Inilah Contoh e-Tiket Traveloka dan Cara Menunjukkan Tiket Pesawat Dengan HP

Kemudahan untuk melakukan transaksi termasuk ketika booking tiket pesawat melalui Traveloka (e-tiket) memang sangat membantu terutama bagi yang memiliki jadwal yang padat. Dengan booking tiket pesawat lewat Traveloka tersebut maka kita akan memperoleh bukti transaksi secara digital berupa tiket elektronik atau e-tiket.

Diberlakukannya sistem online booking tiket pesawat ini telah membuat sebagian besar penumpang yang membawa tiket model lama menjadi semakin sedikit dibanding pengguna etiket pesawat.

Untuk itu agar bisa mengikuti perkembangan tersebut maka disini akan diulas mengenai contoh e-tiket Traveloka dan bagaimana cara menunjukkan tiket pesawat dengan HP.

Contoh e-Tiket Traveloka

Sebelum menunjukkan contoh dari e-tiket booking pesawat via Traveloka, terlebih dahulu simak fungsi dari e-tiket tersebut agar nantinya dapat mempermudah kita untuk mengerti bagaimana cara penggunaannya.

E-Tiket atau tiket elektronik adalah sebuah tiket dalam bentuk digital dan dapat digunakan serta berfungsi seperti tiket lama (manual). E-Tiket sendiri tidak hanya mencakup pada booking pesawat saja namun juga dapat digunakan untuk booking hotel, bioskop, dan suatu pertunjukan.

Selain itu untuk melakukan pembayaran e-tiket Traveloka bisa dilakukan berbagai cara seperti menggunakan kartu kredit, kartu debit, indomaret dan lain sebagainya.

cara print tiket pesawat di bandara, cara penukaran tiket pesawat online di bandara, cara print tiket pesawat dengan kode booking, contoh e tiket pesawat, syarat beli tiket pesawat, cara menggunakan e tiket traveloka, cara check in di bandara dengan kode booking, contoh sms kode booking pesawat, cara menggunakan e tiket kereta traveloka, contoh e tiket pesawat, e tiket kereta api traveloka, menunjukkan tiket pesawat dengan hp, cara penukaran tiket pesawat online di bandara, cara print tiket pesawat dengan kode booking, cara print tiket pesawat di bandara, cara check in di bandara dengan kode booking

cara print tiket pesawat di bandara, cara penukaran tiket pesawat online di bandara, cara print tiket pesawat dengan kode booking, contoh e tiket pesawat, syarat beli tiket pesawat, cara menggunakan e tiket traveloka, cara check in di bandara dengan kode booking, contoh sms kode booking pesawat, cara menggunakan e tiket kereta traveloka, contoh e tiket pesawat, e tiket kereta api traveloka, menunjukkan tiket pesawat dengan hp, cara penukaran tiket pesawat online di bandara, cara print tiket pesawat dengan kode booking, cara print tiket pesawat di bandara, cara check in di bandara dengan kode booking


Didalam e-tiket sendiri seperti tiket pesawat akan mencakup semua data booking penumpang yang sudah masuk ke database komputer maskapai yang bersangkutan. Pada e-tiket tersebut terdiri dari berbagai informasi seperti dibawah ini.

Data pada e-tiket
- Nama Maskapai
Pada data ini akan ditunjukkan maskapai yang digunakan sesuai dengan pemesanan pada travel agent Traveloka

- Kode Booking (PNR)
Pada kode booking ini berfungsi untuk referensi data penumpang di sistem database maskapai

- Detail Penerbangan
Pada data ini terdiri dari info waktu, rute dan nomor penerbangan

- Detail Penumpang
 Data ini mencakup beberapa informsai yang meliputi nama, jenis tiket, info bagasi dan no. tiket.

Kelebihan dari e-tiket

Adanya e-tiket ini ternyata memiliki berbagai kelebihan yang tidak ada pada tiket model lama. Dan berikut adalah beberapa kelebihan dari e-tiket atau tiket elektronik.

