Daftar Menu Buka Puasa untuk Diet Terpopuler

Menu buka puasa memang sangat beragam, namun untuk menu buka puasa untuk diet mungkin belum banyak yang mengetahui. Sebagai menu buka puasa yang sehat, ternyata untuk menu buka puasa untuk diet yang akan diulas disini juga sangat sederhana dan praktis.

Jadi menerapkan pola makan yang sehat saat berpuasa maka alternatif ini juga bisa dijadikan cara diet saat puasa tanpa olahraga. Baiklah tidak usah panjang lebar langsung saja simak cara cepat diet lewat puasa dengan mengkonsumsi menu-menu buka puasa yang sehat disini.

Daftar Menu Buka Puasa untuk Diet Terpopuler, menu buka puasa rendah kalori, menu buka puasa yg sehat, cara cepat diet lewat puasa, menu makanan sahur untuk orang diet, puasa agar langsing, cara diet saat puasa tanpa olahraga, menu buka puasa sederhana dan praktis, program diet puasa, menu buka puasa irit, menu buka puasa kuliner, menu buka puasa senin kamis, menu buka puasa untuk diet, menu takjil buka puasa, resep buka puasa sederhana

Daftar Menu Buka Puasa untuk Diet Terpopuler

Sebagai menu buka puasa untuk diet yang terpopuler ketika bulan puasa tiba, daftar menu buka puasa yg sehat ini banyak dikonsumsi untuk solusi cara cepat diet lewat puasa. Dan berikut adalah berbagai menu buka puasa untuk diet yang dapat dikonsumsi pada saat Bulan Ramadhan. 

1. Kurma

Menu buka puasa untuk diet yang pertama adalah buah Kurma. Menu buka puasa ini merupakan menu wajib pada saat berbuka puasa khususnya saat membatalkan puasa. Sebagai menu buka puasa yang sederhana dan praktis, buah kurma ternyata mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat buah Kurma dapat mengatasi anemia karena dalam kurma mengandung kadar zat besi yang cukup tinggi. Untuk itu dengan mengkonsumsi menu buka puasa buah Kurma maka secara tidak langsung bisa dijadikan suplemen alami bagi penderita anemia dan juga bisa dijadikan menu diet saat berbuka puasa.

Selain itu buah kurma juga mengandung gula alami yang bermanfaat untuk mengembalikan energi setelah seharian kehilangan banyak energi ketika berpuasa.

2. Ikan Bakar

Menu buka puasa berikutnya adalah ikan bakar. Menu buka puasa ini sangat sehat dan aman untuk dikonsumsi pada saat menerapkan program diet. Ikan sendiri merupakan salah satu jenis lauk yang  memiliki kandungan lemak tidak terlalu tinggi.

Pilihan ikan bakar untuk menu buka puasa diantaranya adalah ikan dorang, kakap, mas dan juga gurame. Sedangkan untuk melengkapi nutrisinya, maka ganti mentega dengan olive oil pada saat akan membakar ikan.

Sebagai bumbu masakannya bisa memakai cabai, jeruk nipis, kecap manis dan juga merica. Hal yang perlu diperhatikan ketika membuat menu ikan bakar adalah jangan sampai membakar ikan sampai gosong karena bisa meningkatkan resiko kanker.

3. Sup Ayam

Menu sup ayam sebagai menu buka puasa yang paling banyak diminati ternyata menu ini merupakan makanan hangat menyehatkan yang sangat cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa untuk diet. Pengolahan makanan berupa sup juga merupakan cara pengolahan yang lebih aman dan sehat apabila dibandingkan dengan makanan yang di goreng. 

Untuk kandungan protein yang ada di menu ini dapat mengembalikan energi dalam tubuh yang sudah hilang selama berpuasa seharian. Selain mengandung banyak protein, sayuran pelengkap seperti kembang kol, wortel dan sawi dapat memenuhi kebutuhan serat. Disamping ini menu buka puasa berupa sup ayam juga bermanfaat mendukung program diet yang sedang jalani.

4. Kentang Rebus

Menu makanan diet untuk berbuka puasa yang dapat dijadikan solusi selanjutnya adalah kentang rebus. Kentang sendiri merupakan makanan dengan sumber karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Kandungan lain yang berada di makanan kentang rebus adalah kandungan kalori yang sangat rendah.

Dengan kandungan kalori yang rendah, menu kentang rebus saat buka puasa ini sangat aman untuk dijadikan menu buka puasa untuk diet. Selain itu dengan memasak kentang secara direbus maka nutrisi yang terdapat di dalam kentang tetap terjaga.

5. Oatmeal

Menu buka puasa untuk diet yang satu ini merupakan salah satu makanan buka puasa yang sederhana dan praktis. Namun untuk nutrisi yang dimiiliki sangat tinggi. Sebagai menu buka puasa, oatmeal juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu menu buka puasa ini juga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Sebagai pelengkap, menu ini juga dapat ditambahkan topping dengan bahan lainnya seperti madu, aneka jenis buah yang segar, granola dan juga susu rendah lemak.

6. Nasi Merah

Menu buka puasa lainnya untuk diet adalah nasi merah. Nasi merah ini bisa digunakan sebagai pengganti nasi putih. Kandungan karbohidratnya yang sangat rendah sangat cocok dijadikan solusi untuk cara cepat diet lewat puasa.

Selain itu menu buka puasa dari nasi merah ini juga bisa dipadukan dengan berbagai lauk sehat lainnya untuk mengganti energi dan dapat mengisi perut tanpa harus khawatir berat badan akan bertambah.

7. Salad Hijau

Daftar menu buka puasa yang sangat cocok untuk program diet ketika berpuasa adalah dengan menyantap salad hijau. Salad sendiri mengandung kadar serat yang sangat tinggi. Selain itu untuk kadar kalorinya juga sangat rendah.

Dengan kandungan serat yang tinggi didalam salad maka dapat membuat perasaan kenyang lebih lama dan dapat menjaga berat badan agar tetap stabil. Pilihlah lainnya untuk sayuran berwarna hijau yang menyehatkan bisa menggunakan bayam, asparagus, brokoli dan berbagai jenis sayuran berwarna hijau lainnya. 

8. Biji Bijian utuh

Menu makanan untuk diet ketika berbuka puasa yang terakhir adalah biji-bijian utuh. Aneka biji-bijian utuh sangat baik untuk menjalani program diet. Jenis biji-bijian yang bisa dikonsumsi meliputi quinoa, roti gandum utuh, dan kacang hijau serta kedelai.

Dari beberapa jenis biji-bijian memiliki kandungan gizi cukup sehingga dapat menggantikan gizi yang hilang selama berpuasa. Selain itu untuk menu biji-bijian utuh ini jug bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Kandungan lainnya yang sangat tinggi mencakup mineral dan kalsium yang sangat berperan penting untuk mengatur metabolisme lemak di dalam tubuh.

Demikian ulasan lengkap dari kami tentang Makanan Diet Berbuka Puasa dan juga aman untuk anda yang sedang menjalankan program diet. Semoga bisa bermanfaat dan menambah ide anda dalam menyiapkan makanan nikmat sekaligus bergizi untuk menu berbuka puasa.


EmoticonEmoticon