Mengenang Masa Lalu di Istana Gebang Tempat Tinggal Orang Tua Bung Karno

Perjalanan yang cukup melelahkan dari Gresik ke Blitar akhirnya teruju ke Istana Gebang. Keadaan yang semakin sore dengan semakin meredupnya cahaya matahari maka saya dari Makam Bung Karno langsung bergegas untuk menuju ke Istana Gebang. Dengan informasi dari masyarakat sekitar dan abntuan dari GPS sampailah di tempar tersebut.

Dengan terburu-buru ternyata keberuntungan masih memihak karena waktu itu kitalah yang terakhir mengunjungi tempat itu sebelum akhirnya ditutup. Keberadaan Istana Gebang ini tidaklah jauh dari lokasi Makam Bung Karno yang berjarak sekitar 2 Km dan hanya membutuhkan waktu bebrapa menit saja.

Adapun tepatnya lokasi Istana Gebang terletak di Jl. Sultan Agung No 69 Kota Blitar.

    

Memasuki tempat ini arsitektur bentuk bangunan tempo dulu sangat kental dan masih terawat dengan baik. Di bagian halaman Istana kita seakan-akan berada pada masa itu dimana rumah utama dan semua bangunan yang mengelilingi Istana Gebang ini masih asli. Dari bagian luar saja sudah membuat saya berkesan apalagi bagian dalam rumah tersebut.

Istana gebang
Istana Gebang
Istana gebang
Istana Gebang
Di dalam rumah tempat tinggal orang tua Bung Karno kita diharuskan untuk mengisi buku tamu dan dilarang untuk menyentuh setiap koleksi yang ada di tempat ini agar tetap terjaga. Beberapa bagian yang ada di rumah ini terdapat ruang utama, ruang kamar tidur, tempat meja kerja yang masih lengkap dengan segala perabotannya.

Istana gebang
Istana Gebang
Istana gebang
Istana Gebang

Istana gebang
Istana Gebang
Istana gebang
Istana Gebang
Melihat sekeliling Istana Gebang dan berbagai informasi sejarah yang saya dapat semakin menambah wawasan saya tentang bangsa ini. Berbagai bukti sejarah yang masih tersimpan di tempat ini sangat diperlukan agar sebagai generasi penerus kita bisa mencontoh dan tidak melupakan sejarah dari bangsa ini. Istana Gebang sebagai tempat tinggal orang tua Bung Karno merupakan destinasi wisata sejarah yang wajib untuk dikunjungi di daerah Kabupaten Blitar.
Istana gebang
Istana Gebang




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel