Lokasi Wisata Telaga Biru Cigaru (Danau Cisoka) yang Hits

Wisata Telaga Biru Cigaru atau Danau Cisoka ini merupakan wisata baru yang ada di Tangerang. Wisata Telaga Biru Cisoka menjadi wisata yang hits dan instagramable di Kota Tangerang karena memiliki keindahan alam yang berbeda dari tempat wisata lainnya. Telaga Biru Cisoka sebenarnya bukan wisata alam melainkan wisata yang buatan yang berada di bekas galian tambang.

Bekas galian tambang ini sebelumnya adalah tempat tambang pasir yang sudah berhenti beroperasi sejak tahun 2015. Dari bekas galian inilah ditempat ini terdapat beberapa cekungan yang berubah menjadi sebuah telaga yang memiliki warna yang berbeda-beda dan sangat indah.

Lokasi telaga biru cigaru atau danau cisoka yang berada di tangerang banten dan tiket masuk ke telaga biru
Telaga Biru Cigaru (Danau Cisoka) 》Sumber foto: sportourism.id

Wisata Telaga Biru Cisoka ini memiliki banyak sebutan diantaranya adalah Telaga Biru Cigaru, Danau Biru Cigaru dan Danau Cisoka. Seperti pada informasi diatas bahwa Wisata Telaga Biru atau Danau Cisoka ini bukanlah danau alami melainkan galian pasir yang sudah lama tidak beroperasi.

Dan untuk mengenal lebih jauh dari informasi lengkap tentang Telaga Biru Cigaru atau Danau Cisoka, disini akan dijelaskan secara detail dari alamat Danau Cisoka, Tiket Masuk Wisata serta cara untuk menuju lokasi Wisata Telaga Biru Cigaru.

Alamat Wisata Telaga Biru (Danau Cisoka)


Lokasi Wisata Telaga Biru atau Danau Cisoka ini beralamat di Kampung Cigaru Desa Cisoka Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten. Alamat lengkap ini bisa kalian jadikan acuan ketika akan ke Wisata Telaga Biru (Danau Cisoka). 


Alternatif lain jika kalian ingin mencari alamat lokasi Wisata Telaga Biru Cisoka adalah dengan cara mengakses lokasinya di GPS atau Google Maps seperti pada alamat Danau Cisoka berikut ini.




Cara Menuju ke Lokasi Wisata Telaga Biru Cisoka

Setelah mengetahui alamat lokasinya yang berada di Kampung Cigaru, Desa Cisoka, Kec. Cisoka, Kab. Tangerang, Banten. maka pertanyaan berikutnya adalah

Bagaimana cara menuju ke alamat lokasi Wisata Telaga Biru Cisoka?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang banyak diajukan oleh para Traveller yang ingin Travelling ke Wisata Telaga Biru Cisoka. Sebenarnya untuk bisa sampai ke alamat lokasi Wisata Telaga Biru Cisoka kalian bisa menggunakan kendaraan massal seperti KRL jika kalian berangkat dari Kota Jakarta.

Baca Juga: 6 Tempat Hunting Foto Keren di Bogor


Kalian bisa naik KRL menuju jurusan Tanah Abang - Maja dan kemudian turun di Stasiun Tigaraksa, Tangerang Banten. Pada saat kalian sampai di Stasiun ini bisa melanjutkan perjalanan ke Telaga Biru dengan naik angkot ataupun ojek. Jika kalian memilih naik angkot maka kalian harus jalan kaki sekitar 300 meter dari Stasiun untuk bisa sampai ke pangkalan angkot. Ketika sampai disini kalian bisa naik angkot jurusan Adiyasa-Balaraja dan bilang untuk turun di pertigaan gang SMAN 08 Cisoka.

Sampai disini kalian bisa lanjutkan perjalanan dengan naik ojek atau berjalan kaki untuk menuju ke lokasi alamat Wisata Telaga Biru Cisoka. Ketika sampai di gerbang masuk Wisata Telaga Biru Cisoka, kalian harus jalan lagi sekitar 200 meter untuk bisa sampai di Telaga Biru yang indah dan Instagramable.

Tiket Masuk Telaga Biru Cisoka

Sebagai Wisata yang baru di Kota Tangerang, Telaga Biru Danau Cisoka ini ternyata tidak mengenakan tarif ketika ada pengunjung yang akan datang ke lokasi Wisata Telaga Biru di alamat kampung Cigaru, Cisoka.


