Wisata Sejarah Candi Bajang Ratu di Trowulan

Daerah Trowulan sebagai salah satu kecamatan di Mojokerto memiliki banyak peninggalan sejarah yang sangat beragam khususnya peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit. Keberadaan situs-situs yang tersebar di beberapa tempat di daerah ini menunjukkan bahwa daerah Trowulan menjadi tujuan destinasi wisata sejarah di Kabupaten Mojokerto yang paling dicari.


Berbagai destinasi wisata sejarah yang berada di daerah Trowulan terletak berdekatan satu dengan lainnya. Diantaranya adalah situs peninggalan sejarah Candi Bajang Ratu. Candi ini berada satu desa dengan Candi Tikus. Candi Bajang Ratu berada di Dukuh Kraton Desa Temon berjarak sekitar 600 m dari Candi Tikus.

candi bajang ratu
Candi Bajang Ratu

Konon menurut sejarah Candi Bajang Ratu didirikan pada abad ke 13 dan 14 M dan ditujukan untuk menghormati Raja Jayanegara. Keberadaan Candi Bajang Ratu yang berdekatan dengan komplek Kerajaan Majapahit menimbulkan spekulasi bahwa bangunan ini juga digunakan sebagai gerbang menuju ke area kerajaan.

Candi Bajang Ratu sendiri telah mengalami banyak pemugaran tetapi belum diketahui pasti kapan pemugaran dilakukan. Pemugaran yang dilakukan sangat diperlukan untuk menunjang kelestarian dari suatu situs peninggalan sejarah sehingga kita sebagai generasi penerus bisa melihat bukti-bukti sejarah dari bangsa ini.

Lokasi
       


EmoticonEmoticon