Peninggalan Jejak Benteng Lodewijk Mengare Gresik

Benteng Lodewijk adalah sebuah bangunan pertahanan yang didirikan oleh Belanda untuk mempertahankan daerah jajahannya dari serangan Inggris. Menurut sejarah pembangunan Benteng Lodewijk merupakan perintah dari Napoleon Bonaparte terhadap Herman William Daendles untuk membuat pertahanan di pulau jawa dari serangan bangsa Inggris. Perintah tersebut tertuang dalam instruksi pada 37 Pasal pada tanggal 29 Januari 1907.
benteng lodewijk
Benteng Lodewijk
Benteng Lodewijk terletak di sebuah pulau yang bernama pulau menarie. Pulau Menarie adalah sebuah daerah di Kabupaten Gresik yang sekarang menjadi Mengare. Mengare merupakan nama desa yang terletak di pesisir pantai dan termasuk bagian dari Kecamatan Bungah.
Berdasarkan informasi tersebut maka kami memutuskan untuk menelusuri jejak peninggalan Benteng Lodewijk di Mengare.

Rute:
Gresik - Manyar - Mengare

Perjalanan dimulai dengan rencana teman-teman dari Iwak Peyex Squad untuk mengisi waktu liburan bersama untuk Travelling ke Benteng Lodewijk di Mengare Gresik. Sesuai rencana kami sepakat untuk bertemu di daerah Bungah dan mulai perjalanan dari daerah Manyar menuju ke Desa Mengare menggunakan kendaraan roda dua.

Untuk menuju Mengare kami menempuh perjalanan sekitar 5 Km melewati jalan paving. Selama perjalanan kita akan melihat area tambak dan beberapa tanaman bakau.

Sesampainya di Desa Mengare, saya langsung menuju ke tempat sodara untuk bertanya dimana letak Benteng Lodewijk dan bagaimana cara untuk menuju kesana?

Setelah berdiskusi ternyata letak dari Benteng Lodewijk hanya bisa dijangkau melalui jalur laut dan saudara saya berbaik hati untuk mengantarkan kami ke tempat tersebut dengan menggunakan kapalnya. Kamipun berangkat menuju ke pantai dimana kapal tersebut bersandar dan melanjutkan perjalanan ke Benteng Lodewijk.

benteng lodewijk
Pelabuhan Mengare
benteng lodewijk
Perjalanan Menuju Benteng Lodewijk
benteng lodewijk
Perjalanan Menuju Benteng Lodewijk
Perjalanan menuju Benteng Lodewijk memakan waktu sekitar 20 Menit. Kondisi laut yang tenang memudahkan perjalanan kami untuk sampai di tempat tujuan. Sesampainya di Pulau Benteng Lodewijk, kamipun langsung mengatur sandarnya kapal dan memulai penelusuran.
benteng lodewijk
Benteng Lodewijk
benteng lodewijk
Benteng Lodewijk
benteng lodewijk
Benteng Lodewijk
Memasuki hutan di kawasan area Benteng Lodewijk kita hanya akan menemukan beberapa jejak jalan setapak. Untuk menyusuri lebih luas area benteng, kami memutuskan untuk membuat jalur sendiri selama berada disana. Di dalam area benteng jika kita beruntung akan menemui sekawanan kera yang sedang mencari makan.

Penyusuran jejak Benteng Lodewijk akhirnya membuahkan hasil dengan ditemukannya beberapa sisa dari bangunan yang berada di pesisir pantai dan di area hutan.
benteng lodewijk
Reruntuhan Benteng Lodewijk
benteng lodewijk
Pantai Benteng Lodewijk
benteng lodewijk
Reruntuhan Benteng Lodewijk
benteng lodewijk
Reruntuhan Benteng Lodewijk
Reruntuhan sisa dari bangunan Benteng Lodewijk di pulau ini hampir sudah tidak bisa lagi dikenali. Beberapa sisa bangunan tersebar di beberapa sudut di pulau ini. Setiap sisa-sisa struktur bangunan yang ada sudah tidak nampak karena tertutupi lebatnya tumbuhan yang ada disana.

Penelusuran yang berlangsung selama sekitar 2 jam di pulau benteng di daerah Mengare merupakan pengalaman travelling sisa sejarah tentang zaman masa penjajahan. Dibalik tingginya sektor pembangunan yang terjadi di kabupaten Gresik ternyata memiliki bukti sejarah yang tersembunyi yaitu dengan adanya sebuah bangunan benteng pertahanan. Benteng tersebut adalah BENTENG LODEWIJK.



EmoticonEmoticon