Megahnya Gua Terbesar dan Terpanjang di Asia Tenggara, Goa Lowo atau Gua Lawa Kabupaten Trenggalek

Tidak terasa sudah satu bulan lebih belum pernah posting indahnya indonesia nih.... bisa-bisa lupa cara menulis artikel :D hweheehe. Dengan postingan ini mungkin bisa memulai lagi menulis pengalaman travpacker_indo mengeksplor negara indah ini. Eksplor kali ini saya akan menggambarkan keindahan dari Kabupaten Trenggalek.

Gua Lowo Kabupaten Trenggalek
Gua lowo Trenggalek
Berawal dari keinginan mengeksplor lebih jauh wisata di Indonesia, Kabupaten Trenggalek ternyata memiliki berbagai tempat-tempat indah mulai dari wisata alam dan wisata-wisata lainnya. Tempat yang dieksplor adalah sebuah goa terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara yang berada di Desa Watu Agung Kecamatan Watulimo Trenggalek. Gua tersebut bernama Goa Lowo atau dalam bahasa indonesia berarti gua kelelawar. Mungkin belum banyak yang mengetahui kalau kabupaten Trenggaek memiliki gua terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara ini. Untuk itu saya akan mengeksplornya agar lebih banyak yang mengetahi betapa beragam dan indahnya alam indonesia.

Jarak goa lowo dari Kota Trenggalek sekitar 30 Km dan dapat ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan dengan keadaan jalan yang sangat memadai. Untuk menuju kesana kalian bisa mengandalkan bantuan gps dan jika sudah memasuki kecamatan watulimo kalian sudah semakin dekat dengan lokasi tujuan. Penunjuk arah disekitar lokasi juga sangat banyak sehingga mempermudah para pengunjung untuk menemukan lokasi Goa Lowo ini.

Sesampainya di lokasi wisata kalian ada dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000, itu pada waktu weekend. Mungkin kalau hari biasa beda lagi. Dan ditambah biaya parkir sebesar Rp 2.000. Sebelum memasuki area goa, terlebih dahulu kita menyeberangi sebuah jembatan gantung dan beberapa kios para pedagang. Di dekat mulut goa kalian akan di beri alternayif untuk melewati sebuah terowongan atau melewati bukit. Jika melewati bukit kalian akan melihat sebuah bebatuan besar yang menyerupai binatang kura-kura.

Berada di mulut goa lowo kesan pertama biasa-biasa karena terlihat tidak begitu besar, namun setelah memasuki mulut goa dan berjalan beberapa meter pikiran kalian akan berubah 360°. Kekaguman dan rasa dilema antara percaya dan tidak percaya akan muncul. Bagaimana hal itu tidak terjadi, di dalam goa lowo kalian akan disuguhkan betapa luasnya goa dengan keindahan lukisan dari bebatuan yang terbentuk secara alami.

Goa lowo kabupaten trenggalek
Goa Lowo Trenggalek
Goa lowo kabupaten trenggalek
Goa Lowo Trenggalek
Di dalam goa lowo sangat luas dan semakin jauh kita berjalan, kita akan melihat berbagai macam bentuk bebatuan dengan berbagai ukuran yang sangat indah. Berbagai nama bebatuan seperti kaki, jari telunjuk dan lain-lain akan kalian jumpai disini. Dan semakin jauh kedalam kalian akan mendengar derasnya suara air yang mengalir. Ternyata setelah diamati di dalam goa lowo ini terdapat sebuah sungai. Sungai dengan air yang sangat bersih dan bening tersebut mengalir tepat dibawah jalan yang kita lalui. Alirannya tidak begitu besar tetapi bagaimana jadinya kalau pada waktu hujan, kemungkunin besar didalam goa penuh dengan air.

Setelah melewati aliran sungaintersebut kalian akan sampai di sebuah tempat mirip aula yang sangat luas. Disini kalian bisa beristirahat sejenak atau melanjutkan lagi untuk menggelilingi goa lebih jauh.

Goa lowo kabupaten trenggalek
Goa Lowo Trenggalek
Gua lowo kabupaten trenggalek
Goa Lowo Trenggalek
Mungkin kalian akan bertanya-tanya kenapa goa ini dinamakan goa lowo atau dalam bahasa indonesia disebut gua kelelawar. Pemberian nama tersebut bukan tanpa arti, karena goa ini memang tempat atau rumah dari sekumpulan kelelawar. Dari awal memasuki mulut goa lowo kalian akan mencium bau yang menyengat dari kotoran kelewaran. Semakin kedalam goa bau tersebut semakin menyengat. Sehingga sangat disarankan untuk memakai masker namun hal tersebut kemungkinan tidak begitu berguna karena baunya yang sangat kuat.
Goa lowo kabupaten trenggalek
Goa Lowo Trenggalek
Walaupun baunya yang sangat menyengat tidak akan menghalangi para pengunjung untuk melihat kemegahan goa lowo ini. Setelah menyudahi perjalanan mengeksplor goa lowo sayapun tidak melewatkan untuk selfie dulu di depan penerangan yang bertulisakan wisata tersebut sebagai dokumentasi.

Goa lowo yang menjadi goa terbesar dan terpanjang di asia tenggara ini memang memiliki keindahan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Namun tetap saja di beberapa sudut dinding goa masih saja terdapat aksi vandalisme yang merusak keindahan goa ini. Hal ini menunjukkan bahwa kebanyakan dari kita masih belum bisa menghargai dan menjaga anugerah lukisan alam yang ada.

"Jangan sampai eksistensimu secara JELAS menunjukkan siapa dirimu dan bagaimana cara kamu BERSIKAP terhadap alam?"


EmoticonEmoticon