Rute Jalan Menuju Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Sebenarnya kisah tentang perjalanan kami untuk mencari rute menuju Pantai Kedung Tumpang ini sudah pernah dipublikasikan. Namun mengingat banyaknya para wisatawan yang ingin mengetahui jalan menuju Pantai Kedung Tumpang maka disini akan dibahas kembali tentang perjalanan kami ketika mencari jalan untuk menemukan lokasi dimana Pantai Kedung Tumpang ini berada.

Pertama kali Wisata Pantai Kedung Tumpang mulai dikenal publik memang sudah dua tahun yang lalu yaitu sekitar pada tahun 2015 an. Pada tahun ini wisata Pantai Kedung Tumpang pada puncak kepopulerannya. Hal ini terlihat dari banyaknya netizen yang membicarakan wisata Pantai Kedung Tumpang ini di dunia maya ataupun di media sosial.

Berangkat dari boomingnya wisata Pantai Kedung Tumpang inilah maka kami memutuskan untuk memulai perjalanan menuju lokasi Pantai Kedung Tumpang yang ada di Kab. Tulungagung.

Wisata pantai kedung tumpang tulungagung, jalan menuju pantai kedung tumpang
Wisata Pantai Kedung Tumpang Tulungagung
Petualangan ini kami lakukan bertujuan untuk mengeksplor tempat-tempat wisata pantai tersembunyi di Tulungagung. Tempat-tempat wisata ini tentunya memiliki keindahan dan pesona yang tidak kalah bagus dengan tempat wisata pantai lainnya yang sudah populer sebelumnya di Tulungagung.

Dari sekian banyak alternatif tujuan wisata pantai di Tulungagung ternyata waktu itu kami tertarik untuk menuju ke Wisata Pantai Kedung Tumpang. Dan untuk memulai perjalanan kami mencari informasi tentang lokasi wisata Pantai Kedung Tumpang ini.

Peta Wisata Pantai Kedung Tumpang Tulungagung
    Untuk bisa menemukan lokasi wisata Pantai Kedung Tumpang sebenarnya sangat mudah karena lokasi Pantai Kedung Tumpang sudah ada di Google Maps.

Jadi untuk mempermudah pencarian lokasi wisata di Kab Tulungagung yaitu Pantai Kedung Tumpang, maka kalian tinggal ketik saja "kedung tumpang". Nantinya alamat tersebut akan muncul Google Maps dan ini bisa kalian manfaatkan sebagai petunjuk arah untuk mengetahui rute menuju pantai Kedung Tumpang.

Setelah menemukan lokasi wisata Pantai Kedung Tumpang maka petualangan dimulai dari tempat kami tinggal yaitu daerah Gresik. Rencana awal petualangan ini dilakukan dengan banyak temen-temen saya, namun dikarenakan kesibukan masing-masing akhirnya kami hanya berangkat hanya dengan dua orang dengan mengendarai satu kendaraan. Kami berangkat sekitar pukul 12 siang dengan melalui berbagai rute perjalanan menuju lokasi Pantai Kedung Tumpang sebagai berikut.

Baca Juga:

Rute Menuju Pantai Kedung Tumpang Tulungagung dari Kota Blitar

Wisata pantai kedung tumpang tulungagung, jalan menuju pantai kedung tumpang
Gresik - Mojokerto - Jombang - Kediri - Blitar - Tulungagung

Jarak yang saya tempuh sekitar 146 KM dengan estimasi waktu tempuh sekitar 4 jam lebih. Dikarenakan kedaktahuan akan rute-rute yang akan kami tempuh serta informasi tentang lokasi Pantai Kedung Tumpang ini maka kamipun melakukan perjalanan dengan mengacu pada petunjuk dari GPS untuk bisa menuju ke Pantai Kedung Tumpang.

Dengan mengikuti petunjuk dari GPS untuk menuju ke Pantai Kedung Tumpang maka pada akhirnya kami sampai di Kota Blitar pada jam 3 sore. Perjalanan yang kami lalui waktu itu cukup menantang karena memang merujuk pada informasi dari GPS.

Pada waktu mengikuti jalur yang ada di GPS ternyata menemui berbagai pengalaman yang unik mulai dari melalui jalan an pedesaan, jalanan extrim, jalan bekas letusan Gunung Kelud bahkan sampai jalan buntu menghiasi selama perjalanan kami menuju Kota Blitar.

Namun dengan adanya pengalaman tersebut setidaknya memang itulah sensasi yang akan kita peroleh jika kita menuju ke suatu tempat dengan mengikuti Rute dari GPS yang memiliki jarak terdekat. Tapi bagi kami itulah yang dinamakan Travelling, seperti kata Rangga di film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang mengatakan bahwa:

"Liburan adalah kegiatan dengan seribu perencanaan sedangkan Travelling penuh spontanitas dan siap dengan segala resiko"

Jadi menurut dia esensi dari berpergian ke tempat baru adalah untuk merasakan sensasinya. Merasakan setiap kemungkinan yang ia hadapi tanpa sebuah rencana.

