Belajar Wisata Sejarah Candi Brahu

Bagi kebanyakan orang belajar merupakan suatu kegiatan yang membuat seseorang menjadi jenuh untuk melakukannya. Hal ini dikarenakan proses belajar yang tidak banyak mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Kesamaan situasi ataupun cara yang dilakukan sering kali membuat kita menjadi cepat bosan dan akhirnya malas untuk melakukannya.


Kita sebagai orang ingin belajar ataupun orang yang mau mengajar dituntut untuk lebih bisa menerapkan berbagai metode belajar mengajar agar kegiatan belajar ini menjadi kegiatan yang menyenangkan. Belajar sambil berwisata, mungkin inilah suatu metode yang ingin saya ungkap dalam mengetahui sejarah tentang suatu tempat atau peristiwa sejarah lainnya.

Kerajaan Majapahit yang sudah kita kenal karena kejayaannya mempersatukan nusantara memiliki banyak peninggalan sejarah yang tersebar di berbagai tempat. Salah satu peninggalanya adalah Candi Brahu. Candi Brahu merupakan bukti kejayaan Kerjaan Majapahit di waktu itu dan masih berdiri kokoh hingga sekarang.
Candi Brahu Kabupaten Mojokerto
Candi Brahu yang terletak di daerah ekologi Trowulan masih terawat dengan baik walaupun sudah pernah dipugar sebelumnya. Candi Brahu berada di Dukuh Jambu Desa Bejijong Kecamatan Trowulan di Kabupaten Mojokerto. Di Desa Bejijong juga terdapat tempat wisata lain yaitu Maha Vihara Majapahit.
    

Menurut bukti sejarah yang ada, Candi Brahu didirikan untuk digunakan sebagai tempat pembakaran raja-raja terdahulu atau krematorium. Perkiraan berdirinya candi ini berkisar pada abad ke-15 Masehi.
wisata sejarah candi brahu

Nama Candi Brahu konon berasal dari kata wanaru atau warahu. Dalam Prasasti Alasanta, pengambilan nama Candi Brahu adalah sebutan dari bangunan suci. Sejarah tentang bangunan ini bisa kita dapat dengan mengunjungi langsung tempat ini. Disana kita akan bisa melihat langsung bangunan bersejarah ini dan mengetahui sejarahnya melalui penjaga yang ada di lokasi tersebut.

Untuk belajar kita tidak harus kita dapat di sekolah tetapi kita juga bisa belajar dengan membuktikan langsung apa yang kita pelajari. Belajar sambil berwisata adalah alternatif belajar yang sesuai untuk dijadikan referensi metode cara belajar kita di kemudian hari.