Tantangan menuju Air Terjun Sedudo

Perjalanan di Kab. Nganjuk kali ini tertuju pada pesona dan mitos dari air terjun Sedudo. Air terjun yang terletak di kaki Gunung Wilis memiliki beberapa keindahan yang ditawarkan. Keindahan yang ditawarkan dapat anda jumpai pada musim-musim tertentu saja. Beberapa keindahan itu mencakup suasana daerah, kejernihan air, dan kegiatan lain yang di daerah tersebut yang berbau mistis.

Lokasi air terjun Sedudo yang berada di desa Ngliman Kec. Sawahan Kab. Nganjuk dan berjarak sekitar 30 KM dari Pendopo kabupaten menjadikan tempat ini tujuan wisata yang wajib untuk anda kunjungi jika berkunjung ke Kab. Nganjuk. Untuk menempuh perjalanan kesana hanya dibutuhkan waktu tidak lebih dari satu jam perjalanan dari pusat Kota Nganjuk. Jalan yang dilalui tidaklah berbeda dari jalan-jalan yang ada di daerah pegunungan. Jalan yang berbelok-belok dan beberapa tanjakan akan menemani selama perjalanan anda menuju ke tempat wisata tersebut. Di perjalanan terakhir menuju tempat parkir wisata kita akan menjumpai tanjakan ekstrim yang memiliki kemiringan hampir 30°. Tidak jarang banyak kendaraan yang tidak sanggup untuk melewati jalur tersebut.


air terjun sedudo
Air Terjun Sedudo
Perjalanan yang dilalui untuk sampai di tempat parkir wisata ternyata belum sepenuhnya menyelesaikan perjalanan yang kita tempuh. Sesamjpainya di tempat parkir kita harus melanjutkan perjalanan lagi sekitar 1 KM untuk menuju ke air terjun tersebut. Untuk menuju tempat tersebut bisa kita lewati dengan jalan kaki atau memanfaatkan transportasi yang sudah disediakan oleh pengelola wisata. Rankaian perjalanan tadi masih kita tempuh lagi dengan menuruni anak tangga yang lumayan jauh untuk menuju wisata air terjun. Lelah dan banyaknya sensasi yang kita lewati akan hilang seketika saat kita melihat indahnya air terjun yang paling terkenal di daerah Nganjuk yaitu Air terjun Sedudo.
air terjun sedudo, nganjuk

Suasana di lokasi wisata air terjun tidaklah sesejuk di daerah-daerah pegunungan lainnya. Hal ini dikarenakan ketinggian daerah tersebut yang berada sekitar 1438 di atas permukaan permukaan laut. Ketinggian air terjun yang berkisar 105 meter dan volume air yang tidak begitu besar membuat deburan dan suaranya tidak begitu terdengar dari kejauhan. Tetapi suasana khas daerah pegunungan yang disertai keberagaman hayatinya masih bisa kita temui di tempat ini. Pihak pengelola daerah wisata dan sarana dan fasilitas yang disediakan sudah terbilang sangat lengkap. Aneka kerajinan dan makanan khas daerah Nganjuk juga bisa kita jumpai di wisata tersebut.

Pesona Air Terjun Sedudo yang kita jumpai tidaklah mengherankan jika pemerintah setempat sangat mengandalkan wisata ini. Kemudahan akses dan fasilitas yang ada di wisata tersebut menjadi salah satu bukti tempat ini memang layak dan harus kita kunjungi saat berada di Kota Nganjuk.