3 Tips Inti Travelling yang Wajib Kamu Ketahui

Perencanaan yang matang dan persiapan yang pas menjadi prioritas utama yang kamu ketahui ketika akan melakukan Traveling. Karena dengan kita mengetahui tips inti agar nanti semuanya sesuai dengan kita harapkan. Liburan ataupun travelling merupakan suatu kegiatan yang kelihatannya sepele namun apabila kita tidak mengetahui apa yang akan kita butuhkan maka percuma saja. Hal itu akan cuma jadi wacana dan tanpa ada realisasinya. Untuk itu kita wajib mengetahui persiapan dan perencanaan yang baik maka hasilnya juga akan mengikuti.

Tips travelling ini bukan hanya asal menulis. Dan 3 tips ini dibuat seringkas mungkin agar nanti dapat dengan mudah dipahami oleh para Traveller yang haus akan keindahan alam di luar sana. Karenanya tips ini merupakan hasil pengalaman travelling travpacker_indo selama ini. Dan disini akan berbagai pengalaman dan informasi tentang tips yang wajib kalian ketahui saat liburan atau travelling untuk mencari surga-surga tersembunyi yang ada di Indonesia. Untuk lebih jelasnya saya akan membahasnya satu persatu.

Tips packing travelling
Tips Travelling

3 Tips Inti Travelling yang Wajib Diketahui

Tips ini diharapkan nantinya dapat saling membantu agar nantinya travelling ataupun liburan yang dilakukan berjalan dengan lancar. Setidaknya dengan mengetahui 3 tips ini kita bisa mengetahui sedikit gambaran tentang kesuksesan ketika akan melakukan perjalanan wisata ke suatu tempat indah di negeri ini.

Pertama pastikan dulu kita akan travelling atau liburan.

     Sebelumnya kita harus mengetahui kita nanti ke pantai itu apakan liburan atau travelling, karena kedua hal ini hampir sama tapi juga memiliki berbagai perbedaan. Untuk liburan kan identik dengan travel, dimana kita menggunakan jasa travel selama kita liburan. Sehingga banyak hal yang sudah disiapkan oleh pihak travel demi menunjang semua kebutuhan selama liburan.

     Berbeda dengan travelling, ketika kita travelling semua yang kita butuhkan akan kita penuhi sendiri dan terkadang banyak hal-hal yang diluar dugaan bakal terjadi nantinya. Semua kegiatan perencaan dan persiapan yang melakukan adalah kita sendiri.

     Dari pengertian diatas bisa terlihat perbedaannya namun kesamaanya tetap yaitu menuju ke tempat wisata yang diinginkan. Namun untuk kali ini saya akan membahas tips travelling terlebih dahulu.

Kedua adalah Rencanakan Travellingmu

  Sebuah perencanaan yang matang akan menjadikan segala sesuatunya berjalan sesuai dengan yang diharapkan karena dari perencanaan tersebut kita dapat meminimalisir setiap kendala yang ada. Dalam perencanaan ketika akan travelling setidaknya terdapat beberapa perencaan yang harus disiapkan, diantaranya :

      1. Tentukan tujuan

         Tujuan disini mencakup tentang apa tujuan dari travelling yang akan kita lakukan nanti, apakah ingin mengeksplor keseluruhan atau sekedar melepas penat dari rutinitas kehidupan sehari-hari. Tentunya kalau bertujuan untuk mengeksplor kita akan cenderung untuk mencari tempat-tempat indah yang tersembunyi dan belum banyak yang mengetahui. Untuk eksplor tempat baru atau surga-surga yang tersembunyi ini membutuhkan peran dan usaha lebih dari kita untuk bisa menemukannya.

       Sedangkan untuk sekedar melepas penat kita bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang sudah ada dan yang penting adalah untuk merefresh pikiran kita agar segar kembali selesai travelling.

Tujuan berikutnya yang dimaksud adalah kemana kita akan travelling?
Apakah itu ke pantai, gunung, tempat sejarah dan lain-lainnya.

Tips travelling
Tempat Sejarah (Candi Penataran Kab. Blitar)
Tips travelling
Wisata Gunung (Gunung Kelud Kab. Kediri)
Tips travelling
Wisata Pantai (Tanjung Papuma Kab. Jember)

3 tips travelling yang wajib diketahui
Pondok Kopi Umbul Sidomukti, Semarang

Apapun itu tujuan travelling kamu tetaplah jadi smart traveller dengan tetap menjaganya.

