Cari Tempat Camping? Ini dia 5 Tempat Camping yang Recommended di Pesisir Malang

Liburan dengan camping di pantai? Kenapa tidak? 
Tidak selanmaya kalau camping itu identik dengan daerah pegunungan ataupun hutan belantara. Daerah lain seperti pesisir pantai juga bisa dan sangat recommended untuk dijadikan tempat camping kalian nantinya. Ini dia kawasan di pesisir Malang selatan yang menjadi bagian dari surga tersembunyi pesisir selatan Pulau Jawa. Pantai-Pantai yang memanjang di pesisir selatan Malang memiliki beragam bentuk dan karakter alam yang berbeda-beda. Namun untuk pesona dan keindahannya sudah tidak diragukan lagi.

Cari Tempat Camping? Ini dia 5 Tempat Camping yang Recomended di Pesisir Malang
Pantai di Kawasan Clungup Mangrove Conservation
Dan ternyata daerah memiliki banyak sekali pantai !!
Namun dari sekian banyak wisata pantai yang berada di selatan Malang ternyata hanya terdapat beberapa wisata pantai yang sangat recommended untuk camping atau berkemah. Hal ini didasarkan pada segi keamanan, kenyamanan, keindahan, kebersihan, kemudahan dan ketenangannya yang dimiliki wisata pantai tersebut. Dan melihat dari beberapa segi yang dijelaskan tadi maka dapat disimpulkan bahwa tempat wisata pantai yang sangat direkomendasikan dan bisa mewakili semuanya atau sebagian adalah wisata pantai berikut ini.


5 Tempat Camping paling Rekommended di Pesisir Malang

Wisata pantai di pesisir Malang jumlahnya puluhan dan masih terus bertambah. Banyak wisata-wisata pantai baru tersebut tidak semuanya cocok untuk dijadikan tempat bermalam atau camping. Dari sekian banyaknya wisata pantai indah yang ada dipesisir selatan Malang terdapat 5 pantai yang sangat recommended untuk didatangi.

Pantai Gatra

     Pantai pertama yang bisa dijadikan tempat camping adalah Wisata Pantai Gatra. Pantai yang berada di lokasi kawasan Clungup Mangrove Conservation ini merupakan tempat yang masih sangat sepi pengunjung dan sangat terjaga kebersihannya. Karena berada di kawasan konservasi maka semua pengunjung yang datang ditempat ini didata dan dibatasi kuotanya. Selain itu setiap barang bawaan yang berpotensi sampah akan didata dan jika ada yang hilang maka akan dikenakan sanksi.

Lokasi Pantai Gatra terletak di di Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Dan untuk lebih jelasnya bisa melihat lokasinya dari Google Maps ini.



Pantai Gatra tergolong pantai yang tenang karena karakteristik ombaknya yang tidak begitu besar. Pantai ini juga jauh dari pemukiman penduduk sehingga tidak terganggu dan sangat private. Selain itu hamparan pasir putih membentang disepanjang bibir pantai ditambah dengan rindangnya pepohonan yang ada disekitar Pantai Gatra. Dengan suasana seperti maka sangat direkomendasikan untuk camping disini.

Cari Tempat Camping? Ini dia 5 Tempat Camping yang Recommended di Pesisir Malang
Wisata pantai Gatra

Rute menuju ke Pantai Gatra

Jarak Kota Malang dengan Pantai Gatra sekitar 73 Km dan akan memakan waktu sekitar 2-3 jam dengan kondisi lancar. Sedangkan untuk rutenya bisa melewati ini.
Rute dari Kota Malang - Bululawang - Turen - Sumbermanjing Wetan - Sitiarjo - Desa Tambakrejo - Kawasan Clungup Mangrove Conservation - Pantai Gatra

Dari pintu masuk kawasan Clungup Mangrove Conservation berjalan kaki sekitar 15 menit dan akan sampai di Pantai Gatra. Untuk kondisi jalan dari Desa Tambakrejo ke kawasan konservasi tidak terlalu bagus masih berupa jalan berbatu. Tetapi untuk keindahan, kealamian, dan kebersihan tempat ini sudah tidak diragukan lagi.

Lihat juga:
- Kawasan Clungup Mangrove Conservation
- Pantai Savana
- Cara Reservasi ke Pantai Tiga Warna


Pantai Kondang Merak

      Pantai kedua yang rekommended untuk dijadikan tujuan tempat camping adalah Pantai Kondang Merak. Pantai yang berada tidak jauh dari Pantai Balekambang ini menyuguhkan Panorama alam yang masih alami. Dan di kawasan ini juga terdapat dua pantai lainnya yaitu Pantai Banyu Meneng dan Pantai Selok. Jika ingin bermalam atau camping disini sudah disediakan perlengkapan camping seperti tenda. Untuk itu apabila tidak membawa perlengkapan camping bisa langsung sewa di lokasi Pantai Kondang Merak.

Pantai Kondang merak sangat sepi apabila pada malam hati jadi sangat cocok untuk menyatu dengan alam ketika kita camping disana. Ditempat ini sudah banyak pedagangnya namun Pantai Kondang Merak begitu tenang karena jauh dari keramaian dan pada malam hari tempat ini ditinggal oleh para pedagang.

