Perjuangan Panjang Menuju Air Terjun Coban Rais Malang

Kota Batu Malang, kota dengan sejuta wisatanya ini benar-benar tidak pernah habis tempat wisatanya. Semakin hari semakin banyak pula bermunculan wisata-wisata baru yang memiliki spot-spot kekinian. Spot kekinian akhir-akhir ini populer background alam pegunungan dengan tambahan sarana dan prasarana penunjang seperti ayunan, rumah kayu, garden dan masih banyak lainnya. Berbicara tentang spot-spot yang kekinian tersebut, tempat wisata alam Air Terjun Coban Rais menjadi salah satunya.

Informasi tentang hitsnya Air Terjun Coban Rais ini sudah tersebar di berbagai Social Media dan tentunya Travpacker_Indo ingin mengeksplor tempat tersebut. Dengan berbagai info yang didapat, seperti biasa Google Maps kami gunakan untuk menemukan lokasi dari Air Terjun Coban Rais.



Lokasi sudah didapat dan perjalanan kami mulai dari arah Gresik - Mojokerto - pacet - cangar - batu malang. Rute ini merupakan yang terdekat namun kondisi jalan kebanyakan turunan dan tanjakan ekstrem. Maklum karena jalur ini melewati daerah gunung arjuno dan tentunya di sepanjang jalur pacet - cangar mata kita akan dimanjakan alam pegunungan dengan hawa dinginnya.

Dengan perjalanan yang cukup menantang, pada akhirnya sampai juga di tempat tujuan yaitu lokasi wisata coban rais yang beralamat di daerah oro-oro ombo Kecamatan Batu, Kota Batu.
Coban rais kota batu
Coban Rais
Memasuki lokasi wisata harga tiket masuk sebesar Rp 7.500 (update terbaru Rp 10.000). Dari sinilah perjuangan panjang baru akan dimulai. Ekspetasi pertama tracking ke lokasi air terjun coban rais mungkin sekitar berjalan kaki sekitar setengah jam sudah sampai. Tetapi realitanya sangat berbedae 360°. Perjalanan tracking itu membutuhkan waktu sekitar 2 jam dan untuk jalurnya sendiri agak ekstrim dengan jalan setapak menelusuri hutan. Di jalur tersebut jalannya sangat kecil sehingga jika berpapasan harus bergantian terlebih dahulu.

Coban rais batu malang
Jalur Menuju Coban Rais
Ini merupakan salah satu jalurnya, tetapi jika takut ketinggian bisa lewat jalur lainnya. Namun tentunya agak jauh jaraknya. Jembatan ini adalah sebuah selokan buatan yang dibuat untuk mengalirkan air. Disini bagi yang suka tantangan dan pasti ingin mencoba jalur ini dengan melewati jembatan tersebut.
Coban rais kota batu malang
Jalur Menuju Coban Rais

Jalur coban rais kota hatu malang
Jalur Menuju Coban Rais
Jalur-jalur seperti diatas akan kita lalui sepanjang perjalanan dan terkadang kita juga harus melewati beberapa anak sungai. Untuk petunjuk arahnya belum maksimal jadi hanya terdapat beberapa papan petunjuk arah yang dibuat ala kadarnya. Perjalanan untuk sampai ke tujuan utama Coban Rais memang harap-harap cemas dan membutuhkan perjuangan ekstra. Disamping jalurnya yang masih alami, jalurnya juga sangat panjang sehingga dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk bisa sampai di air terjunnya.

Setelah berjalan kaki dengan perjuangan keras dan panjang akhirnya terdengar juga  suara air terjun dari kejauhan. Mendengar suara air terjun itu perjalanan kami percepat dengan harapan agar nantinya dapat mempersingkat waktu. Karena untuk kembali lagi membutuhkan waktu yang lama.

Penantian yang panjang itu akhirnya terjawab sudah, di depan mata kami sudah disambut indahnya air terjun Coban Rais. Sesampainya di lokasi kamipun melepas lelah terlebih dahulu sambil mengisi kembali tenaga yang sudah mulai menipis.

Coban rais kota batu malang
Coban Rais dari berbagai Sudut

Coban rais kota batu malang
Coban Rais dari berbagai Sudut
Di tempat air terjun Coban Rais ini kondisinya masih sangat alami dan terjaga kebersihannya karena tidak terlihat sampah disekelilingnya. Kondisi ini mungkin disebabkan belum banyaknya pengunjung yang bisa sampai kesini.

Air terjun coban rais kota batu malang
Air Terjun Coban Rais

Air terjun coban rais kota batu malang
Air Terjun Coban Rais
Air terjun coban rais kota batu malang
Air Terjun Coban Rais
Sedikit informasi diatas mungkin bisa membantu untuk menggambarkan kondisi di sana, Dan kami harap tempat ini kondisinya tidak berubah sampai kapanpun. Kontribusi dari kalian semua tentunya yang akan menentukan kedepannya. Be Smart Traveller.

Note:
- Jangan sampai salah kostum
Karena banyak saya jumpai disana yang menggunakan pakaian yang tidak semestinya dipergunakan untuk tracking dan ujung-ujungnya nanti akan mempersulit diri sendiri.
- Siapkan bekal yang cukup
Karena perjalanan tracking disana sangat panjang dan banyak menguras tenaga, ingat perjalanan ditempuh sekitar 2 JAM.
- Siapkan Budget Lebih
Karena disini bukan hanya air terjun saja wisatanya, disini juga ada ayunan, taman, dan lain-lain. Namun untuk menikmatinya kita harus mengeluarkan biaya lagi diluar tiket masuk utama.
- Amati Cuaca
Karena jika turun hujan jalur ini menjadi sangat ekstrim, banyak kejadian pengunjung sampai jatuh terpeleset akibat jalan begitu licin. Disamping itu jika turun hujan lebat sangat berbahaya dan lebih baik untuk kembali.
- Tetap Jagalah Alam Ini.
Karena ini merupakan kewajiban kita, jadi jangan sampai nantinya anak cucu kita cuma bisa mendengarkan dan melihatnya tanpa merasakan yang kalian rasakan.


EmoticonEmoticon