Wijaya
Relief yang terdapat dibagian belakang pendopo merupakan kisah-kisah sejarah Kerajaan Majapahit. Masih dibagian Pendopo Agung, terdapat juga tempat dimana Gajah Mada mengucapkan sumpahnya yang sangat terkenal di nusantara, yaitu Sumpah Amukti Palapa.

sumpah amukti palapa
Tempat pengucapan Sumpah Amukti Palapa
Tempat Sumpah Amukti Palapa yang terletak di bagian belakang pendopo juga menjadi tempat dimana Raden Wijaya melakukan pertapaan. Masayarakat sekitar juga menyebut tempat ini sebagai Petilasan Raden Wijaya.

Di area belakang Pendopo selain tempat tadi, disana juga terdapat sebuah batu besar yang menancap ke bumi. Batu itu disebut sebagai Paku Bumi Pengikat Gajah.
paku bumi pengikat gajah
Paku Bumi Pengikat Gajah
Konon Paku Bumi pengikat gajah yang terdapat di Pendopo Agung Trowulan menancap ke bumi sampai ke kolam Segaran yang berjarak sekitar 400 m dari Pendopo Agung.

Pendopo Agung Trowulan menjadi destinasi wisata sejarah yang terdapat di daerah Trowulan. Tempat ini menjadi bukti sejarah yang tentang kebesaran Kerajaan Majapahit.