Pesona Keindahan Wisata Cagar Budaya Rambut Monte Kabupaten Blitar

By Hafid 318996
Pengalaman travelling kali ini datang dari teman saya David yang merupakan traveller dengan pengalaman travelling di beberapa tempat wisata. Salah satunya adalah pengalaman travelling ke WISATA CAGAR BUDAYA RAMBUT MONTE di Kabupaten Blitar.
Telaga rambut monte

Keindahan dan pesona alam yang terdapat di Rambut Monte tentunya belum banyak yang mengetahui. Disini saya akan mengeksplor saya saat travelling di Wisata Cagar Budaya Rambut Monte.

Telaga rambut monte
Telaga Rambut Monte

Perjalanan menuju Wisata Cagar Budaya Rambut Monte dimulai dari kota Mojokerto bersama dengan 4 teman kuliah. Kami berangkat travelling seminggu sebelum UAS semester 4, jadi ini adalah salah satu cara merefresh pikiran agar nantinya bisa berfikir sejernih air yang ada di Danau Rambut Monte :D.

Untuk menuju ke Kabupaten Blitar, kami memanfaatkan transportasi massal yang murah muriah yaitu kereta api. Keberangkatan dari stasiun mojokerto ke kabupaten Blitar memerlukan biaya sebesar 15 ribu dan ditempuh selama 4 jam perjalanan.

Sesampainya di Kota Blitar kami menginap di rumah teman dan keesokan harinya melanjutkan perjalanan ke Wisata Cagar Budaya Rambut Monte melalui jalur sebagai berikut.

Rute dari Kota Blitar:

Menuju timur ke arah Malang melalui Garum - Talun - Wlingi - arah Desa Semen - Tulungrejo - Krisik - Wisata Rambut Monte.

Dari Kota Blitar perjalanan berlanjut menggunakan kendaraan roda dua ke arah daerah Wlingi. Jarak antara Kota Blitar ke lokasi tujuan sekitar 39 Km dan perkiraan lama perjalanan adalah 1 jam. Semakin mendekati tempat wisata, kita akan disuguhi pemandangan hamparan luas kebun teh dan sawah warga yang begitu asri.

Keindahan suasana alam dan sensasi jalan yang turun naik serta bekelok-kelok akan menemani kita selama perjalanan menuju ke tempat Wisata Cagar Budaya Rambut Monte di Desa Krisik Kecamatan Gandusari. Wisata Cagar Budaya Rambut Monte berada di lereng Gunung Kawi dan Gunung Kelud. 

Memasuki kawasan wisata ini pengunjung dikenakan tarif tiket masuk sebesar 3000 rupiah dan parkir untuk kendaraan roda dua sebesar 1000 rupiah. Didalam kawasan ini terdapat juga Candi Rambut Monte yang hanya tinggal bagian bawahnya saja. Di bawah Candi kita akan melihat telaga Rambut Monte yang sangat jernih.

Telaga rambut monte
Telaga Rambut Monte
Dengan menuruni anak tangga maka sampailah kita di telaga Rambut Monte dengan pesona keindahannya dan kejernihan airnya dengan terdapat gradasi warna biru yang mencolok di bagian tengah telaga.

Telaga rambut monte
Telaga Rambut Monte
Telaga rambut monte
Telaga Rambut Monte
Merurut cerita warga sekitar bahwa warna biru tersebut konon berasal dari seorang yang tidak memiliki keturunan yang bernama mbah monte. Beliau mempunyai dua orang murid dan suatu ketika beliau kecewa terhadap tindakan dari kedua muridnya yang telah menyalahgunakan ilmu yang sudah diajarkannya.

Singkat cerita akhirnya mbah monte pun murka dan membakar pohon-pohon yang berada di sekitar danau. Pohon-pohon tersebut konon berubah menjadi ikan dewa sedangkan kedua muridnya menjadi dua mata air yang berada di dalam telaga rambut monte.

Namun secara ilmiah warna biru yang ditimbulkan dari merupakan adanya kandungan mineral yang keluar dari dua sumber mata air di dalam telaga.

Telaga rambut monte
Telaga Rambut Monte
Telaga rambut monte
Telaga Rambut Monte
Telaga rambut monte
Telaga Rambut Monte
Keindahan warna air telaga dapat kita nikmati dengan menuju ke sebuah gajebo yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Gajebo ini diperuntukkan untuk memudahkan para pengunjung untuk melihat lebih dekat dua sumber mata air yang menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini.
Telaga rambut monte
Telaga Rambut Monte

Telaga rambut monte
Telaga Rambut Monte
Selama mengeksplor tempat Wisata Cagar Budaya Rambut Monte di Kabupaten Blitar telah memberikan saya banyak pengalaman dan tentunya semakin bangga dan cinta terhadap INDONESIA karena disinilah keindahan dan pesona alam seakan tidak pernah habis. Eksplor tempat-tempat indah di berbagai daerah di INDONESIA merupakan salah satu cara untuk mencintai negeri ini.

SALAM SEMANGAT
SALAM CINTA
SALAM INDONESIA


EmoticonEmoticon