Danau Weekuri Surga yang Tersembunyi di Sumba Barat Daya

Melihat keindahan dari Danau Weekuri yang ada di televisi ataupun di dunia maya membuat ingin berpartisipasi juga untuk membagikan informasi tentang pesona Danau Weekuri yang ada di Sumba Barat Daya ini. Danau Weekuri disebut-sebut sebagai surga yang tersembunyi yang ada di Sumba Barat Daya.

Sebelum tempat wisata Danau Weekuri ini dibuka secara umum, menurut informasi Danau Weekuri ini pertama kali ditemukan oleh warga negara Perancis. Danau Weekuri dulunya terletak di area tersembunyi dan belum memiliki jalur akses untuk menuju Danau Weekuri. Setelah penemuan lokasi ini maka dibuatlah akses jalan ke Danau Weekuri dan dibuka untuk umum.

Ketenaran Danau Weekuri memang tidak seperti danau-danau lainnya yang ada di Indonesia, namun untuk keindahan yang ditawarkan di Danau Weekuri sangat luar biasa dan banyak yang menyebut bahwa Danau Weekuri adalah Surga Tersembunyi yang ada di Sumba Barat Daya.


Lokasi danau weekuri di sumba barat daya

Keindahan Danau Weekuri

    Jika kalian ke Danau Weekuri maka kalian akan melihat keindahan danau dengan air yang sangat jernih seperti kaca. Danau Weekuri ini memiliki air yang berwarna hijau kebiru-biruan di beberapa sisinya. Selain itu untuk kondisi airnya juga unik yakni memiliki kandungan air asin dan air payau.

Keunikan dan keindahan dari Danau Weekuri ternyata tidak sampai disitu saja. Keindahan warna yang ada di Danau Weekuri merupakan hasil dari beberapa titik sumber mata air yang ada disana sehingga warna Danau Weekuri sangat beragam dan ada yang berair dingin dan juga air hangat.


Lokasi danau weekuri di sumba barat daya


Jika dilihat sekilas memang Danau Weekuri sangat jernih seperti kaca, sehingga sangat cocok untuk dijadikan bermain air dan menikmati keindahan dari Danau Weekuri dari ketinggian.

Keindahan lainnya dari Danau Weekuri dapat dinikmati dari spot yang ada di sebelah barat lokasi Danau Weekuri. Dengan menyusuri jalan setapak dan mengikuti suara dari deburan ombak maka kalian bisa menaiki bukit kecil berupa bebatuan karang yang menjorok ke lautan lepas.

Dari spot ini kalian harus ekstra hati-hati karena kondisi bebatuan karang di Danau Weekuri sangat tajam dan lancip. Namun untuk keindahan dari spot ini jangan ditanyakan lagi karena dari spot inilah kita bisa melihat keindahan Danau Weekuri sepenuhnya. Disini Danau Weekuri akan terlihat seperti kolam renang dengan kejernihan air yang menyerupai kaca dan memiliki warna dengan gradasi warna biru dan hijau yang mengagumkan.

Lokasi atau Peta Wisata Alam Danau Weekuri

  Danau Weekuri yang sangat indah ini berada di lokasi Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jadi jika ingin mengetahui lebih lengkap lokasi Danau Weekuri, kalian bisa mengaksesnya melalui Google Maps berikut ini.



Akses atau Cara Menuju ke Danau Weekuri Sumba Barat Daya

   Untuk bisa sampai ke lokasi wisata Danau Weekuri dapat ditempuh dengan jalur darat dari Tambolaka yang merupakan Ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya ataupun dari Waikabubak Ibukota Kab. Sumba Barat. Karena lokasi Danau Weekuri berada di wilayah Kodi Utara, maka untuk bisa ke Danau Weekuri kita harus menggunakan jalur udara untuk sampai ke Kota Tambolaka.

Dan setelah sampai di Tambolaka, perjalanan menuju Danau Weekuri bisa dilanjutkan dengan menggunakan transportasi darat.

