Jalan-Jalan ke Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan sunda kelapa
Pelabuhan Sunda Kelapa
Di hari kedua di Ibu Kota Jakarta mengantarkan kami ke salah satu pelabuhan tertua di Indonesia, Pelabuhan Sunda Kelapa namanya. Pelabuhan yang masih mempertahankan ciri khas keasliannya dengan deretan perahu-perahu tradisonal yang bersandar di pelabuhan ini.

Dari keistimewaan dan sejarah yang melekat di pelabuhan ini merupakan alasan untuk mengetahui lebih jauh tentang keunikan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Pelabuhan sunda kelapa
Pelabuhan Sunda Kelapa
Pelabuhan Sunda Kelapa yang terletak di daerah Kelurahan Penjaringan, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara. Menurut sejarah Sunda Kelapa menjadi cikal bakal terbentuknya Kota Jakarta, hal ini berdasarkan pada peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 22 Juni 1527. Pada waktu itu Kerajaan Demak telah menganggap bahwa perjanjian persahabatan Sunda-Portugal merupakan sebuah provokasi dan menjadi suatu ancaman bagi Kerajaan Demak.

Berdasarkan persepsi tersebut maka Kerajaan Demak yang dibantu Cirebon menugaskan Fatahillah untuk mengusir bangsa portugis. Tepat pada tanggal 22 Juni 1527 Kerajaan Demak berhasil mengusir bangsa Portugis dari Sunda Kelapa dan merubahnya menjadi Jayakarta yang berarti "kemenangan yang diraih oleh perbuaran dan usaha. Dengan berhasilnya Kerajaan Demak tersebut maka peristiwa pada tanggal 22 Juni 1527 tersebut sebagai hari jadi Kota Jakarta.

Pelabuhan sunda kelapa
Pelabuhan Sunda Kelapa
Peristiwa bersejarah dari adanya Pelabuhan Sunda Kelapa inilah yang membuat tempat ini menjadi daerah tujuan wisata bersejarah di Ibu Kota Jakarta. Walaupun tempat ini sudah berubah tetapi daya tariknya tetap bertahan hal ini terlihat dari adanya wisatawan yang datang dari berbagai daerah bahkan banyak juga yang datang dari wisatawan asing.

Pelabuhan sunda kelapa
Pelabuhan Sunda Kelapa
Pelabuhan sunda kelapa
Pelabuhan Sunda Kelapa
Pelabuhan sunda kelapa
Pelabuhan Sunda Kelapa
Setiap sudut dari pelabuhan ini hanya terlihat perahu-perahu kayu yang berukuran besar yang terjejer rapi serta aktivitas bongkar muat yang menggunakan alat sederhana yang dirakit sesuai dengan kebutuhan. Berjalan di area Pelabuhan Sunda Kelapa seperti berada di pelabuhan zaman dahulu, namun yg membedakan adalah barang-barang yang diangkut dan adanya gedung-gedung modern di sekitar pelabuhan.


EmoticonEmoticon