Wisata ke Mangrove Center Tuban

mangrove center tuban
Mangrove Center Tuban
Daerah Tuban yang memiliki garis pantai yang cukup luas ternyata mempunyai berbagai destinasi wisata yang mungkin belum kita ketahui. Salah satu destinasi wisata yang dikelola di pesisir pantai adalah budidaya tanaman mangrove yang dikenal dengan nama Mangrove Center Tuban.

mangrove center tuban
Mangrove Center Tuban
Mangrove Center ini terletak di jalur pantura tepatnya di daerah Jenu, kabupaten Tuban.

Rute:
Jika kita melewati daerah pantura saat melalui kecamatan Jenu maka kita akan menemui pintu masuk menuju wisata Mangrove Center yang berada di sebelah selatan jalan raya.

Jarak tempat wisata dengan jalan raya pantura hanya berkisar 100 m sehingga sangat mudah untuk menemukan tempat ini.

Akomodasi:
Untuk memasuki tempat pembudidayaan Mangrove dikenakan biaya HTM: Rp 5.000.
Sedangkan untuk menikmati daerah sekitar lokasi wisata tidak dikenakan biaya apapun.

Destinasi wisata Mangrove Center Tuban menyediakan berbagai macam tumbuhan mangrove yang sengaja dikembangbiakkan untuk kebutuhan melindungi daerah pesisir dari abrasi pantai. Disamping untuk dibudidayakan, tumbuhan mangrove ini juga dijadikan sarana pembelajaran kepada para wisatawan yang ingin mengetahui lebih banyak tentang tanaman ini. Selain itu tempat wisata ini juga sering digunakan untuk kegiatan edukasi dan kegiatan alam lainnya seperti out bond ataupun berkemah.
mangrove center tuban
Mangrove Center Tuban
Wisata Mangrove Center adalah salah satu tempat wisata yang sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat, hal ini terbukti dengan adanya sarana dan prasarana yang disediakan bagi para pengunjung. Lokasi wisata ini berada di daerah pantai utara sehingga semakin menambah keragaman wisata yang berada di lokasi ini.

mangrove center tuban
Mangrove Center Tuban
Keberadaan pantai yang terhalang tancapan bambu penahan tanah menjadi sangat ironi ditengah keindahan pantai yang ditawarkan di tempat wisata Mangrove Center.

mangrove center tuban
Mangrove Center Tuban
Disamping itu kondisi air yang kotor dan kurangnya perawatan seakan semakin mengurangi keindahan pantai ini. Untuk wisata Mangrove Center sendiri sudah cukup baik namun untuk kondisi pantai yang ada disana kurang mendapat perhatian dari pengelola daerah wisata tersebut.


EmoticonEmoticon