Nikmatnya Kuliner Sambelan Nasi Jagung Sendi di Jalur Pacet - Cangar

Sudah beberapa kali saya mencoba sambelan nasi jagung di jalur pacet - cangar. Sudah menjadi suatu kewajiban jika setiap kali melewati jalur ini terasa kurang kalau tidak beristirah sejenak di daerah sendi untuk sekedar ngopi ataupun mencoba kuliner sambelan nasi jagungnya. Sebagai tambahan kalau kalian kuliner sambelan nasi jagung disini akan ditemani sejuk dan dinginnya hawa pegunungan.

Daerah sendi sendiri berada di tengah-tengah perjalanan dari arah Mojokerto - Batu ataupun sebaliknya. Kesempatan pertama kali mencoba kuliner sambelan nasi jagung disini berawal dari salah satu teman dari mojokerto yang mengajak untuk jalan-jalan di melewati jalur Cangar. Waktu itu sekitar 5 tahun yang lalu jumlah para pedagang yang berjualan hanya sekitar puluhan sangat berbeda dengan sekarang yang sudah penuh dan bahkan di jalur menurun ke arah Pacet Mojokerto juga sudah ada warung-warung yang menjual sambelan nasi jagung.

Kuliner sambelan nasi jagung sendi di jalur pacet-cangar
Suasana Sendi saat Kabut Datang

Kuliner sambelan nasi jagung sendi di jalur pacet-cangar
Kabut Ketika Menyelimuti Daerah Sendi
Suasana sejuk bercampur kabut menjadi pelengkap ketika kalian kuliner di Sendi. Namun kabut itu tidak pernah bisa diprediksi kapan datangnya. Untuk kali ini saya akan menceritakan perjalanan saat mampir ke Sendi dari arah atas Kota Batu Malang.

Ketika itu saya dari malang menghadiri acara resepsi pernikahan dan berlanjut membeli burung kenari di Pasar Burung Splendid. Jadi setelah selesai berbagai keperkuan disana saatnya untuk kembali ke Gresik melewati jalur Cangar. Sekedar informasi kalau melewati jalur ini dapat mempersingkat waktu tempuh dan tentunya jakurnya tidak membosankan karena di sepanjang perjalanan ditemani dengan sejuknya hawa pegunungan.

Suasana pegunungan jalur cangar
Suasana Pegunungan Jalur Cangar

Suasana pegunungan jalur cangar
Perkebunan Warga di Sekitar Jalur Cangar
Kondisi jalan di jalur ini memang naik turun namun sangat bagus dan bisa dijadikan rekomendasi untuk sekedar jalan-jalan menikmati sejuknya hawa pegunungan. Sepanjang perjalanan dari arah Kota Batu banyak para pedagang berjualan buah-buahan hasil perkebunan sedangkan dari arah Pacet sampai sendi mayoritas pedagang warung sambelan nasi jagung. Jadi kalian bisa membeli oleh-oleh ataupun mengisi perut.

Tidak terasa setelah beberapa menit perjalanan kira-kira setengah perjalanan sampailah di daerah Sendi. Disana kebetulan warung yang saya pilih warung Bu Ti yang berjualan berbagai macam makanan namun tetap saja untuk pesanannya memilih menu Paketan Sambelan Nasi Jagung plus Mie Goreng biar makin kenyang.

Kuliner sambelan nasi jagung sendi
Mampir Sejenak Kuliner Sambelan Nasi Jagung di Daerah Sendi
Perut sudah kenyang dan sebelum semakin larut perjalanan berlanjut lagi untuk turun ke arah Pacet Mojokerto.
Note:
- Dibutuhkan konsentrasi ekstra dan kondisi kendaraan harus dalam kondisi yang fit mengingat jalurnya yang naik turun.
- Sangat disarankan untuk tidak melewati jalur ini saat musim penghujan.
- Jangan pernah lelah untuk merawat bumi kita karena jika tidak suasana sejuk dan keindahan pegunungan seperti ini tidak terlihat lagi.


EmoticonEmoticon