Perjalanan Mengunjungi Kota Kediri

Perjalanan ke Kota Kediri kali ini merupakan kegiatan travelling untuk menelusuri beberapa destinasi wisata yang ada di kota ini. Selain bertujuan untuk mengeksplorasi potensi wisatanya, perjalanan ini juga bertujuan untuk mengunjungi salah satu teman yang bertempat tinggal disana.

Adapun beberapa tempat yang saya kunjungi adalah sebagai berikut:

Simpang Lima Gumul

Perjalanan dimulai pada pagi hari dengan tujuan utama adalah Simpang Lima Gumul yang menjadi icon dari kota Kediri. Untuk memudahkan pencarian, saya mengandalkan bantuan google maps. Setelah jalur ditentukan, maka setiap rute yang ada menjadi dasar untuk sampai di tempat tujuan.
simpang lima gumul
Setelah mengikuti jalur yang sudah ditentukan akhirnya sampailah di persimpangan dengan beberapa jalur disekelilingnya dengan terdapat sebuah bangunan besar di tengah-tengah jalur tersebut. Tempat ini adalah Simpang Lima Gumul. Sesampainya di Simpang Lima Gumul saya langsung memasuki tempat tersebut dan berkeliling untuk melihat setiap sudut bangunan.

Besarnya bangunan dan arsitektur bangunan yang menyerupai bentuk bangunan yang ada di luar negeri telah menjadikan tempat ini sebagai tujuan destinasi wisata yang ada di Kota Kediri.

Masjid Agung Kediri

Perjalanan dari Simpang Lima Gumul berlanjut ke Masjid Agung Kediri. Setelah sampai di pusat kota akhirnya Masjid Agung Kediri sudah mulai terlihat. Keberadaan Masjid Agung berhadapan dengan Alun-Alun Kota Kediri, sehingga saya menyempatkan untuk mengunjungi Alun-Alun Kota.
masjid agung kediri
Setelah selesai mengelilingi Alun-Alun, saya menuju ke Masjid Agung Kediri untuk menunaikan ibadah dan beristirahat sejenak. Tenaga yang sudah pulih kembali mendorong saya untuk menikmati keindahan kota Kediri lainnya. Perjalananpun berlanjut ke daera Puh Sarang Kediri.

Baca Juga: Lokasi Bukit Kura Kura Ongokan Kediri yang Hits

Goa Maria Loudres Puh Sarang

Perjalanan ke Puh Sarang bertujuan untuk melihat Goa Maria Loudres. Tempat ini digunakan sebagai tempat peribadatan umat kristiani dan menjadi tujuan para wisatawan yang ingin melihat keunikan dari goa ini.
goa maria loudres
Goa Maria Loudres
Sesampainya di area goa, kita akan melihat sebuah goa buatan manusia yang unik dan beberapa patung yang tersebar di beberapa tempat. Tempat ini merupakan tempat yang sakral dikarenakan di area ini juga dijadikan sebagai tempat pemakaman. Setelah melihat dan berkeliling di area goa, saya berlanjut untuk menemui teman saya yang sudah menunggu di suatu tempat.

Haripun semakin malam dan saya memutuskan untuk menginap di rumah teman. Selama perjalanan kamipun mencari tempat makan dan mencari makanan khas yang ada dikota ini.

sate tahu kediri
Sate Tahu Kediri
Sate Tahu Kediri yang tersebar di beberapa tempat di Kota Kediri menjadi sasaran kami untuk mencicipi makanan khas ini. Kamipun membelinya beberapa bungkus untuk di jadikan camilan nantinya.

Goa Selomangleng

Keesokan harinya kami melanjutkan perjalanan untuk menelusuri Kota Kediri. Kali ini kami menuju ke sebuah gunung yang ada disini yaitu Gunung Klotok. Di gunung ini kita akan mengunjungi salah satu destinasi wisata Goa Selomangleng.
goa selomangleng
Goa Selomangleng berada di kawasan Gunung Klotok. Goa ini merupakan goa buatan yang sudah ada sejak jaman Kerajaan Majapahit.

Museum Airlangga

Masih dikawasan wisata Goa Selomangleng, kita akan melihat sebuah museum yang tidak jauh dari Goa tersebut. Museum itu adalah Museum Airlangga.
museum airlangga
Untuk memasuki museum ini pengunjung hanya dikenakan tarif masuk sebesar Rp 1.000. Di dalam museum kita akan melihat berbagai koleksi benda-benda bersejarah yang pernah eksis di jamannya.

Museum Airlangga merupakan akhir dari perjalanan saya mengunjungi Kota Kediri. Semua tempat yang saya kunjungi memiliki keunikan-keunikan tersendiri. Perjalanan menelusuri Kota Kediri merupakan pengalaman Travelling yang menggambarkan sedikit tentang Kota Kediri.