11 Minuman Segar Menu Takjil Buka Puasa yang Paling Dicari

11 Minuman Segar Menu Takjil Buka Puasa yang Paling Dicari
poskotanews.com
Menu takjil buka puasa merupakan menu yang paling dicari untuk melepas rasa dahaga dan lapar setelah seharian berpuasa. Berbagai menu takjil mendadak populer dan banyak dicari ketika bulan puasa tiba. Tidak hanya itu, para pedagang dadakan yang menjual aneka menu takjil berbuka puasa juga menjamur dimana-mana. Dari sekian banyak menu takjil yang dijual, beberapa diantaranya bisa menjadi inspirasi untuk membuat menu takjil serupa ketika ingin berbuka puasa bersama keluarga tercinta.

Dari berbagai macam menu takjil buka puasa tersebut tentunya yang paling dicari adalah yang manis-manis dan segar. Hal inipun senada dengan dianjurkannya untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis. Dan biasanya kebanyakan menu takjil tersebut berupa minuman yang sering kita temukan di pinggir-pinggir jalan.

Namun dari sekian banyak minuman takjil yang dibuat ternayata ada beberapa menu takjil buka puasa yang paling diminati dan dicari masyarakat ketika akan berbuka puasa.

11 Minuman Segar Menu Takjil Buka Puasa yang Paling Dicari

Sebagai seorang Traveller, datangnya bulan ramadhan merupakan waktu untuk Travelling ke berbagai tempat Religi serta berburu berbagai macam menu takjil buka puasa yanh paling dicari. Kegiatan seperti ini dilakukan agar kita lebih mengenal tentang keberagaman dari kuliner nusantara yang paling dicari ketika bulan Ramadhan khususnya dalam hal memilih minuman segar buka puasa.

Setiap menu takjil yang dibuat akan terlihat istimewa jika menu takjil unik dan dapat dinikmati bersama keluarga beserta orang-orang terdekat. Selain itu dengan datangnya bulan Ramadhan banyak tersedia aneka macam menu takjil yang dijual. Berbagai menu takjil untuk dijual tersebut menjadi pilihan ketika mencari menu takjil di luar.

Namun apabila ingin membuatnya sendiri, banyak tersedia resep takjil murah meriah dan resep tersebut sangat mudah. Resep takjil mudah dan murah bisa dicoba sendiri di rumah dan dapat dikreasikan dengan menu-menu takjil lainnya.

Baca Juga : 9 Sajian Kopi Unik dan Terpopuler di Indonesia
                      Daftar Menu Buka Puasa untuk Diet Sehat

Berbagai minuman segar menu buka puasa ini menjadi incaran banyak orang dan mungkin dari semua minuman yang beredar sudah tidak asing lagi ditelinga dan bahkan dari menu takjil buka puasa tersebut bisa menjadi pilihan untuk kalian ikuti ketika dirumah dengan mengikuti resep-resepnya.

Untuk itu mari kita bahas satu persatu minuman segar yang menjadi menu takjil yang paling dicari ketika berbuka puasa beserta resep takjil murah meriah ketika buka puasa tiba.

1. Menu Takjil Es Kolak Pisang

     Es Kolak Pisang adalah menu minuman segar berbuka puasa ini banyak ditemukan didaerah pulau Jawa. Hampir semua para pedagang menyajikan menu takjil ini ketika bulan Ramadhan tiba. Menu takjil Es Kolak Pisang merupakan minuman yang berbuat dari santan. Namun selain itu ada juga menu tambahan yang semakin menambah cita rasa dari Es Kolak Pisang.

11 Minuman Segar Menu Takjil Buka Puasa yang Paling Dicari
masakkue.com

Menu es kolak pisang terbuat dari bahan utama santan dan beberapa bahan. Sesuai dengan resep yang dilansir masakkue.com bahan-bahan untuk membuat Es Kolak Pisang adalah sebagai berikut.

Bahan-bahan dasar Es Kolak Pisang:

- Santan 1000 ml
- Garam dengan takaran 1/2 sendok teh
- Daun pandan 3 buah yang disimpulkan dan dimemarkan
- Gula merah dengan takaran 400 gram dan diiris halus
- Es serut secukupnya.

Bisa juga ditambahkan:
- Sirup coco pandang 600ml
- Pisang ambon 5 buah
- Nangka matang 500 gram
- Kacang hijau 500 gram.