Melihat dari pernyataan tersebut memang hal yang lebih bermakna dan berkesan adalah mengamali setiap prosesnya dan siap untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi. Seperti halnya ketika kami Travelling ke Pantai Kedung Tumpang, waktu itu kami hanya membuat rencana kapan jadwal dan kemana tujuannya?

Cuma itu sajalah yang kami persiapkan. Dan langkah selanjutnya kami menikmati perjalanan yang sebelumnya belum pernah kami lakukan. Selain itu perjalanan menuju ke Pantai Kedung Tumpang ini juga penuh spontanitas seperti pada saat kami menemukan jalan buntu ketika mengikuti arah jalan dari GPS. Dengan adanya masalah tersebut maka kami spontan langsung mencari alternatif jalan lainnya mengingat pada waktu itu hanya kami berdua yang berada di lokasi tersebut.

Jadi jangan terpaku pada jalur atau rute yang sudah pernah dialui orang pada umumnya. Kalau bisa temukan rute dan jalanmu sendiri karena kalian pasti akan menemukan banyak hal disana.

Perjalanan sampai di Kota Blitar
   Kembali ke petualangan kita untuk menuju ke Wisata Pantai Kedung Tumpang. Dari banyaknya rintangan selama perjalanan tadi akhirnya kamipun tiba di Kota Blitar. Dan kami memutuskan untuk istirahat sejenak setelah menempuh perjalanan yang cukup lama dari Kab. Gresik.

Setelah beristirahat sejenak perjalanan berlanjut untuk mengeksplor tempat-tempat wisata yang ada di Kab. Blita. Kita tahu bahwa di Kota Blitar juga banyak lokasi-lokasi wisata lainnya. Namun untuk kali ini kali mengunjungi ke tempat-tempat wisata bersejarah yang ada di sana.

Tujuan pertama kami pada waktu itu adalah Candi Penataran kemudian berlanjut ke makam Sang Proklamator yaitu Bung Karno dan berakhir di rumah tempat tinggal orang tua Beliau. Petualangan di Kota Blitar saat itu tidak berpusat pada tempat-tempat bersejarah, namun kami juga sempat ke Masjid Agung dan Alun-Alun Kota Blitar. Selain itu Kota Blitar juga menjadi tempat singgah kami untuk istirahat dan melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

Perjalanan menuju Pantai Kedung Tumpang dilanjutkan kembali
   Setelah bermalam di Kota Blitar maka petualangan untuk mencari tempat Wisata Pantai Kedung Tumpang berlanjut pada pagi hari dengan start dari Kota Blitar menuju daerah Pucang Laban melalui Jalan Trisula. Ketika kami melalui jalan Trisula ternyata terdapat monumen bersejarah yaitu Monumen Trisula. Karena satu perjalanan maka pada waktu itu kami menyempatkan untuk mendatangi Monumen Trisula dan menambah wawasan tentang sejarah yang ada di tempat itu.

Perjalanan yang sudah sekitar satu jam, kami akhirnya bertemu dengan tulisan petunjuk jalan yang ala kadarnya untuk mengarahkan kita ke tempat tujuan yaitu Pantai Kedung Tumpang.

Wisata pantai kedung tumpang tulungagung, jalan dan rute menuju pantai kedung tumpang
Penunjuk Arah menuju Pantai Kedung Tumpang Tulungagung
Penunjuk arah jalan menuju ke Pantai Kedung Tumpang tersebut adalah petunjuk jalan pertama kami temui setelah menempuh jarak yang cukup jauh dari arah Kota Blitar. Walaupun petunjuk jalan menuju lokasi Pantai Kedung Tumpang ini sangat terkesan dibuat asal-asalan tetapi petunjuk jalan inilah yang membuat kami merasa bangga karena sudah semakin dekat dengan tempat tujuan Pantai Kedung Tumpang yang akan kami datangi.

Sekitar menempuh perjalanan sekitar 1 Km dari petunjuk tersebut akhirnya kami sampai di Pos pertama yang dimana kita disini akan melewati portal dari warga sekitar yang mengharuskan kita untuk memberikan kontribusi yang tidak ditentukan. Jadi disini kalian bisa memberikan dana seikhlasnya untuk membantu pengembangan potensi wisata pantai yang ada disana.

Tujuan dari pengumpulan dana yang dilakukan oleh warga sekitar adalah tidak lain untuk membangun desa mereka agar nantinya akses ataupun fasilitas yang ada di tempat ini semakin lengkap tanpa mengurangi sisi dari keindahan Pantai Kedung Tumpang.

Penunjuk Arah menuju Pantai Kedung Tumpang Tulungagung
Setelah kita melihat petunjuk jalan menuju Pantai Kedung Tumpang tersebut maka kita akan sampai di pintu masuk menuju tempat Wisata Pantai Kedung Tumpang. Di pintu masuk ini hanya kendaraan roda dua yang diperbolehkan untuk melintas, sedangkan untuk kendaraan roda empat tidak diperbolehkan karena mengingat medan jalan yang masih belum memadai.

Pintu Masuk Area Wisata Pantai Kedung Tumpang Tulungagung
Jalur Menuju Area Wisata Pantai Kedung Tumpang
Memasuki daerah ini kita akan melanjutkan perjalanan kembali sekitar 1 Km dengan kondisi jalan yang berupa tanah dengan menyusuri daerah pertanian warga yang berbukit-bukit. Di tengah perjalanan menuju tempat tujuan terdapat sebuah bukit dengan mudah melihat sekeliling daerah tersebut dari area persawahan sampai laut lepas yang terlihat sangat indah dari tempat ini.

Dan berikut keindahan dari jalan sebelum sampai ke Pantai Kedung Tumpang

Sesampainya di lokasi ini kita akan merasa hawa sejuk dengan besarnya terjangan angin yang berasal dari Samudra Hindia. Rasa senang dan kagum bercampur menjadi satu ketika melewati jalan menuju Pantai Kedung Tumpang ini.

Dengan sensasi yang kami rasakan maka semakin besar pula rasa penasaran bagaimana keindahan berikutnya yang ditawarkan Wisata Pantai Kedung Tumpang disana?

Untuk itu kamipun langsung melanjutkan perjalanan menuju Pantai Kedung Tumpang yang sudah tidak jauh dari lokasi ini.

Area Parkir Wisata Kedung Tumpang
Setelah melanjutkan perjalanan beberapa menit menuju ke Pantai Kedung Tumpang akhirnya kami tiba di tempat parkir lokasi Wisata Kedung Tumpang.

Ditempat parkir lokasi Pantai Kedung Tumpang pada waktu itu masih ala kadarnya seperti gambar diatas. Setelah memastikan kendaraan sudah terparkir dengan aman maka perjalanan berlanjut kembali dengan jalan kaki.

Tracking Menuju Pantai Kedung Tumpang

Ketika kami mulai berjalan kaki, ekspetasi pada waktu itu lokasi Pantai Kedung Tumpang sudah sangat dekat. Namun hal itu ternyata tidak sesuai dengan realita. Disini kita harus melakukan traking dengan menuruni bukit dan tebing untuk bisa sampai di tempat tujuan Wisata Kedung Tumpang.

Untuk kondisi jalan setapak menuju lokasi Pantai Kedung Tumpang lumayan menguras tenaga. Kondisi track yang kita tempuh cukup menantang seperti yang terlihat di dokumentasi di bawah ini.

Tracking Jalan Menuju Pantai Kedung Tumpang
Kondisi jalan yang seperti ini dikarenakan memang tempat Wisata Pantai Kedung Tumpang ini baru dibuka untuk umum tiga bulan yang lalu. Jadi kami waktu itu eksplore tempat ini pada saat awal-awak lokasi wisata Pantai Kedung Tumpang dibuka.

Maka tidak mengherankan jika jalur untuk menuju Pantai Kedung Tumpang yang tersedia masih sederhana dan ala kadarnya. Perjalanan menuruni bukit dan tebing untuk menuju Wisata Pantai Kedung Tumpang cukup menguras tenaga. Lokasi Pantai Kedung Tumpang sendiri berada di bawah sehingga kita harus menuruni bukit terlebih dahulu.

Beranya perjuangan untuk sampai di tempat Wisata Pantai Kedung Tumpang yang sangat melelahkan ternyata akan hilang seketika setelah kalian melihat keindahan dari Pantai Kedung Tumpang. Lokasi wisata alam seperti ini memang sangat jarang dan hanya ada di daerah-daerah tertentu saja.

Untuk melihat seperti apa keindahan dari Pantai Kedung Tumpang tersebut maka diaini akan kami share dokumentasi-dokumentasi yang saya dapatkan selama berada di Pantai Kedung Tumpang. Dan berikut adalah dokumentasi yang mungkin bisa menggambarkan keindahan dan pesona yang ada di Wisata Pantai Kedung Tumpang Tulungagung.

Wisata Pantai Kedung Tumpang Tulungagung
View lainnya yang dapat kita dapatkan di Wisata Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Dan view lainnya lagi di Wisata Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Wisata Pantai Kedung Tumpang Tulungagung
Dari dokumentasi serta pengalaman petualangan tentang mencari jalan menuju lokasi tempat Wisata Pantai Kedung Tumpang ini setidaknya bisa membantu untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Kab. Tulungagung ini. Dengan adanya informasi tentang tempat wisata baru Pantai Kedung Tumpang yang memiliki keindahan dapat menjadi hidden paradisenya Kabupaten Tulungagung.
SALAM MY TRIP MY ADVENTURE

NOTE:
*Dilarang keras membawa buah jeruk karena itu adalah pantangan yang berlaku di tempat Wisata Kedung Tumpang,
*Tetap Waspada dan Hati-hati jika datang ketempat ini karenan daerahnya yang merupakan kawasan tebing bebatuan yang rawan akan jatuh ataupun terpelesat dan jika ingin bemain air di cekungan karang jangan sampai terlena. Tanpa disadari ombak yang besar akan datang sewaktu-waktu,
*BAWALAH SAMPAHMU KEMBALI karena keindahan dan kelestarian tempat wisata ini bergantung pada semua pengunjung yang datang ke Kedung Tumpang,
*Be Smart Traveller.