Ziarah ke Makam Bung Karno di Kabupaten Blitar

Sebagai Presiden Pertama Bangsa Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memerdekakan bangsa ini dari tangan penjajah. Sangat besarnya jasa beliau dan kharisma yang dimilikinya tidak pernah hilang ditelan waktu sekalipun beliau telah tiada. Hal ini terbukti dari tidak pernah sepinya kunjungan dari para wisatawan yang berziarah ke Makam Bung Karno yang berada di daerah Kabupaten Blitar.

Makam bung karno
Makam Ir. Soekarno
Keberadaan komplek Makam Bung Karno terletak di sebelah utara Kota Blitar yang berada di Jalan Ir. Soekarnodi daerah Bandogenit Kecamatan Sananwetan.

     

Untuk menuju ke Makam Bung Karno sangatlah mudah karena tempat ini merupakan Icon dari Kota Blitar sehingga terdapat banyak penunjuk jalan sangat membantu bagi para pengunjung yang berasal dari luar daerah.

Perjalanan saya untuk mengunjungi tempat wisata di daerah di Kabupaten Tulungagung mengantarkan saya untuk berziarah ke Makam Bung Karno yang ada di daerah Kabupaten Blitar. Rute perjalanan yang saya lalui untuk sampai di lokasi tujuan salah satunya adalah melewati Kabupaten Blitar dengan melewati beberapa daerah lainnya.

Rute: Balongpanggang (Gresik) - Mojokerto - Wonosalam (Jombang) - Kediri - Blitar

Pejalanan yang cukup melelahkan tersebut saya awali dengan mengunjungi tempat wisata yang ada di Kabupaten Blitar yakni kompleks Candi Penataran dan berlanjut berziarah ke Makam Bung Karno. Di bagian pintu masuk yang menghubungkan daerah pemakaman dan musium terdapat sebuah gapura.

Makam bung karno
Makam Ir. Soekarno
Memasuki komplek pemakaman saya langsung menuju ke makam beliau dengan mendoakan beliau dan berterima kasih besarnya jasa beliau terhadap bangsa ini.

Makam bung karno
Makam Ir. Soekarno
Ketika kita berada di area Makam Bung Karno kita akan disambut ramah oleh penjaga makam dan mempersilahkan kita untuk bergantian berdoa di makam beliau. Penjaga tersebut juga dengan senang hati akan menceritakan semua yang diketahuinya tentang kompleks pemakaman ini.

Setelah berziarah kita bisa mengelilingi kompleks makam dan mengabadikan setiap moment yang kita peroleh ketika berziarah ke tempat Makam Bung Karno. Beberapa dokumentasi yang dapat saya share disini adalah sebagai berikut.
Patung bung karno
Patung Ir. Soekarno
Makam bung karno
Makam Ir. Soekarno
Di halaman depan komplek makam Bung Karno kita bisa melihat adanya gong besar yang disebut sebagai Gong Perdamaian.

Gong perdamaian
Gong Perdamaian
Berziarah ke Makam Bung Karno mengingatkan kita akan betapa beratnya perjuangan yang dilakukan oleh Beliau untuk memerdekakan bangsa ini. Kita sebagai generasi penerus bangsa tidak boleh hanya tinggal diam tanpa harus melakukan apapun untuk bangsa ini.

TERIMA KASIH Sang Proklamator Kemerdekaan, Pahlawan Revolusi, Penyambung Lidah Rakyat dialah Bpk Ir. Soekarno



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel