Bangunan Sejarah Bendungan Rolak Songo Mojokerto


rolak songo mojokerto
Rolak Songo Mojokerto
Masyarakat Mojokerto mungkin tidak asing dengan tempat ini. Tempat yang dijadikan untuk menampung debit air yang mengalir di sungai terbesar dan terpanjang di Jawa Timur. Tempat ini adalah Bendungan Rolak Songo. Untuk menuju tempat ini kita hanya perlu menyusuri Sungai Brantas dari sisi sebelah selatan. Jika dari arah Mojokerto kalian bisa mengikuti rute sebagai berikut.

jalur rolak songo mojokerto
Jalur Menuju Rolak Songo Mojokerto
Rute:
Mojokerto - Jln Gajah Mada - menyusuri tepi sungai brantas Jln Mayjen Sungkono - Rolak Songo

Bendungan ini terletak di Desa Lengkong Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto. Jarak antara pusat Kota Mojokerto menuju Rolak Songo tidak begitu jauh sekitar 4,8 Km dengan memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk sampai di tempat tujuan. 
Bendungan Rolak Songo atau dalam bahasa indonesia berarti sebuah bendungan yang memiliki sembilan bangunan yang berguna sebagai penggerak pintu air. Bendungan ini memiliki nilai historis dikarenakan berdiri sejak tahun 1857 pada zaman penjajahan Belanda. Dasar utama pembangunan bendungan ini adalah untuk mengatur debit air agar dapat mengaliri kanal Magetan yang digunakan untuk mengairi persawahan di daerah Kabupaten Sidoarjo.

Lihat juga wisata lain di Mojokerto:

- 7 Lokasi Wisata Pacet yang Paling Hits
- Maha Vihara, Patung Budha Tidur Terbesar di Indonesia
- Candi Brahu
- Gapuro Wringin Lawang
- Candi Tikus
- Kolam Segaran
- Pendopo Agung Trowulan
- Candi Bajang Ratu
- Museum Mojopahit



Selain fungsi tersebut, bendungan Rolak Songo juga digunakan untuk mengatur ketinggian air di anak sungai brantas yaitu kali mas yang berada di Surabaya dan kali porong yang berada di Sidoarjo. Dengan adanya bendungan ini aliran air yang menuju ke dua sungai tersebut dapat terkendali sehingga bisa mengurangi terjadinya banjir.
rolak songo mojokerto
Rolak Songo Mojokerto
Seiring berjalannya waktu, bendungan Rolak Songo kini menjadi tempat untuk berkumpul untuk sekedar jalan-jalan ataupun menikmati keindahan yang ada di bendungan Rolak Songo ini. Di sebelah selatan bendungan merupakan daerah Kabupaten Mojokerto sedangkan di sebelah utara masuk kedalam daerah Kabupaten Sidoarjo.

Baca Juga:

rolak songo mojokerto
Rolak Songo Mojokerto
rolak songo mojokerto
Rolak Songo Mojokerto
Dikedua sisi bendungan ini terdapat banyak orang yang berjualan aneka makanan dan minuman. Untuk mengunjungi tempat ini sebaiknya pada sore hari karena pada waktu tersebut banyak orang yang lalu lalang melewati tempat ini. Pada waktu bulan puasa tempat ini lebih ramai lagi. Moment menunggu datanganya buka puasa atau ngabuburit merupakan moment yang paling pas jika kita mengunjungi tempat ini. 

3 komentar

Nanya min..apakah di museum rolak songo ada peningalan bersejarah? Seperti di museum mojopahit (PIM) terimakasih

Nanya min..apakah di museum rolak songo ada peningalan bersejarah? Seperti di museum mojopahit (PIM) terimakasih

@agus setiyo: Di museumm rolak songo lebih spesifik bang, beda dengan museum mojopahit yang sangat lengkap koleksinya dan bersifat universal. Museum rolak lebih menekankan pada dokumen tentang Rolak Songo itu sendiri. Terima kasih


EmoticonEmoticon