2. Menu Takjil Es Kelapa Muda atau Degan

     Ini dia Es yang tidak mengenal musim. Es Kelapa Muda atau Degan ini merupakan es pelepas dahaga yang paling dicari apapun itu musimnya. Sebenarnya perbedaan sebutan dari buah kelapa ini hanya dibeberapa daerah saja. Seperti di daerah Jawa Timur minuman takjil pelepas dahaga ini disebut sebagai Es Degan. Sedangkan untuk daerah Jawa Tengah ke arah barat disebut sebagai minuman Es Kelapa Muda. Tetapi apapun namanya minuman ini tetaplah minuman yang berasal dari buah kelapa yang masih muda.

Datangnya bulan Ramdhan merupakan bulan yang berkah bagi para penjual minuman segar khususnya pedagang Es Kelapa Muda. Selama bulan Ramadhan para pedagang Es Kelapa Muda akan bertebaran dimana-mana. Mereka ingin mendapatkan rezeki dari berjualan menu takjil berbuka puasa berbahan buah kelapa ini. Dan minuman takjil untuk berbuka puasa ini paling dicari. Hal ini dikarenakan Es Kelapa Muda banyak manfaatnya.

11 Minuman Segar Menu Takjil Buka Puasa yang Paling Dicari dan paling laris
agrowindo.com

Menu takjil buka puasa ini sangat mudah kita buat, hanya cukup menyediakan satu buah kelapa muda kita sudah bisa membuatnya. Namun es kelapa muda ini juga akan terasa lebih nikmat dengan menambahkan beberapa bahan tambahan.

Bahan-bahan Es Kelapa Muda atau Degan:

- Buah Kelapa Muda yang dikeruk
- Air Kelapa Muda
- Gula aren secukupnya
- Es batu sesuai kebutuhan.

Bisa juga ditambahkan:
- Sirup
- Madu

3. Menu Takjil Es oyen

    Es Oyen juga merupakan menu takjil yang banyak dicari ketika bulan ramadhan. Menu berbuka puasa ini memiliki berbagai macam bahan untuk melengkapi setiap sajiannya. Menu takjil ini sangat segar dan cepat bisa menghilangkan rasa dahaga.

11 Minuman Segar Menu Takjil Buka Puasa yang Paling Dicari dan paling laris
anekaresepnusantara.info

Untuk reseo dan bahan-bahan pembuatannya kalian bisa mengikuti resep dari anekaresepnusantara.com yang begitu mudah ini. Kalian tinggal menyiapakan beberapa bahannya dan bisa segera langsung membuatnya untuk dijadikan menu takjil buka puasa yang menyegarkan.

Bahan-bahan untuk membuat Es Oyen:
- Susu kental manis sesuai kebutuhan
- 2 lembar daun pandan wangi yang dimasukkan kedalam 250 gram rebusan gula pasir
- 1 Buah alpukat dengan mengerok dagingnya
- 1 buah kelapa muda yang sudah dikerok daging buahnya
- 100 gram pacar cina dengan direbus terlebih dahulu
- 100 gram agar-agar dipotong sesuai selera
- 100 gram tape singkong dipotong sesuai selera
- 100 gram kolang-kaling dipotong kecil-kecil
- 100 gram buah seperti melon, blewah, nangka, semangka dll
- Es serut sesuai kebutuhan.

Bisa juga ditambahkan:
- Potongan roti
- Madu

4. Menu Takjil Es campur

     Menu takjil es campur sudah tidak asing bagi kita, minuman segar ini juga menjadi alternatif menu berbuka puasa yang dicari. Minuman Es Campur ini tidak hanya populer ketika bulan puasa saja. Saat sebelum dan sesudah bulan puasapun minuman Es Campur tetap dicari banyak orang dan memiliki banyak penggemar. Akan tetapi kebutuhan akan hidangan pelengkap berbuka puasa seperti Es Campur ini merupakan kebutuhan wajib. Karena selain menyegarkan minuman ini juga mengenyangkan sehingga tidak sedikit orang-orang memburu menu takjil minuman segar ini.

11 Minuman Segar Menu Takjil Buka Puasa yang Paling Dicari dan paling laris
kulinersehat.com

Untuk bahan dan resep dalam membuat menu takjil Es Campur ini bisa mengikuti resep dari resepnasional.com berikut ini. Resep menu takjil buka puasa ini sangat mudah namun memiliki bermacam-macam bahan dasar dalam pembuatannya.