Lokasi Pantai Kondang Merak berada di Desa Sumberbening Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Pantai Kondang Merak juga tidak jauh dari Pantai Bale Kambang jadi sangat mudah untuk menemukan tempat ini. Jika dicari lewat Google Maps maka tampilan lokasi Pantai Kondang Merak seperti dibawah ini.




Pantai Kondang Merak memiliki karakteristik ombak yang tidak begitu besar dan angin yang tidak begitu kencang. Hal ini dikarenakan ombak dari laut lepas sudah terpecah oleh bebatuan karang yang ada di sekitar Pantai Kondang Merak. Selain Pantai Kondang Merak, di sebelah kanan pantai juga sangat cocok untuk lokasi camping. Lokasi tersebut di wisata Pantai Banyu Meneng. Seperti namanya Pantai Banyu Meneng memiliki air yang begitu tenang.

Cari Tempat Camping? Ini dia 5 Tempat Camping yang Recommended di Pesisir Malang
Wisata Pantai Kondang Merak

Cari Tempat Camping? Ini dia 5 Tempat Camping yang Recommended di Pesisir Malang
Wisata Pantai Kondang Merak

Rute menuju Pantai Kondang Merak
Untuk rute menuju ke Pantai Kondang Merak bisa mengikuti petunjuk jalan yang mengarah ke Pantai Bale Kambang. Dan jarak dari Kota Malang ke Pantai Kondang Merak sekitar 59 Km. Jadi dengan mengikuti rute di bawah maka kalian akan sampai di lokasi Pantai Kondang Merak.

Rute dari Kota Malang - Kepanjen - Pagak - Kec. Bantur - Desa Sumberbening - Pantai Kondang Merak
Untuk jalur satunya bisa melewati Terminal Arjosari - Kec. Turen - Gondang Legi - Kec. Bantur - Desa Sumberbening - Pantai Kondang Merak

Ketika sampai di perempatan menuju ke Pantai Bale Kambang kalian belok ke kiri dan menyusuri hutan dengan kondisi jalan yang bergelombang. Dari perempatan ini perjalanan masih harus berjuang melewati jalan yang berbatu dan berlumpur. Tetapi jangan kuatir karena ketika musim kemarau jalan ini tidak beelumpur dan mudah untuk dilewati.

Lihat juga:
- Ketenangan Pesona Pantai Banyu Meneng Malang
- Pantai Selok pesisir Malang selatan

Pantai Perahu Pecah

     Pantai ketiga yang sangat direkomendasikan untuk dijadikan tempat camping adalah Pantai Perahu Pecah. Pantai ini masih sangat baru dan belum banyak yang mengetahuinya. Bahkan di pencarian Google Pantai Perahu Pecah belum ada. Pantai ini berada di sebelah barat Pantai Ngantep. Dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki menelusuri bukit. Dan jaraknya tidak begitu jauh sekitar 200 m jadi hanya dengan berjalan kaki sekitar 15 menit sudah sampai di Pantai Perahu Pecah.

Lokasi camping di Pantai Perahu Pecah masih satu lokasi dengan Pantai Ngantep yang berada di Dusun Sukorejo Desa Tumpakrejo kec. Gedangan Kabupaten Malang. Dan untuk menemukannya kalian bisa search di Google Maps dengan kata Pantai Ngatep seperti dibawah ini untuk memudahkan pencarian lokasinya.



Pantai Perahu Pecah kondisi ombaknya sangat berbeda dengan Pantai Ngantep. Seperti yang kita tahu bahwa untuk ombak di Pantai Ngantep sangat besar seperti ombak di Pantai Parangtritis Jogja. Namun untuk di Pantai Perahu Pecah ombaknya sudah agak tenang dan juga masih sepi pengunjung. Maklum karena Pantai Perahu Pecah masih belum banyak yang Eksplore. Dengan kondisi suasana seperti itu maka wisata Pantai Perahu Pecah sangat recommended untuk dijadikan lokasi camping.

Cari Tempat Camping? Ini dia 5 Tempat Camping yang Recommended di Pesisir Malang
Wisata Pantai Perahu Pecah

Cari Tempat Camping? Ini dia 5 Tempat Camping yang Recommended di Pesisir Malang
Wisata Pantai Perahu Pecah

Rute menuju Pantai Perahu Pecah
Dari Kota Malang - Pasar Gadang - Bululawang - Gondang Legi - Kec. Gedangan - Desa Tumpakrejo - Pantai Ngantep - Pantai Perahu Pecah

Sesampainya diperempatan menuju Pantai Bale Kambang ambil arah kiri. Dari perempatan tersebut lokasi pantainya tidak terlalu jauh. Kalian tinggal mengikuti petunjuk arah ke Pangai Ngantep. Setelah dilokasi wisata Pantai Ngantep maka kalian tinggal jalan kaki saja menelusuri bukit disebelah kanan Pantai Ngantep dan sampailah kalian di Pantai Perahu Pecah.

