SEGERR Menu Takjil Asam Manis ES TIMUN SERUT (Minuman Khas Aceh)

Memasuki bulan Ramadhan tentunya kita tidak akan lepas dengan yang namanya takjil untuk berbuka puasa. Sebenarnya ada banyak menu takjil yang bisa dijadikan referensi untuk menu berbuka puasa. Salah satunya adalah minuman khas yang bersal dari Aceh yakni Es Timun Serut.

Menu Es Timun Serut sangat menyegarkan karena adanya tambahan jeruk nipis dan selasih didalamnya. Bahan dari Es Timun Serut tidak lain adalah Timun atau Mentimun. Minuman buka puasa ini memang sangat segar dan ada sensasi dingin saat menggigit butir-butir serutan timun yang bercampur dengan asamnya perasan jeruk nipis.

Minuman menu takjil buka puasa Es Timun Serut di daerah asalnya yakni Aceh dikenal dengan nama "ie boh timun". Es timun Aceh sangat mudah ditemukan walaupun diluar Bulan Ramadhan.

cara membuat es timun serut tanpa sirup, SEGERR Menu Takjil Asam Manis ES TIMUN SERUT (Minuman Khas Aceh), es anti stres, es timun sprite, es timun serut selasih, es timun serut jeruk nipis selasih, resep es timun serut, minuman khas aceh, manfaat es timun, es mentimun nata de coco, resep es timun kerok, resep es timun jelly, es serut melon jeruk nipis, minuman takjil buka puasa, manfaat es timun jeruk nipis
Es Serut Timun Khas Aceh 》Credit by @de_siomay

Selain mudah di cari, Es Timun Serut juga murah meriah dan terjangkau sehingga banyak digemari masyarakat disana. Menu lainnya yang berbahan dasar mentimun memang sangat bervariasi mulai dari rujak buah, es buah, fruit cocktail, jua, kolak, puding, lalaban dan lain-lain.

Nahh makin penasaran kan bagaimana bentuk dan rasa dari minuman takjil yang satu ini?

Untuk menjawab rasa penassaran kalian, maka simak informasi berikut mengenai resep dan cara membuat es timun serut jeruk nipis selasih yang nyegerin.

Cara Membuat Es Timun Serut Khas Aceh

Sebelum memasuki tata pembuatan Es Timun Serut Khas Aceh, sebaiknya ketahui terlebih dahulu resep dan bahan-bahan yang diperlukan.

Untuk bisa membuat Es Timun Serut, kalian bisa menyiapkan beberapa bahan berikut ini:

Bahan-Bahan dan Resep Pembuatan Es Timun Serut:

- Mentimun 1 buah (cuci hingga bersih)
- Gula Pasir 3 sdm
- Air Putih Matang 300 ml
- Perasaan Jeruk Nipis 2 sdm
- Biji Selasih 1 sdt
- Es Batu secukupnya
Siapkan juga irisan jeruk nipis untuk menambah tampilan Es Timun Serut menjadi semakin segar dan menarik.

Cara Membuat Es Timun Serut Jeruk Nipis Selasih 

Setelah semua bahan ada maka langkah selanjutnya adalah proses pembuatan Es Timun Serut. Dan berikut adalah cara untuk membuat Es Timun Serut Jeruk Nipis Selasih yang menyegarkan:

cara membuat es timun serut tanpa sirup, SEGERR Menu Takjil Asam Manis ES TIMUN SERUT (Minuman Khas Aceh), minuman takjil buka puasa, es anti stres, es timun sprite, es timun serut selasih, es timun serut jeruk nipis selasih, resep es timun serut, minuman khas aceh, manfaat es timun, es mentimun nata de coco, resep es timun kerok, resep es timun jelly, es serut melon jeruk nipis, manfaat es timun jeruk nipis
Minuman Takjil Es Serut Timun Selasih 》Credit by @dhiahoddie

- Langkah pertama serut buah mentimun dan sisihkan
- Selanjutnya rendam biji selasih ke dalam air panas sampai mengembang dan tiriskan
- Ambil Jeruk Nipis untuk diperas dan diris tipis-tipis
- Larutkan Gula dalam wadah dengan memasakknya terlebih dahulu

Proses Mencampur Semua Bahan untuk 1 Gelas Es Serut Timun

Untuk bisa mendapatkan tampilan Es Serut Timun yang menyegarkan, kalian bisa mengikuti beberapa tahapan pencampuran berikut ini:

1. Siapkan Gelas 
2. Masukkan Gula Cair sebanyak 2-3 sdm
3. Masukkan serutan Timun 2-3 sdm
4. Masukkan perasan Jeruk Nipis 2 sdt
5. Masukkan Es secukupnya
6. Masukkan irisan Jeruk Nipis di sela-sela es
7. Masukkan Selasih 2-3 sdm
8. Masukkan Air matang secukupnya
Untuk mempercantik tampilan, kalian juga bisa menambahkan sirup melon agar warna Es Timun Serut semakin menyegarkan.

Setelah semua tahapan diatas diikuti maka Es Serut Timun Jeruk Nipis Selasih Khas Aceh siap untuk dihidangkan. Tampilan Es Serut Timun memang menggoda apalagi kalau dinikmati saat panas-panas dan waktu berbuka puasa pasti sangat menyegarkan.

Ohh iya sekedar info seputar Es Serut Timun. Minuman yang berasal dari daerah Aceh ini juga memiliki nama lain yakni Es Anti Stres. Hal ini tentunya dari manfaat yang terkandung dalam Mentimun yang bisa menurunkan tekanan darah. Untuk itulah minuman ini juga disebut sebagai minuman Es Anti Stress.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel