Komplek Peninggalan Sejarah Candi Penataran Kota Blitar

Candi penataran
Komplek Candi Penataran
Tambahan referensi tempat wisata merupakan tujuan utama dari adanya blog Travpacker_Indo ini. Untuk itu setiap daerah yang saya lewati dan singgahi semuanya memiliki potensi tempat wisata yang beragam. Salah satu tempat tersebut adalah di daerah Kabupaten Blitar yang mana termasuk dalam jalur yang saya lalui pada saat travelling untuk menuju ke Tulungagung tepatnya di wisata Kedung Tumpang. 


Saat singgah di Kabupaten Blitar maka saya langsung mencari destinasi wisata di disana. Pertama tempat wisata yang saya kunjungi adalah Komplek Candi Penataran. Komplek peninggalan sejarah Candi Penataran ini berada di Desa Penataran Kecamatan Nglego Kabupaten Blitar.

Candi penataran
Candi Penataran
Memasuki area komplek candi kita melihat beberapa halaman yang terdiri dari tiga bagian. Di bagian pertama komplek candi kita akan disambut oleh dua buah arca Dwarapala.

Candi penataran
Komplek Candi Penataran
Kedua Arca tersebut adalah sebagai penjaga pintu masuk menuju Komplek Candi Penataran. Di bagian ini terdapat bale agung dan sebuah bagunan candi yang disebut sebagai Candi Angka Tahun yang berangka tahun 1291 Saka/1365 Masehi. Candi ini juga dikenal sebagai Candi Brawijaya karena Candi ini digunakan sebagai lambang Kodam Brawijaya V.

Candi angka tahun
Candi Angka Tahun
Sedangkan pada bagian tengah Komplek Candi Penataran kita akan melihat bangunan Candi lagi. Bangunan ini yang dikenal sebagai Candi Naga.

Candi naga
Candi Naga
Struktur bangunan dari Candi Naga terlihat dililit oleh Naga dan di sangga (topang) oleh tokoh-tokoh berbusana raya seperti raja sebanyak 9 buah. Masing-masing tokoh tersebut berada di sudut-sudut bangunan Candi.
Pada bagian belakang komplek peninggalan sejarah Candi Penataran merupakan bangunan utama Candi Penataran. Di bagian utama bangunan Candi Penataran berbentuk seperti Piramida Berundak.

Candi penataran
Bangunan Utama Candi Penataran
Candi penataran
Bangunan Utama Candi Penataran
Komplek Candi Panataran yang memiliki fungsi sebagai tempat pemujaan pada zamannya merupakan bukti sejarah dari bangsa ini yang harus tetep dilestarikan. Menurut sejarah komplek bangunan Candi Penataran didirikan secara bertahap sejak abad ke XII M sampai XV M dari masa Kerajaan Kediri, Kerajaan Singasari sampai pada masa Kerajaan Majapahit.

Sekilas pengetahuan sejarah Komplek Candi Penataran semoga dapat semakin menambah wawasan kita akan kayanya sejarah bangsa ini. Peninggalan-peninggalan sejarah seperti ini menjadi tujuan wisata yang sangat berpotensi karena sebagai sarana edukasi bagi para pelajar dan wisatawan.


EmoticonEmoticon