Baca juga: Petualangan Perjalanan Seru ke Pantai Ngantep

Pantai Ngudel

     Pantai keempat yang sangat direkomendasikan untuk lokasi camping adalah Pantai Ngudel. Pantai Ngudel merupakan salah satu pantai yang masih baru dan alami karena belum banyak fasilitas yang tersedia ditempat ini. Bahkan untuk listrik belum ada si wisata Pantai Ngudel. Karena belum sehits Pantai Bale Kambang dan Goa Cina maka tempat ini belum banyak pengunjungnya sehingga sangat tenang dan tidak akan terganggu oleh ramainya pengunjung.

Lokasi Pantai Ngudel berada di Desa Sindurejo Kec. Gedangan Kabupaten Malang atau bisa search lokasinya di Google Maps seperti ini untuk memudahkan pencarian lokasinya.



Pantai Ngudel memiliki karakteristik ombak yang lumayan besar dan memiliki hamparan pasir putih yang sangat luas. Selain itu di tengah pantainjuga terdapat sebuah pulau kecil berupa batu karang yang semakin menambah keindahan Pantai Ngudel.

Cari Tempat Camping? Ini dia 5 Tempat Camping yang Recommended di Pesisir Malang
Wisata Pantai Ngudel
Rute menuju Pantai Ngudel
Rute dari Kota Malang - Kepanjen - Pagak - Kec. Bantur - Perempatan menuju Pantai Bale Kambang belok kiri - Desa Sindurejo - Pantai Ngudel
Untuk jalur satunya bisa melewati Terminal Arjosari - Kec. Turen - Gondang Legi - Kec. Bantur - Perempatan menuju Pantai Bale Kambang belok kiri - Desa Sendurejo - Pantai Ngudel

Jadi dari arah menuju tempat wisata Pantai Bale Kambang kalian belok kiri. Sampai disini kalian ikuti Jalur Lintas Selatan dan nantinya disebelah kanan jalan melihat gerbang masuk ke wisata Pantai Ngudel.


Pantai Jembatan Panjang

     Pantai ini berada satu lokasi dengan Pantai Bale Kambang. Namun tempat ini lebih sepi pengunjung dan masih asri padahal lokasinya sangat berdekatan. Untuk keindahannya tidak kalah dengan Pantai Bale Kambang dan lokasi ini juga begitu tenang dan bisa dijadikan referensi untuk mendirikan tenda untuk camping disini dengan menikmati alamnya yang begitu alami.

Lokasi Pantai Jembatan Panjang berada di Desa Sumberbening Kec. Bantur Kabupaten Malang. Berada di sebelah kanan Pantai Bale Kambang. Dan kalian bisa juga mencarinya di Google Maps dengan kata kunci Pantai Jembatan Panjang.



Karekteristik dari Pantai Jembatan Panjang ombaknya sangat tenang. Disamping itu Pantai Jembatan Panjang juga memiliki hamparan pasir putih yang luas dan bebatuan karang sepanjang garis pantai. Uniknya lagi bebatuan karang tersebut berwarna hijau sehingga semakin menambah keindahan dan kealamian pantai ini. Jika dibandingkan dengan Pantai Bale Kambang, Pantai Jembatan Panjang jauh lebih pengunjungnya sehingga sangat cocok untuk lokasi camping karena tempatnya yang sangat tenang dan pemandangan alamnya yang begitu indah.

Selain keindahan tersebut di Pantai Jembatan Panjang juga terdapat bekas Jembatan yang menghubungkan ke Pulau Hanoman. Dan hal ini semakain menambah keunikan dan keindahan dari Pantai Jembatan Panjang.

Cari Tempat Camping? Ini dia 5 Tempat Camping yang Recommended di Pesisir Malang
Wisata Pantai Jembatan Panjang

Rute menuju wisata Pantai Jembatan Panjang
Rute dari Kota Malang - Kepanjen - Pagak - Kec. Bantur - Desa Sumberbening - Pantai Bale Kambang - Pantai Jembatan Panjang

Untuk jalur satunya bisa melewati Terminal Arjosari - Kec. Turen - Gondang Legi - Kec. Bantur - Desa Sumberbening - Pantai Bale Kambang - Pantai Jembatan Panjang

Pantai Jembatan Panjang satu lokasi dengan Pantai Bale Kambang dan untuk bisa ke lokasi ini kalian harus masuk terlebih dahulu ke lokasi wisata Pantai Bale Kambang. Dan setelah sampai dilokasi parkir kendaraan di lokasi Bale Kambang kemudian lanjut dengan berjalan kaki menyusuri pantai dan sampailah ke Pantai Jembatan Panjang.

Jadi bagaimana? Pantai juga bisa kan untuk dijadikan tujuan untuk mendirikan tenda ataupun camping. Cobalah sensasi camping di pantai dengan ditemani suara suara ombak dan indahnya bintang-bintang dimalam hari. Dijamin kalian akan merasa bahwa hidup ini sangat indah dan sayang untuk setiap detiknya sayang untuk dilewati.


EmoticonEmoticon