Bahan-bahan untuk membuat Es Campur sebagai menu takjil berbuka puasa:

- Cincau hitam sebanyak 150 gram
- Sagu mutiara sesuai kebutuhan
- Kolang-kaling
- Buah nangka
- Buah alpukat yang sudan di kerok
- Buah Strawberry
- Daging kelapa muda
- Buah anggur
- Gula pasir 250 gram
- Air 250 ml
- Daun pandan 1-2 ikat
- Sirup berbagai rasa sesuai selera
- Es serut
- Es susu kental manis sscukupnya

Bisa juga ditambahkan:

- Buah-buah lainnya
- Madu

5. Menu Takjil Es Teler

    Menu takjil selanjutnya adalah Es Teler. Minuman ini bisa juga disebut sebagai koktailnya orang Indonesia. Sebagai sajian menu takjil buka puasa, Es Teler biasanya dijadikan sebagai menu pembuka ketika berbuka puasa.

11 Minuman Segar Menu Takjil Buka Puasa yang Paling Dicari dan paling laris
id.m.wikipedia.org

Unt membuat menu takjil dari Es Teler bisa mengikuti resep berikut ini.

Bahan-bahan utama untuk membuat menu takjil Es Teler:

- Daging kelapa muda yang sudah diserut
- Cincau 250 gram
- 1 bauh alpukat
- Santan 100 ml
- Susu kental manis secukupnya
- Gula secukupnya
- Sedikit garam

Bisa juga menambahkannya dengan sirup berbagai rasa tergantung selera kita.

6. Menu Takjil Es Selendang Mayang

    Untuk menu takjil berbuka puasa berikutnya berasal dari daerah Betawi yaitu Es Selendang Mayang. Es Selendang Mayang sangat cocok untuk digunakan sebagai varian menu takjil berbuka puasa kalian. Selain rasanya yang segar dan manis, minuman untuk berbuka puasa ini juga sangat menggoda karena dilengkapi dengan adonan tepung beras yang berwarna warni sehingga semakin menambah selera berbuka puasa kita.

11 Minuman Segar Menu Takjil Buka Puasa yang Paling Dicari dan paling laris
resepdanmasakan.com

Pembuatan menu takjil Es Selendang Mayang tidak begitu sulit, kalian bisa mengikuti resep dari resepmasakan.com berikut ini.

Bahan-bahan untuk membuat menu takjil bernuka puasa Es Selendang Mayang:

- Tepung hunkwe 120 gram
- Tepun beras 70 gram
- Air daun suji 25 ml
- Vanili bubuk 1/4 sdt
- Pewarna makanan merah 3 tetes dan hijau 2 tetes
- Daun pandan 2 lmbar
- Garam 1/2 sdt
- Air putih 900 ml
- Es serit 750 gram

Bahan untuk sirupnya:

- Air putih 145 ml
- Daun pandan 2 lmbar
- Gyla aren 210 gram

Bahan campuran santan:

- Air santan 650 ml
- Daun pandan 3 lembar
- Garam 1/2 sdt

7. Menu Takjil Es Dawet

     Menu takjil berupa Es Dawet bukan hal yang tabu bagj masyarakat Indonesia, hal ini dikarenakan  penyabaran Es Dawet yang sudah ada dimana-mana. Es Dawet ini merupakan minuman pelepas dahaga yang berbahan dasar santan, gula merah dan tepung beras. Jadi menu Es Dawet ini bisa menjadi menu pembuka ketika berbuka puasa telah tiba.

11 Minuman Segar Menu Takjil Buka Puasa yang Paling Dicari dan paling laris
minumanstarbucks.blogspot.com

Seperti dilansir dari cara-memasak-enak.com bahwa untuk membuat Es Dawet bisa mengikuti resep berikut ini.

Bahan-bahan dasar untuk membuat menu takjil Es Dawet:

- Tepung beras 250 gram
- Tepung tapioka 250 gram
- Air sari daun pandan 100 ml
- Air 600 ml
- Es batu secukupnya.

