Keindahan Struktur Daerah Galian Tambang Gunung Kapur Sekapuk


gunung kapur sekapuk
Bukit Kapuk Sekapuk
Gresik sebagai daerah yang terkenal dengan sebutan kota dengan seribu Dump Trucknya bukan tanpa sebab. Hal ini dikarenakan besarnya aktivitas galian tambang yang tersebar di beberapa tempat di kabupaten Gresik. Banyaknya aktivitas galian C yang dilakukan besar-besaran mengakibatkan setiap daerah galian tambang yang masih aktif maupun tidak aktif meninggalkan sisa galian dengan kedalaman yang bervariasi dengan kerusakan lingkungan yang cukup parah.
Salah satu daerah yang menjadi tempat aktivitas penambangan adalah di daerah sebelah utara Kabupaten Gresik. Daerah tersebut adalah Gunung Kapur Sekapuk di Kecamatan Ujung Pangkah. Untuk menuju ke tempat tersebut dapat kalian ikuti rute dibawah ini.

Rute:

Dari arah Timur,
Kota Gresik - Arah Jalur Pantura Lamongan - Ujung Pangkah - Desa Sekapuk - Gunung Kapur Sekapuk


Dari arah Barat,
Lamongan - Paciran - Arah Jalur Pantura Gresik - Ujung Pangkah - Desa Sekapuk - Gunung Kapur Sekapuk

Menuju ke tempat ini sangatlah mudah, karena jika melalui jalur pantura kita akan melihat sebuah gunung yang berlubang kotak-kotak dari kejauhan. Mendekati lokasi daerah tambang fokuskan penglihatan kalian untuk tidak melewatkan gapura Desa Sekapuk. Karena jalan inilah yang paling mudah untuk cepat sampai ke lokasi yang dimaksud. Memasuki gerbang ini kita akan bertemu dengan banyaknya truck yang melewati jalan ini. Kondisi jalan untuk menuju ke tempat galian tidak begitu bagus. Jika mengunjungi tempat ini menggunakan kendaraan roda dua disarankan untuk memakai masker, karena polusi debu yang akan kita temui di sepanjang jalan.
Memasuki daerah tambang banyak truk-truk yang antri untuk memasuki kawasan ini. Untuk itu jika ingin mengunjungi tempat ini sebaiknya datanglah disaat aktivitas penambangan selesai yaitu jam 4 sore. Dengan memasuki daerah tambang pada sore hari, kita tidak akan menemui truk-truk yang beroperasi di tempat ini. Penutupan daerah tambang hanya berlaku bagi kendaraan berat saja, tetapi untuk penambang lainnya seperti pembuatan batu kapur masih tetap beroperasi.

gunung kapur sekapuk
Gunung Kapur Sekapuk
Kondisi jalan di daerah penambangan sangat tidak bersahabat, sehingga kita harus lebih waspada karena di kanan kiri terdapat lubang-lubang besar dengan kedalaman diatas 100 m lebih. Disetiap sudut kita akan melihat dua aktivitas penambangan yang terdiri dari aktivitas galian C dan aktivitas pembuatan batu kapur/batu bata putih.

gunung kapur sekapuk
Gunung Kapur Sekapuk
gunung kapur sekapuk
Gunung Kapur Sekapuk
gunung kapur sekapuk
Gunung Kapur Sekapuk
Bekas aktivitas galian C di daerah ini ada yang sudah tidak aktif dan ada juga yang masih dilakukan pengerukan walaupun kedalaman dari galian tersebut sudah di atas 100 m lebih. Kedalaman lubang galian yang sangat dalam membentuk tebing-tebing yang sangat curam dengan beberapa bukit yang masih menjulang tinggi.
gunung kapur sekapuk
Gunung Kapur Sekapuk
Lubang kotak-kotak yang menembus perut gunung adalah tempat dimana para penambang untuk membuat batu bata kapur berbagai ukuran. Setiap lubang yang ada pasti terdapat para penambang yang sedang melakukan aktivitas penambangan. Penambangan batu kapur di tempat ini kebanyakan di dominasi oleh panambang yang tanpa menggunakan mesin. Mereka menggunakan gergaji untuk membentuk batu kapur tersebut.
gunung kapur sekapuk
Gunung Kapur Sekapuk
Pemandangan alam gunung kapur dari kejauhan sangatlah indah dan seakan akan tempat ini seperti sebuah kota kuno dengan beberapa lubang yang terlihat menembus gunung. Dengan adanya lubang-lubang di dalam gunung maupun galian tambang yang sudah tertutup oleh tumbuhan semakin menambah keindahan tempat ini.
gunung kapur sekapuk
Gunung Kapur Sekapuk
Keindahan alam yang ditimbulkan akibat proses alam membuat tempat ini menjadi fenomena alam yang membuat orang penasaran untuk melihat langsung tempat ini. 



EmoticonEmoticon