Petualangan Kebersamaan di Tanjung Papuma Jember

Petualangan menuju Tanjung Papuma ini merupakan pengalaman travelling saya pada waktu akhir bulan tahun 2012. Petualangan ini dimulai pada keinginan sesama teman kuliah untuk melakukan kegiatan travelling pada waktu liburan. Tanpa berfikir panjang panjang akhirnya tujuan travelling kita tertuju pada sebuah pantai yang ada di daerah Jember yaitu Tanjung Papuma.
Tanjung Papuma
Setelah kesepakatan dibuat akhirnya dalam rentan waktu satu minggu kita langsung menuju ke tempat tersebut dengan menggunakan kendaraan roda empat dengan jumlah penumpang sebanyak 9 orang. Perjalanan dimulai dari surabaya pada malam hari dengan melalui rute sebagai berikut:

Lokasi Pantai Papuma, Jember

Destinasi wisata unggulan di Jember ini berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur.
Lokasi, tiket masuk & jalan menuju pantai papuma jember

Rute Jalan Menuju Wisata  Pantai Papuma Jember:

Surabaya - Sidoarjo - Bangil - Pasuruan - Probolinggo - Jember

Perjalanan yang ditempuh sekitar 205 Km dan memakan waktu sekitar 5 jam. Dengan perjalanan sekitar 5 jam maka sesampainya disana kita akan melihat sunrise di tempat tersebut.

Sesampainya di daerah Jember kita menyempatkan diri untuk mampir sejenak di warung yang ada di salah satu perempatan jalan yang ada di daerah Jember.

Waktu itu menunjukkan pukul 04:00 pagi dan memutuskan untuk istirahat sambil menunggu waktu yang tepat agar bisa menikmati keindahan Tanjung Papuma di pagi hari. Pagipun semakin mendekat maka kami melanjutkan perjalanan untuk segera mencapai lokasi tujuan.

Perjalanan yang ternyata masih lama membuat kita kehilanganan moment munculnya matahari terbit. Munculnya sunrise hanya bisa kita nikmati di perjalanan menuju Tanjung Papuma dan sesampainya di sana matahari sudah terlihat. Sesampainya di pintu masuk kita akan ditemani hijaunya pohon-pohon dan sejuknya suasana pagi hari.

Selama perjalanan di kawasan wisata Tanjung Papuma kita akan melihat keindahan pantai ini dari atas tebing. Perjalanan menuju pantai tidak membutuhkan waktu lama dan akhirnya kita sampailah di Tanjung Papuma.

Lokasi, tiket masuk & jalan menuju pantai papuma jember
Iwak P-Yex Squad, Tanjung Papuma Jember

Kegiatan utama kita sebelum menikmati keindahan pantai yaitu dengan mengisi perut yang sudah mulai kosong setelah menempuh perjalanan dari Surabaya ke Jember. Perbekalan makanan yang sudah disiapkan kita makan bersama-sama di atas bukit di daerah Tanjung Papuma. Sensasi makan bersama memang membuat sebuah makanan yang tadinya biasa-biasa saja menjadi luar biasa. Walaupun dengan lauk pauk yang sederhana.

Tenaga yang sudah pulih kembali membuat kita semakin bersemangat untuk menyusuri setiap sudut di pantai ini. Selama di pantai kita seakan berada di pulau yang tidak berpenghuni. Hal ini dikarenakan pada pagi hari kondisi pantai masih sangat sepi dan hanya kita saja yang ada di tempat ini.

Kebersamaan di Tanjung Papuma Jember

Kondisi pantai yang masih sepi menginspirasi untuk membuat sebuah icon dari perkumpulan kita yaitu "IWAK P-YEX Squad". Dengan membentuk sebuah gambar tulang ikan 3D kita mengabadikan moment petulangan kami di Tanjung Papuma. Selama di pantai kita seakan terhanyut oleh suasana dengan menikmati setiap waktu yang ada.

Setiap moment-moment yang ada kami dokumentasikan dengan sudut dan posisi yang beragam di setiap aksinya. Kesenangan dan keindahan yang kita dapatkan di tempat ini membuat kita untuk tidak ingin segera mengakhiri perjalanan ini. Keindahan Pantai Tanjung Papuma dengan kedahsyatan ombaknya, kejernihan airnya, dan keindahan alamnya memang memiliki pesona tersendiri.

Lokasi, tiket masuk & jalan menuju tanjung papuma jember
Kebersamaan Iwak P-Yex Squad (Mbah, Suhe, Dede, Ayux, Hanif, Era, Siswo)

Pengalaman Travelling ini merupakan kegiatan kebersamaan yang terakhir saat kami masih menjadi mahasiswa. Setiap moment yang terjadi menjadi kenangan yang akan kami ingat sampai saat ini dan selamanya. Moment seperti ini tidak akan pernah terjadi tanpa adanya kekompakan dari kalian semua.

Terima kasih my best friends IWAK P-YEX Squad: "Mbah, Shuhe, Dede, Ayux, Hanif, Era, Aping dan Doyok".

Semoga kebersamaan ini akan tetap terjaga selamanya.