Eksotis Air Terjun Nglirip Kabupaten Tuban

Air terjun nglirip
Air Terjun Nglirip
Moment liburan dan keterbatasan waktu yang ada menjadi hal yang paling sulit didapatkan terutama bagi yang memiliki rutinitas padat. Dari hal tersebut saya dan teman-teman akhirnya sepakat untuk meluangkan waktu untuk merefresh kepenatan akibat dari rutinitas sehari-hari dengan melakukan travelling bersama-sama.

Rencana travellingpun saya buat dengan tujuan salah satu destinasi wisata alam yang ada di Kabupaten Tuban dan berangkat dengan teman-teman seperjuangan karang taruna yang berjumlah 8 orang dengan 2 teman yang bertemu di tempat tujuan. Tujuan travelling tersebut mengarah pada sebuah air terjun buatan yang memiliki pemandangan eksotis terbentuk secara alami dari proses alam. Air terjun itu tidak lain tidak bukan adalah Air Terjun Nglirip yang menjadi destinasi wisata baru-baru ini mulai dieksplor.

Perjalanan menuju air terjun nglirip akhirnya kami mulai pada pagi hari untuk mengefisiensi waktu yang ada. Rute yang saya lalui adalah sebagai berikut:

Rute:
Balongpanggang (Gresik) - Mantup - Lamongan - Babat - Tuban - Desa Mulyoagung (Singgahan) - Air Terjun Nglirip

Waktu tempuh yang diperlukan sekitar 3 jam dengan jarak sekitar 106 KM dari tempat awal ke tempat tujuan air terjun nglirip. Dari perjalanan selama 3 jam tersebut kami hanya berpatokan pada jalur GPS yang sudah ditentukan melalui google maps dan ditempuh dengan kendaraan roda dua.

Perjalanan yang agak lama mengharuskan kita untuk istirahat dibeberapa tempat selama perjalanan dan mengabadikan beberapa tempat yang di lalui. Salah satunya adalah ketika kami melewati jalan daerah pertanian yang memiliki sebuah telaga ataupun waduk yang memiliki air sangat jernih sehingga secara tidak langsung menyuruh kita untuk berhenti sejenak untuk menikmatinya dan tidak lupa untuk mendokumentasikannya. Karena kejernihan airnya, dasar dari danau tersebut sampai kelihatan dan ikan-ikan yang berenang bebas dapat dilihat dengan mudah. Selain itu di waduk ini banyak juga tumbuhan teratai yang mulai berbunga sehingga semakin menambah keindahan view yang kami dapatkan saat itu.

Air terjun nglirip
Menuju Air Terjun Ngelirip
View yang kami dapatkan saat itu menjadi dokumentasi pertama kali selama travelling ke Air Terjun Nglirip. 

Perjalanan yang agak melelahkan dan beberapa cobaan selama perjalanan dengan bercampur panasnya cuaca pada saat itu tidak menyurutkan niat kami untuk terus melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Nglirip. Perjuangan yang tidak sia-sia itu akhirnya berujung pada sampainya kita di tempat tujuan.

Air terjun nglirip
Air Terjun Nglirip
Sesampainya di tempat tujuan kamipun masuk ke tempat wisata tersebut dan dikenakan biaya masuk plus parkir sebesar 20 rb dengan enam orang tiga kendaraan. Memasuki wisata tersebut kita akan menuruni benerapa anak tangga yang tidak begitu banyak dan mudah dilalui.

Air terjun nglirip
Air Terjun Nglirip
Suasana di tempat air terjun pada waktu itu sedikit menurunkan level keindahan dari tempat tersebut dikarenakan kondisi kemarau yang berakibat berkurangnya debit air yang ada di tempat ini. Tetapi biarpun air yang turun dari atas tebing hampir tidak ada, eksotisme dari Air Terjun Nglirip tetap memiliki pesona. Pesona tersebut adalah perpaduan dinding air terjun yang terbentuk alami dengan warna air yang begitu hijau dan bersih.

Air terjun nglirip
Air Terjun Nglirip
Air terjun nglirip
Air Terjun Nglirip
Air terjun nglirip
Air Terjun Nglirip
View keindahan lainnya yang dapat kami share dari hasil dokumentasi saat berada di Air Terjun Nglirip diantaranya adalah.......

Air terjun nglirip
Air Terjun Nglirip
Air terjun nglirip
Air Terjun Nglirip
Air terjun nglirip
Air Terjun Nglirip
Air terjun nglirip
Air Terjun Nglirip
Hasil dokumentasi dari eksotisnya Air terjun Nglirip menjadi pelangkap pengalaman travelling kami saat mengeksplor tempat ini. Travelling ini kami lakukan bersama-sama dengan teman-teman Karang Taruna "Bina Muda Wahas" yang selalu kompak disamping padatnya rutinitas harian.

Semoga dari artikel ini dapat berguna untuk lebih mengenal lagi potensi-potensi keindahan tempat wisata di Indonesia khususnya yang ada di Kabupaten Tuban.


Indonesia itu Indah, Kebersamaan itu Indah, Kebersihan juga Indah
so tetap be Smart Traveller. Salam My Trip My Adventure dari
Karang Taruna "Bina Muda Wahas"


EmoticonEmoticon