- Kendaraan untuk Menuju Danau Weekuri
Kendaraan darat yang bisa digunakan untuk bisa sampai di Danau Weekuri adalah dengan menyewa atau rental mobil/motor yang ada di Kota Waikabubak dan di Kota Tambolaka. Untuk harga sewa mobil bpsekitar Rp 500.000 - Rp 600.000 beserta dengan drivernya. Sedangkan untuk biaya sewa kendaraan bermotor roda dua adalah sebesar Rp 100.000 - Rp 150.000.

Untuk akses menuju ke lokasi wisata Danau Weekuri memang agak cukup sulit. Selain itu untuk akses angkutan umum menuju ke Danau Weekuri yang berjarak kurang lebih 60 Km dari Tambolaka Ibukota Sumba Barat Daya juga belum ada.

- Kondisi Jalan Menuju Danau Weekuri
Kondisi jalan menuju Danau Weekuri sangat bervariatif, dibeberapa titik sudah beraspal halus namun dibeberapa titik kondisi akses jalan menuju Danau Weekuri masih berbatu dan masih dalam proses pengerasan tanah. Sedangkan untuk petunjuk jalan menuju Danau Weekuri juga belum ada sehingga untuk bisa ke Danau Weekuri kita harus bertanya ke warga sekitar atau menggunakan GPS.


Harga Tiket Masuk ke Danau Weekuri

   Lokasi Wisata Danau Weekuri ini belum menetapkan berapa harga tiket masuk yang diberlakukan bagi setiap wisatawan yang datang ke Danau Weekuri. Jadi menurut informasi ketika sampai di pos jaga masuk ke Danau Weekuri setiap pengunjung haya membayar tiket masuk seikhlasnya saja. Dan setelah sampai di pos jaga masuk ke Danau Weekuri perjalanan masih berlanjut dengan berjalan kaki sekitar 20 meter.

Waktu yang Tepat untuk Menikmati Spot di Wisata Danau Weekuri

    Ketika kalian mengunjungi Wisata Danau Weekuri, maka waktu yang tepat untuk mendapatkan spot-spot foto yang pas dan instagramable adalah pada waktu sekitar jam 4 (empat) sore. Alasan pemilihan waktu untuk mendapat spot terbaik dari Danau Weekuri ini dikarenakan pada saat sore hari matahari akan mulai condong ke arah barat. Sehingga langit yang ada akan terlihat biru dan akan nampak terlihat jelas di kerjernihan air di Danau Weekuri.

Selian spot indah yang terlihat di dalan Danau Weekuri yang dihasilkan dari pantulan warna langit, ternyata dengan menikmati suasana di sore hari di wisata Danau Weekuri ini kita juga bisa menikmati keindahan alam disana sambil melihat sunset dari atas karang disekitar Danau Weekuri.


Fasilitas di Wisata Danau Weekuri

   Untuk fasilitas penunjang bagi para wisatawan di Danau Weekuri seperti toko, warung, toilet dan penginapan belum tersedia di tampat ini. Jadi bagi para wisatawan yang ingin travelling ke Danau Weekuri Sumba Barat Daya sebaiknya mempersiapkan perbekalan secukupnya seperti makanan dan minuman untuk dinikmati selama perjalanan menuju Danau Weekuri.

Walaupun Danau Weekuri masih minim fasilitas dan akses jalan yang masih belum memadai, namun untuk keindahannya sudah tidak diragukan lagi. Dan sebutan untuk surga tersembunyi memang sangat pantas untuk menggambarkan keindahan yang ada di Danau Weekuri Sumba Barat Daya ini.




Referensi:

https://www.indonesiakaya,com/jelajah-indonesia/detail/terpesona-jernihnya-danau-weekuri-laguna-tersembunyi-di-sumba
http://ketahui.com/sebening-kaca-indahnya-wisata-danau-weekuri-di-sumba


EmoticonEmoticon