Wisata Kuliner Instagramable di Bandung "Chinatown ala Bandung"

Berkembangnya media sosial khususnya untuk tempat-tempat yang instagramable dan hits di daerah Bandung. Kini telah hadir tempat kuliner terbaru yang instagramable banget yang di Kota Bandung. Sebagai traveller yang mencari tempat-tempat hits seperti ini tentu tidak akan mau melewatkan tempat wisata kuliner yang satu ini yakni ChinaTown Bandung atau wisata perkampungan Cina.
Lokasi wisata kuliner china town atau perkampungan cina di bandung

Menurut sejarah ChinaTown atau kampung cina ini merupakan desa wisata yang menempati lahan bekas Gedung Perhimpunan Sosial Sosial Masyarakat Bandung. Untuk luasnya sendiri, kampung cina berdiri di areal seluas 3.000 m2. Lokasinya tidak jauh dengan tempat peribadahan umat Budha di Kota Bandung yaitu Vihara Setya Budhi.

Awal mula perubahan menjadi daerah ChinaTown dikarenakan tempat ini sejak dulu dikenal senagau kawasan Pecinaan (permukiman warga tionghoa) di Bandung. Dan berikut lokasi ChinaTown atau perkampungan cina jika dilihat dari Google Maps.

Lokasi wisata kuliner china town bandung

Peta Lokasi ChinaTown


Gunakan dua jari untuk menggerakkan peta
Hilton Bandung
Jalan HOS. Tjokroaminoto No.41-43
Arjuna
Cicendo
Kota Bandung, Jawa Barat 40171, Indonesia

Data peta ©2017 Google



Peta
Satelit

Mengingat banyaknya tempat-tempat menarik di Bandung memang tidak ada habisnya. Selain destinasi wisata kuliner seperti ChinaTown, Kota Bandung juga memiliki berbagai kawasan destinasi lainnya yang tersebar di kawasan wisata Lembang dan Maribaya, Wisata Ciwidey, Pangalegan, dan Bandung Utara Dago.

Seperti di kawasan wisata Lembang yang memiliki tempat wisata hits dan menarik yang terdiri dari wisata Farmhouse Susu Lembang, Floating Market, Dusun Bambu, Kampung Gajah, De Ranch dan lain-lain.

Sedangkan untuk wisata favorit yang ada di kawasan Ciwidey adalah Kawah Putih, Situ Patenggang, Ranca Upas, Cimanggu, Ciwalini, Ciwidey Valley Resort dan wisata menarik lainnya.

Itulah beberapa tempat menarik  di Bandung yang bisa kalian jadikan tujuan wisata di Kota Bandung.

Kembali ke topik utama yaitu wisata kuliner ChinaTown Bandung, tempat wisata hits ini mulai menjadi perbincangan netizen sejak bermunculan foto-foto hits dan instagramable perkampungan cina. Dengan banyaknya postingan tentang tempat ini bukan tidak mungkin kalau wisata ChinaTown selain menjadi tempat kuliner juga dijadikan tempat untuk berburu spot-spot menarik yang ada di sana.

Tempat wisata menarik di Bandung ini merupakan tempat yang tergolong masih fresh atau baru di Bandung. Tempat ini mulai diresmikan sebagai daerah tempat wisata ala perkampungan cina pada tanggal 4 Agustus 2017 lalu.

Sebagai tempat baru untuk nongkrong di kawasan Bandung, ChinaTown menjadi destinasi wisata unik yang kini bersaingan dengan tempat-tempat wisata kuliner lainnya yang ada di Kota Bandung.

Keunikan dari China Town Bandung


Memiliki desain dan konsep yang sedikit berbeda dengan tempat-tempat kuliner lainnya di Kota Bandung, China Town atau perkampungan cina ini mempunyai daya tarik tempat wisata kuliner yang menyuguhkan suasana khas desa tradisional di Negeri China. Konsepnya didesain sedetail mungkin menyerupai daerah pemukiman warga tionghoa pada zaman dulu.