- E-tiket Tidak Mungkin “Hilang”
Kelebihan yang pertama adalah dengan mudahnya mencetak lagi apabila e-tiket hilang atau ketinggalan. Komsumen bisa menunjukkan kode booking (PNR) yang ada di salinan email Anda.

Selain itu tiket ini tidak bisa ditukar karena hanya orang yang bisa membuktikan identitas resmi yang berhak menggunakan etiket tersebut.

- Kemudahan Memperoleh e-Tiket
Kelebihan e-tiket yang kedua adalah kemudahan untuk melakukan pemesanan atau booking menggunakan fasillitas ini. Untuk penumpang yang sudah booking melalui online tidak harus melakukan usaha ekstra untuk mengambil tiket.

E-tiket tersebut otomatis dikirimkan ke email penumpang yang melakukan booking dan bisa melakukan transaksi tersebut selama 24 jam non-stop.

- E-tiket Lebih Fleksibel dan Efisien
Kelebihan ini mencakup kemudahan untuk melakukan perubahan data seperti tanggal keberangkatan atau tempat duduk, maskapai atau travel agent.

Penumpang bisa merubah data tersebut dengan mengganti data yang ada di database dan perubahan data tersebut tidak dipungut biaya untuk pencetakan tiket yang baru. 

- E-tiket Lebih Ramah Lingkungan
e-Tiket dikatakan lebih ramah lingkungan karena menurut IATA (International Air Transport Association), apabila semua maskapai penerbangan menggunakan sistem etiket, maka dunia penerbangan akan dapat “menyelamatkan” sekitar 50.000 batang pohon tiap tahunnya, atau kira-kira 7,7 km persegi area hutan.

- Adanya Promo
Berbagai travel agent seringkali mengadakan beberapa promo untuk menarik konsumennya. Promo tersebut bisa berupa voucher belanja, diskon booking dan lain sebagainya. 

Cara Menunjukkan Tiket Pesawat Dengan Hp

Apabila sudah melakukan pemesanan via online, maka e-tiket akan dikirim via email dan bisa langsung digunakan. Untuk cara menggunakannya bisa langsung menunjukkan tiket pesawat tersebut yang ada di Hp.

Setelah booking dilakukan melalui online di website maskapai ataupun melalui Online Travel Agent seperti Traveloka.com sekarang pertanyaanya tinggal bagaimana cara untuk menggunakan e-tiket.

Dan berikut adalah cara untuk menggunakan e-tiket pesawat ketika berada di bandara.

- Buka File e-tiket
File e-tiket yang dikirim lewat email biasanya berupa attachment file (berupa file PDF). File tersebut bisa di print untuk dokumen pribadi atau bisa juga di save di file Hp.

- Tunjukkan Tiket Pesawat
Berikutnya setelah kode booking diperoleh maka pada saat berada di bandara bisa langsung menunjukkan tiket pesawat lewat Hp. Ketika menunjukkan tiket pesawat dengan Hp pastikan kode booking sudah disimpan.

- Bawa Identitas Resmi
Ketika proses check-in menggunaka e-tiket, penumpang tetap diwajibkan untuk menunjukkan kartu identitas resmi berfoto seperti KTP, SIM (rute domestik) atau paspor (rute internasional) apabila melakukan perjalanan ke luar negeri.

Identitas resmi ini digunakan untuk dicocokkan dengan  yang data maskapai yang ada di database. Dan jika susah sesuai maka pihak maskapai akan memberikan boarding pass.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk menggunakan e-tiket? Dengan mengetahui contoh e-tiket Traveloka dan cara menggunakannya maka perjalanan travelling Anda akan menjadi lebih mudah.

Dengan menunjukkan tiket pesawat lewat Hp maka penumpang tidak perlu lagi repot-repot bepergian ke maskapai yang bersangkutan.


EmoticonEmoticon