Wisata Sejarah Gapura Wringin Lawang


gapura wringin lawang

Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan terbesar yang pernah menyatukan nusantara konon kekuasaanya meliputi pulau jawa, kalimantan, sumantra, semanjung malaya bahkan sampai ke indonesia bagian timur. Kerajaan Majapahit adalah kerajaan hindu buddha terakhir yang pernah berdiri. Begitu besarnya wilayah kekuasaannya, maka kita bisa menemukan bukti-bukti peninggalan sejarah di berbagai tempat yang tersebar di Indonesia. 

Kerajaan ini berpusat di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Mojokerto. Salah satu peninggalan yang masih terjaga dengan baik adalah Gapura Wringin Lawang yang terdapat di daerah Trowulan.

gapura wringin lawang

Lokasi wisata tidak jauh dari jalan provinsi mojokerto-jombang dan terlihat dari dari kejauhan. Jarak dari jalan utama sekitar 100 m masuk ke Desa Jati Pasar. Tempat beririnya bangunan termasuk dalam daerah administrasi Dukuh Wringin Lawang. Sesampainya di lokasi wisata kita bisa melihat bangunan tersebut tanpa dipungut biaya apapun. Lokasi yang terawat dan bersih menjadikan tempat ini salah satu tujuan wisata yang dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.


Gapura Wringin Lawang adalah bagian dari bukti sejarah yang masih bisa kita temui dan memiliki struktur yang hampir sama dengan aslinya dikarenakan pemugaran yang telah dilakukan. Pengambilan nama Wringin Lawang disebabkan para pendahulu yang menemukan bangunan ini diapit oleh dua pohon beringan sehingga masyarakat sekitar menyebutnya Gapura Wringin Lawang. Gapura Wringin Lawang tergolong dalam tipe candi bentar dimana bentuk bangunan yang tidak memiliki atap.

gapura wringin lawang

Bangunan tubuh candi terdiri dari tiga bagian utama, diantaranya adalah bagian bingkai bawah tubuh, bidang tubuh, dan bingkai diatas tubuh. Di bagian bawah tubuh terdiri dari susunan pelipit-pelipit rata dan pelipit genta sedangkan pada bagian bingkai atas tubuh menyambung dengan bingkai puncak gapura. Sebagaimana dari deskripsi bangunan yang telah disebutkan masih terawat dan berdiri kokoh sampai sekarang.

Bukti sejarah yang banyak tersebar di daerah Trowulan sangat menarik untuk dikunjungi. Jika kita berkunjung ke daerah Trowulan maka belum lengkap bila kita tidak mengunjungi semua Destinasi Wisata Sejarah yang tersebar di berbagai tempat di Trowulan. Dengan mengunjungi satu daerah kita bisa sekalian mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang mungkin belum kita ketahui.