Langkah Cara Memasang Iklan Google Adsense di Travel Blogger

Sebagai seorang Travel Blogger pemasangan iklan Google Adsense merupakan suatu keharusan. Karena iklan dari Google Adsense nantinya bisa mendatangkan uang. Pemasangan iklan Google Adsense secara tidak langsung akan menjadi sumber penghasilan tambahan dan dapat menunjang kegiatan travelling yang kita lakukan. Menurut saya Google Adsense memang menjadi partner yang paling mengerti kebutuhan dari para blogger. Jadi bagi para travel blogger atau blogger lainnya yang masih belum mengetahui tentang produk Google Adsense sebaiknya cari referensi tentang cara pemasangan iklan Google Adsense atau juga bisa melihatnya disini.
Cara memasang google adsense di blog dan mendapatkan uang

Apa itu Google Adsense?
     Sebelumnya kita harus tahu apa itu Google Adsense? Menurut dari berbagai sumber bahwa Google Adsense adalah bentuk kerjasama periklanan melalui dunia maya atau internet dan akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang ada di website kita. Jadi bahasa sederhananya adalah kita mendapatkan uang dari iklan yang ada di website kita melalui Google Adsense.

Dari pengetahuan sekilas tentang Google Adsense tersebut sekarang ke topik utama untuk mengetahui bagaimana cara memasang iklan Google Adsense di Travel Blog kita.

"Sebagai catatan cara pemasangan ini dapat juga di aplikasikan ke blog-blog lainnya"



Cara Memasang Iklan Google Adsense

Untuk bisa memasang Iklan Google Adsense ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Dengan mengikuti langkah-langkah memasang Iklan Google Adsense ini kalian nantinya akan bisa mengaktifkan pemasangan Iklan di blogger kita. Dan mulai kita mengikuti langkahnya satu persatu.


Langkah pertama persiapkan blog

     Sebelum memasang iklan dari Google Adsense di travel blog adalah dengan mempersiapkan blog kita terlebih dahulu. Untuk persiapannya setidakanya kita harus memiliki blog yang usianya lebih dari 6 bulan, lebih lama lebih baik. Persiapan blog ini harus juga dibarengi dengan postingan artikel yang secara berkala agar nantinya pihak dari Google Adsense akan mempermudah pendaftarannya. Apapun kontennya kita harus fokus untuk menulis terlabih dahulu dan diwajibkan untuk membuat konten yang original agar dilirik oleh pihak Google Adsense.

Google Adsense sebagai pihak yang menyediakan iklan akan sangat mendukung blog-blog yang memiliki konten original dan berkualitas, jadi apabila masih menjadi pemain baru sebaiknya membuat konten yang original terlebih dahulu dan nantinya untuk kualitasnya akan meningkat dengan sendirinya.


Langkah kedua memunculkan menu earnings (Penghasilan) di dasbor Blogger

     Sebagai pemain baru di dunia blogger tentunya ketika mendaftar di blogger akan bertanya-tanya, mengapa di blog tidak muncul menu Earnings (Penghasilan)? Jangan bingung apabila menu Earnings tidak ada, karena dulu saya juga seperti itu. Namun melihat beberapa referensi di internet akhirnya bisa juga untuk memunculkan menu earning tersebut dan bisa menautkannya ke iklan Google Adsense yang pada akhirnya pemasangan iklan akan bisa dilakukan. Jadi untuk memunculkan menu earnings tersebut kalian harus merubah bahasanya menjadi bahasa Inggris atau bisa mengikuti langkah yang saya rangkum ini.

- Masuk ke akun Blogger dan klik "Setelan"
       Pertama masuk ke akun blogger kita dan ganti bahasanya lewat menu "Setelan" yang ada di bawah menu Tema. Sebagai informasi bahwa alasan untuk muncul menu Earnings (Penghasilan) di travel blog kita adalah untuk menautkannya dengan Google Adsense sehingga nantinya travel blog yang kita kelola akan terpasang iklan.

Cara memasang iklan google adsense yang menghasilkan uang
Menu Blogger untuk menautkan iklan Google Adsense
- Mengganti "Bahasa dan Pemformatan" menjadi bahasa Inggris
    Setelah masuk ke menu setelan kemudian klik "Bahasa dan pemformatan" yang sebelumnya menggunakan Bahasa Indonesia dirubah menjadi bahasa "Inggris (Amerika Serikat) - English (United States). Kalian bisa merubahnya dengan dengan mengklik Bahasa kemudian pilih bahasa Inggris dan klik "Yes". Penggantian bahasa ini akan merubah menu-menu yang ada di dasbor blog kita dan hal ini akan berpengaruh untuk pemasangan Iklan Google Adsense nantinya.

Cara memasang iklan google adsense yang menghasilkan uang
Menu Blogger untuk menautkan Iklan Google Adsense
- Mengganti bahasa di menu "Setelan Pengguna"
     Langkah selanjutnya sebelum menautkan blog ke Iklan Google Adsense pilih menu "Setelan pengguna" dan seperti diatas ganti bahasanya menjadi Inggris (Amerika Serikat) - English ( United States). Setelah dirubah bahasanya maka menu Earnings (Penghasilan) sudah muncul di Dasbor Blogger kalian.