Tiket Masuk : Gratis (free)

Jam Operasional : 07.00 - 18.00

Pengunjung hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua. Sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya parkir Rp 10.000. Jadi jangan berfikir lagi, jika kalian berdomisili di Kota Tangerang cobalah ke lokasi Wisata Telaga Biru yang hits dan Instagramable ini.

Keindahan Wisata Telaga Biru (Danau Cisoka)

Keindahan dari Wisata Telaga Biru atau Danau Cisoka ini terletak pada warna airnya yang sangat jenih dan berwarna biru. Meskipun dari air Telaga Biru ini dominan berwarna biru, ternyata hal ini tidak selalu seperti itu karena air Danau Cisoka bisa berubah-ubah dari warna kekuningan hingga berubah menjadi warna jernih atau tak berwarna.

Lokasi telaga biru cigaru atau danau cisoka yang berada di tangerang banten dan tiket masuk ke telaga biru
Telaga Biru Cigaru (Danau Cisoka) 》Sumber foto: instagram.com/heafsynashki

Di area Wisata Telaga Biru terdapat beberapa spot foto yang Instagramable banget. Ketika kalian memasuki area Wisata Telaga Biru (Danau Cisoka) nantinya akan terlihat dua telaga yang berada di sebelah kanan dari arah pintu masuk yang memiliki warna biru dengan background tebing pasir yang berwarna putih bekas galian tambang pasir.

Selain dua telaga tersebut ternyata masih terdapat telaga lainnya yang berwarna biru. Dan telaga lainnya lagi yang berada di sebelah kiri berbeda lagi karena memiliki warna yang tidak sama yaitu berwarna hijau. Warna air di telaga yang dominan warna hijau ini lebih luas dari telaga lainnya yang berada di lokasi Wisata Telaga Biru Cisoka. Selain itu pada telaga yang berwarna hijau ini memiliki backgroud pepohonan hijau yang semakin menambah keindahan telaga tersebut.

Dengan keindahan alam seperti maka tidak heran kalau tempat Wisata Telaga Biru Cisoka sangat cocok untuk dijadikan lokasi proses dokumentasi foto-foto prawedding karena memiliki spot-spot yang sangat indah dan instagramable.

Lokasi telaga biru cigaru atau danau cisoka yang berada di tangerang banten dan tiket masuk ke telaga biru
Telaga Biru Cigaru (Danau Cisoka) 》Sumber foto: bantenwisata.com

Lokasi telaga biru cigaru atau danau cisoka yang berada di tangerang banten dan tiket masuk ke telaga biru
Telaga Biru Cigaru (Danau Cisoka) 》Sumber foto: bantenwisata.com

Seperti pada informasi sebelumnya bahwa warna air telaga tidak selamanya berwarna biru. Hal ini terjadi dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhi warna air yang ada di telaga tersebut.

Salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan warna di telaga biru adalah terletak pada tingkat keasaman dari air tersebut. Selain tingkat keasaman, faktor lainnya yang mempengaruhi adalah keberadaan dari alga ganggang yang disana. Keberadaan alga tersebut bisa berubah warna saat terkena sinar matahari langsung.

Dengan tingkat keasaman yang tinggi maka setiap pengunjung dilarang untung berenang di lokasi Telaga Biru untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Namun jika kalian ingin menjelajahi setiap sudut di Wisata Telaga Biru Cisoka bisa juga dengan menyewa perahu yang disediakan oleh pihak pengelola.

Untuk harga sewa dari perahu tersebut tidaklah mahal, karena hanya dengan Rp 20.000 kalian sudah bisa mengelilinga setiap sudut Telaga Biru Cisoka dan mendapatkan spot-spot foto yang hits dan instagramable.

Dari berbagai infromasi tentang Wisata Telaga Biru atau Danau Cisoka diatas maka kalian bisa mulai merencanakan liburan untuk berwisata ke Danau Cisoka dan menikmati setiap keindahan yang ditawarkan disana.

2 comments

apakah di sini kita boleh camping, Min?

Sepertinya belum bisa karena tempat ini sudah ditutup untuk umum pada pukul 18.00, hal ini mengingat daerah ini merupakan area bekas tambang. Jadi dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan

Terima kasih


EmoticonEmoticon