Menelusuri Hutan Tak Berpenghuni di Pulau Benteng Lodewijk Mengare Gresik

Menelusuri sebuah tempat yang tidak berpenghuni memang menjadi sensasi kegiatan travelling yang menarik ketika kita ingin mengeksplor suatu daerah yang baru kita kenal. Penelusuran kali ini tetuju pada suatu daerah pesisir di Kabupaten Gresik tepatnya di Pulau Benteng Lodewijk Desa Mengare.
Desa Mengare termasuk bagian dari Kecamatan Bungah dan terletak 5 Km dari arah Jalur Pantura. Jalan untuk menuju ke Desa Mengare berupa jalanan paving. Sepanjang perjalanan menuju ke tempat ini kita akan melihat tempat peternakan ikan atau tambak yang seakan-akan tidak ada habisnya. 
pulau benteng lodewijk
Pulau Benteng Lodewijk
Sesampainya di Desa Mengare kita harus melanjutkan perjalanan dengan mengunakan perahu nelayan. Hal ini ─Ćikarenakan keberadaan pulau yang jauh dari pemukiman sehingga jalan satu-satunya adalah melalui jalur laut. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 20 Menit untuk sampai di pulau benteng Lodewijk.

Baca Juga:

pulau benteng lodewijk
Pulau Benteng Lodewijk
Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni di kawasan Benteng Lodewijk. Di kawasan Benteng Lodewijk kami menelusuri sisi lain dari tempat ini. Sisi lain tersebut adalah kawasan hutan yang masih sangat alami. 
pulau benteng lodewijk
Pulau Benteng Lodewijk
pulau benteng lodewijk
Pulau Benteng Lodewijk
Selama menyusuri hutan kita hanya menemukan beberapa jejak pejalan kaki yang berada di sekitar bibir pantai. Semakin kedalam memasuki area hutan, kita tidak akan menemukan jejak pejalan kaki sama sekali. Sehingga kita harus menentukan dan membuat jalur kita sendiri agar bisa meneruskan perjalanan menyusuri hutan ini.

Di dalam area hutan kita disambut dengan kerumunan kera-kera liar yang berada di kejauhan. Kera-kera tersebut seakan terganggu dengan kehadiran kita dan lebih memilih untuk pergi menjauh. Keindahan pulau benteng lodewijk yang tersembunyi di balik lebatnya tumbuh-tumbuhan akhirnya perlahan mulai menampakkkan wujudnya.
pulau benteng lodewijk
Pulau Benteng Lodewijk
pulau benteng lodewijk
Pulau Benteng Lodewijk
Keindahan itu terbentuk dengan adanya pohon besar yang berada di antara beberapa pohon-pohon kecil yang menjuntai tinggi ke atas langit. View yang kita dapat tentunya tidak akan disiasiakan. Untuk itu selama berada di area hutan kita mengabadikan setiap moment keindahan hutan pulau benteng yang tidak berpenghuni ini.
pulau benteng lodewijk
Pulau Benteng Lodewijk

Puas menyusuri keindahan hutan di pulau benteng lodewijk kita memutuskan untuk menuju ke daerah pesisir pantai agar lebih mudah untuk menuju dimana kapal kita bersandar. Perjalanan menuju ke pesisir pantai medan yang kita lalui berubah menjadi lumpur yang sudah mengering dengan tumbuhan bakau disekelilingnya.

Keanekaragaman tumbuhan dan satwa asli penghuni pulau benteng lodewijk merupakan potensi alam yang harus tetap kita jaga kelestariannya. Penelusuran hutan tak berpenghuni ini menjadi kegiatan travelling yang dapat kita lakukan jika mengunjungi Pulau Benteng Lodewijk.


EmoticonEmoticon