Bukti Sejarah Kolam Segaran pada Masa Kerajaan Majapahit

kolam segaran
Kolam Segaran

Kolam segaran yang terdapat di daerah Trowulan adalah kolam peninggalan sejarah terluas yang pernah ditemukan di Indonesia. Dimensi ukuran bangunannya memiliki ketebalan kolam sekitar 1,6 meter dengan kedalaman 2,88 meter. Sedangkan untuk panjang kolam sekitar 375 meter dan lebar 175 meter. Luas keseluruhan dari kolam ini kurang lebih 6,5 hektar.

Kolam Segaran
Nama Kolam Segaran berasal dari kata Segoro dalam bahasa jawa yang berarti adalah laut. Mungkin jika ditafsirkan dari nama tempat tersebut maka tempat ini kemungkinan besar adalah miniatur dari laut. Hal ini terlihat dari luas kolam yang tidak seperti ukuran kolam pada umumnya.


Kolam Segaran sebagai bukti peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit dipercaya dahulu digunakan sebagai tempat menjamu tamu-tamu kerajaan dan untuk tempat latihan para prajurit kerjaan.

kolam segaran
Kolam Segaran
Lokasi tempat Kolam Segaran terletak di kedukuhan Trowulan Desa Trowulan Kec. Trowulan, Mojokerto.

    

Untuk mengunjungi tempat ini tidaklah sulit karena letaknya yang hanya berjarak 500 meter ke arah selatan dari jalan utama Mojokerto-Jombang.
kolam segaran
Kolam Segaran

Posisi kolam yang berada tepat disebelah jalan raya menjadikan tempat ini ramai dikunjungi. Kebanyakan orang yang berkunjung kesana untuk sekedar rekreasi ataupun untuk memancing. Jika kita menelusuri tempat ini maka kita akan melihat struktur dinding bangunan yang sangat panjang dengan kelurusan tepi kolam yang sangat menakjubkan.

Bangunan peninggalan Kerajaan Majapahit ini adalah bukti dimana potensi destinasi wisata sejarah yang ada di Trowulan sangat besar.


EmoticonEmoticon