Melihat Sejenak Benteng Vredeburg Yogyakarta

Keberadaan Benteng Vredeburg yang tidak jauh dari kawasan jalan Malioboro merupakan alasan saya untuk melihat sejenak benteng tersebut ketika saya berada di Yogyakarta. Sejarah dari benteng ini yang menyebutkan bahwa pada saat itu kekhawatiran dari pihak Pemerintahan Belanda yang melihat kemajuan pesat dari kraton yang dipimpin oleh Sultan Hamengku Buwono I.

Dari kekhawatiran tersebut maka Pemerintahan Belanda mengusulkan kepada pihak Kraton dengan alasan untuk menjaga keamanan lingkungan sekitar Kraton, padahal hal ini hanyalah alasan yang menutupi alasan yang sebenarnya. Pemerintah Belanda sebenarnya memiliki maksud untuk memudahkan mengontrol maupun mengawasi segala perkembangan yang terjadi di lingkungan Kraton.

Benteng vredeburg
Benteng Vredeburg
Sejarah dari Benteng Vredeburg memang tidak boleh kita lupakan. Dengan mengetahui sejarahnya kita akan tahu latar belakang dibalik berdirinya Benteng Vredeburg. Fungsi dari benteng ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan masa sejarah dulu, kini benteng Vredeburg dijadikan sebuah museum khusus perjuangan nasional dan menjadi salah satu destinasi tujuan wisata sejarah yang ada di Yogyakarta.
Benteng Vredeburg berada di Jl. Jend. A. Yani No 6 Jogjakarta didepan gedung agung sekitar 500 meter dari kawasan Malioboro.

  Kunjungan saya waktu itu kurang pas karena saya lakukan pada saat pagi hari, dimana Benteng Vredeburg tersebut belum dibuka sehingga hanya bisa melihat sejenak benteng tersebut dari luar. Walaupun tidak sempat untuk masuk Benteng Vredeburg, saya tidak menyia-nyiakan moment tersebut untuk mendokumentasikan beberapa bagian benteng tersebut.

Benteng vredeburg
Benteng Vredeburg
Benteng vredeburg
Benteng Vredeburg
View di samping kanan dan kiri bagian Benteng Vredeburg

Benteng vredeburg
Tampak Sebelah Kanan Benteng Vredeburg
Benteng vredeburg
Benteng Vredeburg
Pengalaman kunjungan saya untuk melihat sejenak Benteng Vredeburg ini setidaknya bisa membantu para wisatawan lainnya untuk mengenalkan keberadaan tempat-tempat wisata yang ada di Yogyakarta khusunya di kawasan Jl Malioboro


EmoticonEmoticon