Bahan santan:

- Santan 1 liter
- Daun pandan 3 lembar
- garam 1/2 sendok

Bahan larutan gula merah:

- Gula aren 500 gram
- Gula putih 50 gram
- Air 250 ml

8. Menu Takjil Es Cincau

     Es yang berbahan dasar utama dari daun cincau ini menjadi alternatif menu takjil puasa selanjutnya. Es cincau ini bergitu segar dan sangat cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa. Cara pembuatanpun mudah dan tidak memerlukan waktu lama.

11 Minuman Segar Menu Takjil Buka Puasa yang Paling Dicari dan paling laris
resepkuerenyah.com

Untuk resep pembuatan menu takjil dengan Es Cincau ini bisa dengan mengikuti resep dari respekurenyah.com seperti yang terlihat dibawah ini.

Bahan-bahan dasar untuk membuat menu takjil Es Cincau:

- Daun Cincau secukupnya yang direbus
- Sedikit garam
- Air 3 gelas
- Santan secukupnya
- Air gula merah

Bisa juga ditambahkan dengan sedikit Madu.

9. Menu Takjil Es Cendol

     Minuman Es Cendol ini merupakan minuman khas dari daerah Sunda. Dan jika dilihat sangat mirip dengan minuman Dawet. Minuman ini juga sangat banyak kita temukan ketika bulan Ramadhan tiba. Es Cendol juga menjadi menu berbuka puasa yang paling dicari.

11 Minuman Segar Menu Takjil Buka Puasa yang Paling Dicari dan paling laris
blog.lakupon.com

Bahan-bahan pembuat menu takjil dari Es Cendol

- Tepung beras
- Gula merah
- Santan
- Es serut.

10. Menu Takjil Es Kopyor

     Minuman Es Kopyor ini sebenarnya populer pertama kali di daerah Jawa Tengah. Di daerah sana masyarakat menyebutnya "Garoh". Penyebutan nama ini merupakan istilah dari kelainan genetik dari buah kelapa (Kelapa Kopyor). Perbedaan kelapa biasa yang normal dan kelapa kopyor terletak pada buah dagingnya. Di dalam kelapa kopyor buah dagingnya terpisah dari tempurung kelapa.

Seiring berjalannya waktu dan semakin langkanya buah kelapa kopyor, kini menu Es Kopyor di rubah dengan menggunakan bahan dasar agar-agar yang dikocok menyerupai daging buah kelapa. Minuman ini juga menjadi primadona ketika bulan Ramadhan tiba. Banyak masyarakat yang menjadinya sebagai menu takjil ketika berbuka puasa.

11 Minuman Segar Menu Takjil Buka Puasa yang Paling Dicari dan paling laris
infokuliner.com

Bahan- bahan untuk membuat menu takjil Es Kopyor

- Kelapa Kopyor
- Gula aren secukupnya.

Bisa juga ditambahkan pemanis seperti Madu untuk menambah kenikmatan dari menu takjil buka puasa ini.

11. Menu Takjil Es Doger

     Es Doger merupakan minuman segar yang kita jumpai di daerah Jawa Barat. Akan tetapi untuk saat ini Es Doger juga sudah menyebar di berbagai daerah di Pulau Jawa. Minuman Es Doger sangat cocok untuk menu takjil berbuka puasa. Rasanya yang enak, manis dan segar menjadi alasan untuk melepas dahaga ketika seharian selesai berpuasa.

11 Minuman Segar Menu Takjil Buka Puasa yang Paling Dicari dan paling laris
id.m.wikipedia.org

Menu takjil Es Doger ini sangat mudah pembuatan, karena bahan-bahan untuk membuatnya tidak begitu banyak. Jadi jika kalian ingin membuat menu takjil buka puasa dengan Es Doger bisa melihat resep ini.

Bahan-bahan untuk membuat menu takjil Es Doger yang nikmat

- Susu kental manis
- Parutan kelapa
- Tape
- Buah Alpukat

Selain bahan tersebut menu takjil ini juga bisa ditambahkan

- Gula aren
- Madu
- Ketan hitam

Berbagai macam menu olahan minuman untuk menu takjil berbuka puasa memang sangat beragam, namun dari sekian banyak menu takjil yang ada kalian bisa memilih dari kesebelas menu takjil tadi. Dan dengan rekomendasi beberapa menu takjil buka puasa yang paling dicari setidaknya dapat memberi gambarnya menu takjil apa yang akan kita buat nanti.


EmoticonEmoticon