Patung Buddha Tidur Terbesar di Maha Vihara Majapahit




Maha Vihara

Banyaknya patung-patung pahatan yang beragam bentuknya dan terbuat dari batu ataupun dari beton mungkin sudah banyak kita lihat, tetapi untuk patung yang berbentuk Buddha tidur yang berukurang besar jarang kita jumpai. Bahkan untuk yang berukuran ekstra besar hanya beberapa saja yang pernah dibuat di dunia. Di dunia mungkin sudah banyak yang mengenal tentang patung Buddha tidur yang ada di Negara Nepal dan Thailand. Selain di negara tersebut ternyata di Negara Indonesia yang mayoritas beragama muslim juga memiliki patung Buddha tidur yang berukuran raksasa. "Maha Vihara Majapahit" adalah tempat dimana patung tersebut berada.

Tempat yang berada di lokasi Desa Bejijong, Trowulan Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur berada di komplek "Maha Vihara Majapahit" merupakan tempat dimana patung ini dibuat. Komplek Maha Vihara Majapahit yang diperuntukkan untuk kegiatan keagamaan umat Buddha secara tidak langsung menjadj salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Mojokerto. Komplek tersebut menjadi destinasi wisata dikarenakan keberadaan patung Buddha tidur yang berukuran sangat besar sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk melihat patung tersebut. Patung yang terkenal sebagai salah satu patung Buddha tidur terbesar setelah patung Buddha tidur yang ada di Negara Nepal dan Thailand membuat mata dunia mengetahui kalau di Negara Indonesia juga memiliki patung tersebut.




Lokasi tempat yang terletak di daerah Trowulan dan tidak jauh dari jalur utama provinsi merupakan salah satu faktor yang membuat tempat ini semakin dikenal banyak orang. Daerah Trowulan adalah daerah di Kabupaten Mojokerto yang terkenal dengan bukti sejarahnya. Salah satunya adalah Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan yang dapat menyatukan nusantara masih memiliki banyak peninggalan-peninggalan sejarah yang tidak ternilai harganya. 

                       Maha Vihara

Banyaknya bukti sejarah yang ada di daerah Trowulan sangat membantu kita untuk lebih mengenal jauh tentang sejarah bangsa ini.