Cara memasang iklan google adsense yang menghasilkan uang
Menu Blogger untuk menautkan Iklan Google Adsense
Dan akhirnya menu Earnings (Penghasilan) sudah muncul di Dasbor seperti ini. Dengan munculnya menu Earnings (Penghasilan) maka travel blog kita sudah bisa ditautkan dengan Google Adsense.

Cara memasang iklan google adsense yang menghasilkan uang
Menu Blogger untuk menautkan Iklan Google Adsense
Melalui cara diatas setidaknya kita mengetahui langkah awal untuk cara memasang iklan adsense di blog dan nantinya dapat menghasilkan uang dari blog kita sendiri. Cara memasang iklan Google Adsense di Travel Blog ini merupakan tahap awal dan masih ada beberapa langkah lagi agar pihak dari Google Adsense menerima blog kita sebagai publiser iklan.

Setelah berhasil menampilkan menu Earnings (Penghasilan) maka langkah selanjutnya adalah memasang Gadget Adsense di travel blog kita.

Note:
Untuk bisa mengaktifkan Gadget Adsense ini blog kita harus terdaftar di Google Adsense.


Langkah Ketiga Memasang Gadget Adsense di Blogger

Sebagai pemaksimalan pemasangan Iklan Google Adsense di travel blog kita maka kalian bisa memasang Gadget Adsense tanpa harus repot-repot copy script iklannya. Namun seperti catatan sebelumnya kalau Gadget ini akan aktif apabila blog sudah terdaftar di akun Google Adsense. Jadi langkah pemasangan Iklan Google Adsense ini digunakan untuk membantu travel blog yang sudah terdaftar agar bisa memaksimalkan pendapatannya dari blogger melalui Iklan Google Adsense.

- Klik Menu "Tata Letak" di Dasbor Blogger
Langkah pertama untuk memasang Gadget Adsense di blog bisa dilakukan dengan klik terlebih dahulu menu "Tata Letak" yang ada di dasbor blogger. Fungsi dari menu "Tata Letak" adalah mengatur semua letak gadget, postingan dan lain sebagainya.

Langkah Cara Memasang Iklan Google Adsense di Travel Blogger
Cara Memasang Gadget Adsense

- Pilih Tambahkan Gadget
Langkah selanjutnya untuk memasang Iklan Google Adsense adalah dengan menambahkan gadget di blogger kita. Penambahan gadget ini bisa dilakukan dengan klik "Tambahkan Gadget" dan untuk peletakan gadgetnya terserah kita. Posisikan Gadget Adsense yang pantas dan tidak mengganggu jika nanti sudah terpasang. Pokoknya sesuaikan dengan selera.

Langkah Cara Memasang Iklan Google Adsense di Travel Blogger
Cara Memasang Gadget Adsense

- Tambahkan Gadget Adsense
Kemudian kita tambahkan gadget dan cari Gadget Adsense. Jika sudah menemukan Gadget Adsense maka langsung saja klik lambang + yang ada di sebelah gedget.

Langkah Cara Memasang Iklan Google Adsense di Travel Blogger
Cara Memasang Gadget Adsense

- Sesuaikan Ukuran dan Bentuk dari Iklan Google Adsense
Selanjutnya kita bisa mengatur ukuran dan bentuknya di menu "Format". Pilihlah dengan menyesuaikan letak Gadget Adsense kita karena untuk format ini akan bekerja maksimal apabila disesuaikan dengan dimana kita meletakkan gadgetnya.
Dan setelah menemukan format yang tepat, kalian juga bisa mengganti warnanya sesuai dengan selera kita. Terus lakukan eksperimen di Gadget Iklan Google Adsense agar nantinya menemukan yang sesuai dengan harapan kita.

Langkah Cara Memasang Iklan Google Adsense di Travel Blogger
Cara Memasang Gadget Adsense

- Langkah terakhir klik "Simpan"
Sebagai langkah penutupan untuk cara pemasangan Gadget Adsense adalah klik "Simpan" agar nanti Gadget Adsense yang kita inginkan bisa terpasang di blog. Jika menginginkan menambahkan Gadget Adsense lagi maka bisa mengikuti langkah-langkah yang sama seperti tadi.

Dan untuk informasi jangan sampai meletakkan terlalu banyak Gadget Adsense dengan harapan mendapatkan klik yang lebih banyak. Hal itu salah besar karena nantinya hal tersebut akan berdampak pada menurunnya pengunjung blok kita karena pemasangan gadget yang belebihan membuat pembaca kita merasa terganggu dan tidak akan kembali lagi ke blog kita. Dan ujung-ujungnya traffic menjadi turun. Jadi sebaiknya kita memasang gadget di blogger sewajarnya saja jangan sampai berlebihan.


EmoticonEmoticon