Unsur Mistis dan Keindahan Pantai Parangtritis

Kota Yogyakarta sebagai kota yang kental akan budayana membuat kota ini selalu dikunjungi wisatawan pada musim liburan atau hari-hari lainnya. Budaya dan keramahan warga sekitar menjadi magnet tersendiri untuk menarik para wisatawan. Suasana yang seperti ini menunjukkan bahwa tempat ini memang layak untuk dikunjungi. Budaya yang terdapat Kota Yogyakarta sangatlah kuat, hal ini terlihat masih banyaknya upacara-upacara adat yang digelar setiap tahunnya. Selain itu banyaknya tempat-tempat sejarah yang masih terpelihara dengan baik merupakan bukti bahwa Kota Yogyakarta kaya akan budayanya.

Budaya yang terkandung di Kota Yogyakarta menyebar ke seluruh pelosok daerah salah satunya adalah pantai yang paling terkenal di Kota Jogja yaitu Pantai Parangtritis. Lokasi pantai berada di Kecamatan Kretek sekitar 25 KM sebelah selatan Kota Yogyakarta. Pantai ini memiliki unsur mistis yang dipercaya masyarakat sekitar bahwa tempat ini merupakan pintu gerbang menuju Kerajaan Pantai Selatan. Kepercayaan ini masih terpelihara sampai sekarang dan berbagai pantangan yang ada masih dijalankan masyarakat sekitar. Salah satu pantangan yang sangat terkenal adalah pantangan menggunakan pakaian warna hijau. Pantangan ini sudah menyebar ke seluruh warga dan para wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut. Untuk itu jika kita berkunjung ke tempat tersebut maka kita jarang menemui bahkan tidak ada orang yang memakai pakaian yang berwarna hijau.

Pantai Parangtritis yang memiliki berbagai unsur mistis tersebut juga memiliki kelebihan keindahan dan pesona di sepanjang pantai. Hamparan pasir hitam yang sangat luas membuat tempat ini berbeda dari pantai-pantai lainnya. Selain hamparan pasir yang luas, kita juga disuguhkan dengan besarnya ombak yang tiada hentinya. Besarnya ombak yang ada dikarenakan letak pantai yang langsung menghadap ke Samudra Hindia. Sensasi hempasan ombak yang cukup kuat membuat kita harus lebih berhati-hati jika ingin menikmati dan sekedar main air di sekitar pantai. 


Ketinggian ombak yang tidak menentu mengharuskan kita untuk lebih waspada dan tidak terlalu jauh dari bibir pantai. Kekuatan yang dihasilkan ombak di Pantai Parangtritis sangat tidak disarankankan untuk tidak bermain-main lebih jauh ke laut. Batas area untuk berenang yang sudah ada harus kita perhatikan agar hal yang tidak diinginkan terjadi.

Selain sensasi gulungan ombak yang ada di Pantai Parangtritis, keindahan pantai juga dapat kita nikmati di sekitar pantai yang dikelilingi oleh bukit-bukit. Sedangkan untuk pesona sunrise maupun sunset yang ada di pantai ini juga tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya yang ada di pulau jawa.

Pantai Parangtritis dengan segala keistimewaannya menjadikan objek wisata ini masih diminati di tengah persaingan dan perkembangan wisata pantai lainnya yang cukup cepat. Unsur mistis dan keindahan yang ada di pantai ini merupakan aset utama yang dapat terus untuk menarik pengunjung untuk terus menjadikan tempat ini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata para wisatawan. Tentunya dengan semakin berkembangnya pariwisata yang berkaitan dengan eksplorasi keindahan lautnya dapat membuat kita lebih peduli, dijaga, dan dipelihara agar nantinya dapat terus kita nikmati.





EmoticonEmoticon