     2. Rencanakan Siapa yang ikut nantinya

     Pilihan untuk melakukan travelling bisa kita lakukan sendirian ataupun melibatkan beberapa orang. Untuk itu kita harus memastikannya dari jauh-jauh hari agar kita nantinya bisa memiliki beberapa rencana jika kemungkinan adanya pengurangan atau penambahan anggota.

Tips travelling
Pantai Selok Kab. Malang
Tips travelling
Pantai Tiga Warna Kab. Malang

      Sedikit atau banyaknya anggota saat travelling, kamu tetap akan merasakan setiap momentnya dan kalian nantinya setidaknya bisa bercerita tentang indahnya alam dan segala sesuatunya. Mulai dari orang-orangnya, budayanya, sensasinya dan semuanya. Dan kalian akan menemukannya disini.

     3. Moda Trasportasi yang akan digunakan

    Persiapan alat tranportasi menjadi kebutuhan selanjutnya setelah kita menentukan siapa saja yang akan ikut travelling. Pemilihan moda transportasi bisa kalian sesuaikan dengan jumlah anggota travellingmu. Moda trasportasi ini bisa berupa kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Tips travelling
Ketika Travelling ke Jogja

     Sangat disarankan untuk menggunakan transportasi umum apabila kalian ingin travelling ke tempat yang jauh. Karena untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan yang diakibatkan rasa lelah selama perjalanan.

    4. Tentukan waktunya

        Penentuan waktu ini yang sebagian besar megalami kesulitan dikarenakan kita harus menyesuaikan dengan yang lainnya. Seringkali ketika kalian merencanakan waktunya kapan terkadang sampai setahun penuh tidak menemukan waktu yang pas. Hal ini terjadi ketika melibatkan banyak anggota. Jika terjadi seperti itu sebaiknya carilah solusinya bersama-sama.

      Apabila sudah memastikan waktunya selanjutnya tentukan juga dimana nantinya akan menginap apabila travelling kamu lebih dari satu hari.

Tips travelling
Camp di Pantai Kondang Merak Kab. Malang

     Solusi menginap ketika travelling yang saya sarankan adalah mendirikan tenda ditempat itu kalau seandainya travelling kamu di alam bebas. Karena merasakan dan menikmati alam bebas ketika malam hari adalah sesuatu yang dicari oleh para traveller.

     5. Pastikan berapa biaya atau budget yang dibutuhkan

       Kisaran anggaran yang dibutuhkan ketika travelling memiliki banyak pilihan karena tergantung dari kalian para traveller untuk memilih travelling ala backpacker atau tidak. Tentunya jika kalian memilih backpacker biaya yang dibutuhkan bisa ditekan seminim mungkin, namun hal itu berbeda ketika kalian memutuskan untuk travelling dangan cara lain.

         Biaya yang dibutuhkan bisa kalian perkirakan setelah kalian melakukan rencana-rencana yang sudah saya sebutkan. Dengan mengetahui berapa dana yang dibutuhkan maka kalian dapat mengumpulkan sedikit demi sedikit dari penghasilan anda untuk travelling.

     6. Siapkan rencana cadangan

     Rencana cadangan merupakan suatu kewajiban karena kita tidak akan mengetahui apa yang akan kita jumpai saat travelling. Rencana cadangan itu nantinya akan dijadikan acuan ketika terjadi sesuatu atau ada perubahan rencana.

        Dengan adanya rencana cadangan setidaknya kalian sudah siap dengan segala kemungkinan dan travellingmu akan sesuai dengan harapan kamu.


Ketiga adalah waktunya travelling

      Saat tiba waktunya travelling saat itulah kalian akan menikmati dan merasakan apa yang saya rasakan. Tentunya yang menjadi garis besar adalah untuk tetap "BE SMART TRAVELLER"
Dengan Tidak meninggalkan apapun selain jejak
               Tidak membakar apapun selain semangat
               Tidak mengambil apapun selain dokumentasi 

Tips travelling
Pantai Savana Kab. Malang


EmoticonEmoticon