Makam Islam Tertua "Siti Fatimah Binti Maimun"

Bukti sejarah penyebaran Agama Islam di Nusantara memiliki nilai yang sejarah yang sangat berharga. Bukti penyabaran Agama Islam bisa berbentuk bangunan, prasasti ataupun kitab-kitab kuno yang masih ada sampai sekarang. Bangunan peninggalan Agama Islam yang sering kita temui adalah bangunan tempat pemakaman yang strukturnya seperti bangunan di timur tengah ataupun daerah lain yang di bawa dari luar.
Peninggalan sejarah tertua yang ada di nusantara konon ditemukan di daerah Gresik. Peninggalan tersebut adalah batu nisan yang ditulis dengan bahasa Arab dengan huruf kaligrafi yang terdapat di area pemakaman Siti Fatimah binti Maimun. Bentuk tulisan tersebut bergaya kufi dan dipercaya sebagai nisan kubur Agama Islam tertua yang telah ditemukan. Siti Fatimah binti Maimun bin Hibatullah adalah seorang perempuan yang beragama Islam. Beliau wafat pada hari jumat, 7 Rajab 475 Hijriyah yaitu sekitar tanggal 2 Desember 1082 Masehi. 


Makam Siti Fatimah Binti Maimun

Struktur bangunan makam berbentuk cungkup persegi empat dan untuk bagian dindingnya terbuat dari batu putih kuno. Konon tempat ini dibangun oleh Raja Majapahit, sehingga struktur bangunan dan bentuk pagar serta gerbang pintu pagar sangat menyerupai dengan bentuk candi. 

Makam Fatimah binti Maimun berada di Desa Leran Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Untuk menuju lokasi tersebut tidak jauh sekitar 50 m dari jalan raya Deandles. Walaupun usia bangunan yang sangat tua, struktur bangunan tidak mengalami banyak perubahan dan masih berdiri kokoh hingga sekarang. Sebagai bukti peninggalan sejarah penyebaran Agama Islam tertua di nusantara maka bangunan ini harus terus dipelihara dan dijaga kelestariannya.