Untuk semakin menonjolkan nuansa perkampungan cina maka tempat kuliner ChinaTown ini juga didesain dengan berbagai ornamen dan properti yang sengaja dibuat untuk membawa imajinasi semua pengunjungnya. Imajinasi ini akan memunculkan sensasi berada di sebuah tempat yang berbeda dengan suasana Kota Bandung pada umumnya.

Lokasi wisata kuliner china town atau perkampungan cina di bandung
Suasana China Town, Bandung 》Sumber: google search image/chinatown

Sedangkan untuk kedai-kedai tempat menjual makanan dan kuliner lainnya juga didesain menyerupai model bagunan orientalis khas cina. Selain itu tempat ini juga dihiasi lampion warna-warni serta properti lainnya yang semakin menambah keunikan dari ChinaTown ini.

Menu Kuliner ChinaTown Bandung

Menu-menu yang ditawarkan di kawasan ChinaTown ini sagatlah beragam, mulai dari kuliner tradisional Bandung sampai aneka masakan chinese food juga ada. Stand tempat menjual aneka kuliner di kawasan perkampungan cina ini terdiri dari kurang lebih 70 stand. Jadi tidak usah kuatir kalau kehabisan menu, bahkan bisa jadi kalian akan merasa kebingungan memilih menu mana yang akan dibeli.

Menu lainnya yang bisa dinikmati adalah menu-menu masakan nusantara bahkan western food juga tersedia. Produk-produk yang dijual di tempat kuliner ini merupakan berbagai produk usaha kecil yang ada di Kota Bandung.

Harga yang ditawarkan di kuliner ChinaTown ini sangatlah bervariasi namun untuk secara umum harga yang ditawarkan relatif terjangkau. Untuk itu maka tidak heran jika kawasan wisata kuliner di Bandung ini banyak dikungjungi wisatawan dari berbagai kalangan.

Harga Tiket Masuk Wisata Kuliner China Town, Bandung

Untuk bisa menikmati suasana ala kampung cina dibandung, Anda bisa masuk ke kawasan ini dengan membayar biaya tiket masuk.

Harga Tiket Masuk China Town di Jl Kelenteng No 41, Bandung.

  • Senin - Kamis (Weekday) : Rp 10.000 / orang
  • Jumat - Minggu / Libur     : Rp 20.000 / orang
Tarif tiket masuk di atas berlaku untuk semua wisatawan baik itu wisatawan domistik maupun luar negeri.

Jam Buka China Town

Untuk jam operasional wisata kuliner China Town buk setiap hari dari hari senin sampai hari minggu. Sedangkan untuk jam buka adalah sebagai berikut:

Jam buka wisata kuliner chna town bandung

Cara Menuju atau Rute ke China Town 

Bagi para traveller yang ingin menikmati kuliner dengan suasana khas perkampungan cina ini bisa mengaksesnya dari berbagai arah. Untuk moda transportasinya juga bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan kendaraan umum.

Untuk rute termudah menuju perkampungan cina adalah dengan melalui rute dari Jl Sudirman. Dari arah Alun-Alun Kota Bandung bisa mengambil arah lurus sampai ke perempatan Jl Cibadak, Jl Kelenteng dan Jl Sudirman. Sampai disini ambil arah kanan menuju Jl Kelenteng.

Rute berikutnya untuk menuju China Town bisa melalui  arah Cibadak. Dari sini ambil arah ke Jl Sudirman. 

Apabila kalian masih mengalami kesulitan untuk menuju ke tempat wisata kuliner China Town di Jl Kelenteng No 41 dengan mengakses GPS dengan lokasi tujuan China Town, Bandung. Selain itu kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi waze yang bisa kalian jadikan penunjuk arah ke lokasi tujuan.

2 komentar

china town di wisata bandung ini emang keren abis, cocok buat liburan akhir tahun. nice post


EmoticonEmoticon